Samsung Luncurkan Jajaran Smart TV 2023, Bawa Kualitas Layar Premium yang Dilengkapi AI

Samsung Electronics Indonesia secara resmi meluncurkan rangkaian Smart TV 2023 dengan sejumlah peningkatan teknologi canggih, meliputi Neo QLED 8K, Neo QLED 4K, Samsung OLED, dan Super Smart TV+.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 24 Mei 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 24 Mei 2023, 17:00 WIB
Samsung Smart TV 2023
Jajaran Samsung Smart TV 2023 yang memiliki kualitas layar mengesankan. (Samsung Newsroom)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia secara resmi meluncurkan rangkaian smart TV 2023 di Indonesia. Adapun jajaran Samsung Smart TV terbaru ini mencakup Neo QLED 8K, Neo QLED 4K, Samsung OLED, dan Super Smart TV+.

Samsung Smart TV generasi terbaru ini diklaim mampu mendobrak segala batasan inovasi teknologi terbaru untuk menghadirkan pengalaman menonton lebih mengesankan dan ramah lingkungan.

President Samsung Electronics Indonesia, Simon Lee menuturkan, konsumen kini tidak hanya mendapat manfaat lebih dari produk, melainkan juga ingin menikmati penuh setiap pengalaman produk. 

“Untuk itulah kami hadirkan rangkaian Samsung Smart TV 2023 yang memberikan pengalaman lebih wow untuk beragam kebutuhan dan passion konsumen Indonesia. Mulai dari pengalaman menonton yang kian imersif hingga semakin mudahnya menciptakan ekosistem smart home, agar hidup konsumen semakin seamless dan bermakna,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (24/5/2023).

Samsung pun terus mengedepankan penerapan Everyday Sustainability dengan peningkatan komponen daur ulang pada jajaran Smart TV terbarunya, seperti AI Energy Mode dan SolarCell Remote.

“AI Energy Mode memungkinkan pengguna menghemat energi listrik. Selain itu, kita menggunakan SolarCell Remote yang ukurannya lebih compact sehingga mengurangi material. Bahkan, teknologi ini bisa menghemat sekitar 140 juta baterai AA dalam satu tahun,” ujar Head of Product-AV Business Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin.

Menariknya, tahun ini Samsung juga menghadirkan inovasi Relumino Mode untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penyandang low vision, sekaligus memperluas aksesibilitas bagi lebih banyak pengguna. 

Neo QLED 8K dengan Kualitas Layar Ultra Premium 

<p>Samsung Neo QLED 8K. (Samsung Newsroom)</p>

Sebagai puncak dari TV ultra-premium, Neo QLED 8K memberikan kualitas gambar yang tinggi pada setiap detailnya. Dengan Quantum Matrix Technology Pro pada Quantum Mini LED, 33 juta piksel TV dapat menampilkan detail gambar yang sempurna.

Tak hanya itu, Neural Quantum Processor 8K dan teknologi AI Upscaling akan meningkatkan video lama menjadi setara 8K, dengan tekstur lebih baik, kaya detail, dan bebas noise.

Untuk menjaga kenyamanan pengguna saat menonton tayangan favoritnya, Neo QLED 8K juga memiliki fitur Eye-Comfort Mode yang mampu menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan pencahayaan di sekitar TV berada.

Agar pengalaman lebih mengesankan, TV Samsung ini mengusung desain Infinity Screen Neo QLED 8K yang hadir dengan bezel super tipis dengan bodi yang ramping.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Neo QLED 4K Berikan Pengalaman Hiburan yang Sinematik

Samsung Smart TV 2023
Samsung Neo QLED 4K. (Samsung Newsroom)

Bagi pengguna yang mencari pengalaman entertainment dan gaming terbaik, layar besar dari Neo QLED 4K mampu menghadirkan gambar yang imersif.

Berkat Neutral Quantum Processor 4K, TV ini mampu melakukan upscaling kualitas konten menjadi setara 4K.

Teknologi Quantum Matrix Technology dengan Quantum Mini LED dan Shape Adaptive Light Control di Neo QLED 4K akan menghasilkan kualitas gambar lebih tajam dan jernih.

Di samping itu, Neo QLED 4K juga dilengkapi fitur-fitur pendukung game yang dirancang untuk memuaskan passion para gamer. Dengan fitur Motion Xcelerator Turbo Pro, game balapan dengan kecepatan tinggi bisa dimainkan dengan grafis yang mulus tanpa lag

Kemampuan ini juga didukung AMD FreeSync Premium Pro yang membuat frame rate TV dan GPU tersinkronisasi dengan baik.

Kemudian, Neo QLED 4K juga dilengkapi Dolby Atmos dan Object Tracking Sound+ untuk menghasilkan suara yang lebih dinamis, mengikuti adegan yang sedang ditayangkan. 


Samsung OLED Dukung Streaming Lebih Imersif

Samsung Smart TV 2023
Samsung OLED 4K. (Samsung Newsroom)

TV Samsung OLED ini sudah terverifikasi Pantone, yang berarti pengguna akan menyaksikan warna-warna akurat, mendekati warna aslinya. 

Kemampuan ini juga didukung oleh 8 juta self-lit pixel yang mampu menghadirkan warna hitam pekat dan warna putih jernih sehingga gambar lebih hidup.

Dengan mengombinasikan 20 neural network, prosesor yang ditenagai oleh AI itu akan menganalisis setiap gambar, mengatur level brightness dan meningkatkan kontras dengan Quantum HDR OLED+. 

Keunggulan tersebut dapat mendukung kebiasaan pengguna internet di Indonesia yang umumnya menghabiskan 2 jam 53 menit setiap hari untuk menonton TV melalui broadcast atau streaming

Lalu, kecerahan gambar TV OLED ini berpadu dengan audio yang dinamis dari True Dolby Atmos dan Object Tracking Sound+ yang dapat berharmonisasi dengan Samsung Soundbar melalui fitur Q-Symphony 3.0.


Super Smart TV+ Dukung Produktivitas

Samsung Smart TV 2023
Samsung Smart TV 2023. (Samsung Newsroom)

Untuk mendukung peralihan masyarakat dari TV analog ke digital, Samsung pun menghadirkan Super Smart TV+ yang dirancang menyajikan siaran digital dengan kualitas terbaik. 

TV ini pun mampu melancarkan kegiatan hiburan hingga produktivitas konsumen Indonesia dengan konektivitas built-in Wi-Fi sehingga dapat pula digunakan untuk menikmati film dan konten dari berbagai layanan streaming.

Samsung Super Smart TV+ memiliki pilihan resolusi layar HD, Full HD, hingga Ultra HD (4K) yang akan menghasilkan visual jernih dan detail. Kini, Bixby juga telah terintegrasi untuk memungkinkan perintah suara dalam pengoperasiannya.

Guna mendukung produktivitas, Super Smart TV+ juga dapat digunakan sebagai sebagai pengganti PC, mendukung mereka yang perlu bisa bekerja dari mana saja, termasuk dari rumah. 

Multitasking menjadi lebih simpel dengan kemampuan menghubungkan keyboard dan mouse ke TV. Hal ini menjadikannya bak PC untuk mengerjakan berbagai dokumen kerja dari cloud di layar yang lebih luas.  

Semua kemampuan tersebut sekaligus menegaskan visi dari Samsung, yakni “Screens Everywhere, Screens for All.”


Harga Jajaran Smart TV Terbaru Samsung

Samsung Smart TV 2023
Samsung Smart TV 2023. (Samsung Newsroom)

Dengan semua keunggulan yang ditawarkannya, jajaran Samsung Smart TV terbaru ini memiliki variasi harga yang berbeda tergantung jenisnya.

Keempatnya telah tersedia di toko online Samsung dan gerai retail Indonesia, dengan kisaran harga sebagai berikut:

  • Samsung Neo QLED 8K tersedia dalam model QN900C (85 inci), QN800C (75 inci), QN700C (65 inci dan 55 inci) dengan harga Rp27.999.000 – Rp129.999.000.
  • Samsung Neo QLED 4K tersedia dalam model QN90A (98 inci), QN90C (85, 75, 50, dan 43 inci), dan QN85C (65 dan 55 inci) dengan harga Rp13.499.000 – Rp99.999.000.
  • Samsung OLED tersedia dalam model S90C (77, 65, dan 55 inci) dan S95C (65 inci) dengan harga Rp24.999.000 – Rp69.999.000.
  • Samsung Super Smart TV+ hadir dalam Crystal UHD CU8000 43 dan 50 inci, T4503 32 inci, dan T6500 43 inci dengan harga Rp 2.599.000 – Rp 7.499.000.
Cara Pindah Dari TV Biasa Ke TV Digital
Infografis Cara Pindah Dari TV Biasa Ke TV Digital
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya