Akane Yamaguchi Trending Topic di Twitter, Dipuji Usai Pulangkan Zhang Yi Man Secara Dramatis di Indonesia Open 2023

Akane Yamaguchi menjadi trending topic di Twitter, ia mendapatkan pujian dari warganet dan pecinta badminton setelah memulangkan Zhang Yi Man lewat pertandingan dramatis di Indonesia Open 2023.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 14 Jun 2023, 11:07 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2023, 11:07 WIB
FOTO: Akane Amaguchi Juara Indonesia Open 2019 Usia Kalahkan Pusarla Sindhu
Tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi, memulangkan tunggal Tiongkok Zhang Yi Man secara dramatis di Indonesia Open 2023. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Liputan6.com, Jakarta - Turnamen badminton BWF Super 1000 Indonesia Open 2023 tengah digelar di Istora Senayan Jakarta, mulai 13-18 Juni 2023. Lebih dari 240 atlet badminton dunia berpartisipasi di ajang ini, sekaligus untuk berburu tiket mengikuti Olimpiade 2024 Paris.

Dari sektor tunggal putri, pebulu tangkis nomor satu dunia, Akane Yamaguchi, baru saja mengambil tempat di babak 16 besar usai mengalahkan pebulu tangkis Tiongkok Zhang Yi Man. Akane Yamaguchi memenangkan laga dalam tiga gim, dengan skor 6-21, 21-7, dan 22-20.

Akane Yamaguchi menjadi trending topic Twitter setelah memulangkan Zhang Yi Man secara dramatis dari Indonesia Open 2023.

Pasalnya, kedua pemain sama-sama berpeluang untuk melangkah ke babak selanjutnya setelah masing-masing mengantongi kemenangan di satu gim. Gim ketiga pun jadi babak penentuan bagi keduanya, Zhang Yi Man atau Akane Yamaguchi.

Kemenangan Akane Yamaguchi disebut dramatis lantaran di akhir laga, ia sudah tertinggal 18-20 dari Zhang Yi Man. Zhang hanya tinggal memetik satu poin untuk memulangkan Akane.

Namun, tekad diiringi pengembalian melebar ke samping yang dilakukan Zhang Yi Man membuat Akane bisa mendapatkan skor 21-20.

Untuk mengakhiri laga, placing cantik Akane tepat mendarat di depan raket Zhang Yi Man dan tidak bisa dikembalikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pujian Warganet untuk Permainan Akane Yamaguchi

FOTO: Akane Amaguchi Juara Indonesia Open 2019 Usia Kalahkan Pusarla Sindhu
Tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi, berhasil mengalahkan Pusarla Sindhu pada Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Minggu (21/7). Akane menang 21-16 dan 21-18 dari Pusarla. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Akane pun mendapatkan pujian atas permainan ini. Sempat tertinggal sangat jauh di gim pertama dan tertinggal 18-20 tidak membuatnya menyerah, hingga menjadi trending topic di linimasa Twitter, Rabu (12/6/2023).

"Akane tetaplah Akane, dingin tanpa ekspresi meski tertinggal 18-20 di set penentuan, nikung langsung 22-20. Congrats Akane," kicau @dit***.

Warganet lain mengunggah cuplikan akhir pertandingan Akane Yamaguchi dengan Zhang Yi Man yang disebutnya sebagai match gila. "Match gila dari Akane," kata akun @cra***.

Pecinta badminton lain juga mengucapkan selamat atas kemenangan Akane Yamaguchi dan kesuksesannya melaju ke babak selanjutnya.

"Congratulations Akane, what a fight!!!" kata @6do***.


Indonesia Open 2023 Terakhir Digelar di Istora Senayan

Kejuaraan Bulu Tangkis Indonesia Open 2023
Para penonton memberi dukungan kepada pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani yang menghadapi wakil Amerika Serikat, Iris Wang pada laga babak 32 besar Kejuaraan Bulu Tangkis Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (13/6/2023). Putri Kusuma Wardani menang rubber game 15-21, 22-20 dan 23-21. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Indonesia Open 2023 bakal menjadi edisi terakhir dari turnamen ini yang digelar di Istora Senayan, Jakarta. Hal ini diungkap oleh Manager Bulutangkis Indonesia Armand Darmaji dalam konferensi pers Indonesia Open 2023, Senin (12/6/2023).

Armand mengatakan, tahun depan, turnamen BWF Super 1000 ini bakal pindah ke venue baru, yakni Indoor Multifunction Senayan (IMS) yang juga berlokasi di Senayan, Jakarta.

Ia pun mengundang masyarakat dan pecinta bulutangkis untuk hadir di Istora Senayan dan membuat kenangan manis saat turnamen Indonesia Open 2023 digelar, 13-18 Juni 2024.

"Kemungkinan besar Indonesia Open terakhir di Istora sebelum kita pindah ke IMS, jadi kami hadir seluruh badminton lovers hadir meramaikan dan menyukseskan, serta membuat Istora bergelora," kata Armand dalam konferensi pers yang ditayangkan online melalui akun Instagram PBSI @ina.badminton.


Kapasitas Jadi Alasan

Indonesia Open 2023
Kompilasi kondisi Istora Senayan, Jakarta, ketika terjadinya insiden mati lampu di ajang Indonesia Open 2023. (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Menurut Armand, besarnya kapasitas IMS jadi alasan utama pemindahan lokasi turnamen Indonesia Open edisi mendatang. Apalagi, semakin banyak masyarakat yang berminat untuk menyaksikan turnamen kelas dunia seperti Indonesia Open.

Selain itu, perusahaan-perusahaan besar juga ingin berpartisipasi di ajang turnamen yang melibatkan lebih dari 200 atlet badminton internasional ini.

Sekadar informasi, menurut Armand, Istora Senayan hanya memiliki kapasitas 7000 kursi. Di mana, tiket yang bisa disediakan untuk penonton adalah 6.000 kursi, namun setiap tahun jumlah peminat terus bertambah hingga banyak yang mengeluh tidak kebagian tiket.

Sementara, nantinya IMS akan memiliki 17 ribu kursi atau sekitar 3 kali lipat dibandingkan Istora Senayan. Dengan begitu, venue baru bisa menampung lebih banyak badminton lovers alias pecinta bulutangkis Tanah Air.

Menanggapi hal ini, warganet dan pecinta badminton Tanah Air pun mengungkapkan perpisahannya dengan Istora Senayan. Bertahun-tahun, mereka selalu antusias memadati Istora Senayan saat digelarnya turnamen badminton kelas dunia seperti Indonesia Open dan Indonesia Masters.

 

Jatuh Bangun Badminton Indonesia di Asian Games
Infografis Jatuh Bangun Badminton Indonesia di Asian Games. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya