Lilly Indiani Suparman Wenda, Paskibraka Asal Papua Pegunungan Pembawa Baki di Upacara HUT RI ke-78 Banjir Pujian dan Bikin Warganet Bangga

Lilly Indiani Suparman Wenda, paskibraka 2023 asal provinsi Papua Pegunungan jadi pembawa baki bendera merah putih pada Upacara HUT RI ke-78 membuat warganet bangga dan menuai pujian.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 17 Agu 2023, 11:39 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2023, 11:23 WIB
Pembawa Baki Lilly Indiani Suparman Wenda
Lilly Indiani Suparman Wenda terpilih menjadi pembawa baki dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 17 Agustus 2023. (Foto: Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Pengibaran bendara merah putih di Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/8/2023) telah selesai dengan penuh hikmad.

Pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia ini, paskibraka perwakilan Provinsi Papua Pegunungan, Lilly Indiani Suparman Wenda, terpilih jadi pembawa baki berisi bendera Merah Putih.

Gadis yang kini tengah menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena ini pun banyak mendapat pujian dari warganet.

"Keren banget," kata warganet dengan akun @DRX***.

"Wonderkid," kicau @fil***.

"Adeknya keren banget," kata akun @bii***.

Tidak sedikit pula yang bangga Lilly Indiani perwakilan provinsi Papua Pegunungan jadi pembawa bendera merah putih yang diserahkan Presiden Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara.

"Banggaaaaa!" kata akun @chl***.

"Cantik banget, pasti keluarganya bangga banget," kata @my_***.

"Keren, mana manis banget lagi aaa kereeeen adeeeeek," kata akun @xvn***.

Warganet lain memberikan selamat kepada Lilly Indriani karena terpilih jadi pembawa baki berisi bendera merah putih di Upacara Detik-Detik Peringakatan Proklamasi Kemerdekaan RI tahun ini.

"Congrats nona cantik," kata akun @lll***.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pertama Kali Paskibraka dari Tanah Papua Jadi Pembawa Bendera Merah Putih

Lilly Indriani Suparman Wenda yang merupakan perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.
Lilly Indriani Suparman Wenda yang merupakan perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Kehadiran Lilly Indiani dari tim Paskibraka Nasional 2023 sebagai pembawa baki merupakan momen yang begitu bersejarah. Sebab, 10 tahun terakhir, pembawa baki untuk Upacara Peringatan HUT RI tidak berasal dari Tanah Papua.

Hal menarik lainnya adalah Papua Pegunungan resmi menjadi provinsi pada akhir Juni 2022. Kali pertama mengirimkan wakilnya, siswa dari Papua Pegunungan langsung terpilih menjadi Paskibrakan Nasional yang membawa baki bendera merah putih dalam HUT RI ke 78 pada 17 Agustus 2023. 

Lilly Indiani Suparman Wenda merupakan siswi yang tengah menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena. Diketahui, Lilly Indiani yang menjadi perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan.

"Bertugas pagi adalah tim Indonesia Maju, dan yang bertugas sore adalah tim Indonesia Jaya. Untuk tim Indonesia Maju membawa bakinya adalah dari Papua pegunungan, saudari Lilly Wenda," ujar Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Rima Agristina melalui keterangan Sekretariat Presiden, Kamis 17 Agustus 2023.

 


Lilly Indiani Tak Pernah Menyangka Terpilih Jadi Pembawa Baki Bendera Merah Putih

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengukuhkan 76 anggota pasukan pengibar bendera (Paskibraka) yang akan bertugas di Istana Merdeka Jakarta pada Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengukuhkan 76 anggota pasukan pengibar bendera (Paskibraka) yang akan bertugas di Istana Merdeka Jakarta pada Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Lilly Indiani mengungkapkan bahwa dirinya tidak menyangka akan terpilih sebagai pembawa baki untuk Upacara Peringatan HUT RI ke-78 di Istana Merdeka.

"Aku kira bukan aku yang bawa baki, karena yang lain banyak yang lebih daripada aku. Tapi, ternyata aku. Puji Tuhan. Enggak nyangka, sampai nangis," ujar Lilly.

"Senang banget. Bangga juga pembawa baki. Terus pengibaran lagi bawanya," sambung Lilly dengan senyum lebar.

Sebelumnya, pada Selasa, 15 Agustus 2023, tim Paskibraka Nasional 2023 dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ada sebanyak 76 orang dari masing-masing provinsi di Indonesia yang akan bertugas pada Upacara Peringatan HUT RI ke-78 di Istana Merdeka.


Paskibraka Dikukuhkan Jokowi

Juan Paulinus Damianus Faya
Juan Paulinus Damianus Faya yang menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2023 menyita perhatian publik setelah disebut Presiden Jokowi. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)

Sebelumnya, Paskibraka 2023 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 15 Agustus 2023, di Istana Negara, Jakarta. Sebanyak 76 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya pagi ini.

Sebagai informasi, rangkaian upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka akan dimulai Kamis (17/8/2023), pukul 08.30 WIB. Acara akan dimulai dengan Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Silang Monas Jalan Medan Merdeka Barat menuju Istana Merdeka.

Kemudian, pertunjukan kesenian di halaman Istana Merdeka akan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Adapun upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI sekitar pukul 10.00 WIB.

Sore harinya, akan dilakukan rangkaian kegiatan penurunan bendera merah putih yang didahului dengan pertunjukan kesenian pada pukul 15.45 WIB. Sementara itu, upacara penurunan bendera merah putih pada pukul 17.00 WIB.

Dalam surat edaran ini, upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dipusatkan di Halaman Istana Merdeka.Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertindak selaku inspektur upacara.

Adapun pihak Istana mengundang 16.000 tamu undangan untuk hadir pada perayaan HUT ke-78 RI. Sebanyak 8.000 tamu untuk upacara pagi hari, dan sisanya pada upacara penurunan bendera sore hari.

Infografis Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya