Apple Siap Rilis iOS 17.2 Desember 2023, Cek Deretan Fitur Baru yang Hadir untuk Pengguna iPhone

Dengan jadwal perilisan yang semakin dekat pada Desember 2023, cek deretan fitur baru yang akan dihadirkan Apple melalui update iOS 17.2.

oleh M. Labib Fairuz Ibad diperbarui 19 Nov 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2023, 12:00 WIB
iOS 17
iOS 17. Credit: Macrumors.com

Liputan6.com, Jakarta - Apple dilaporkan akan menggulirkan update iOS 17.2 sebentar lagi. Update ini disebut akan menjanjikan berbagai peningkatan dan tambahan fitur.

Sekadar informasi, iOS 17.2 versi beta sudah diluncurkan pada Oktober 2023, dan dijadwalkan akan diluncurkan pada Desember tahun ini.

Nah untuk mengetahui deretan fitur baru yang akan ada di iOS 17.2, simak daftarnya seperti dikutip dari MacRumors, Minggu (19/11/2023). 

1. Membuat Jurnal Harian

Aplikasi Journal menyediakan antarmuka sederhana untuk membuat entri jurnal harian. Kamu dapat menambahkan gambar, rekaman suara, dan tag lokasi untuk memperkaya pengalaman penulisan dan membuat kenangan lebih hidup.

2. Jadwal Penjurnalan

Dengan fitur penjadwalan aplikasi Jurnal, pengguna iPhone dapat tetap konsisten untuk menulis jurnal. Fitur ini memudahkan pengguna merencanakan waktu untuk melakukan kegiatan penjurnalan secara teratur.

3. Saran Penulisan Jurnal

Aplikasi Journal memberikan saran penulisan berdasarkan informasi yang dapat diambil dari ponsel, seperti aktivitas olahraga, media yang dikonsumsi, foto, dan lokasi. Kemampuan ini membantu pengguna mendapatkan inspirasi dan menjaga keberagaman dalam entri jurnal.

4. Petunjuk Penjurnalan

iOS terbaru ini juga hadir dengan fitur petunjuk penulisan dalam bentuk refleksi untuk membantu pengguna yang mengalami kesulitan menulis. Refleksi ini berupa pertanyaan atau petunjuk kreatif untuk menginspirasi pengguna dalam menulis.

5. Keamanan Jurnal

Privasi dan keamanan menjadi fokus utama Apple dengan fitur keamanan yang ditingkatkan. Pengguna iOS terbaru ini dapat mengenkripsi jurnal mereka dan mengamankannya dengan kata sandi, Face ID, atau Touch ID, menjaga informasi pribadi tetap terlindungi.

6. Terjemahkan dengan Menekan Tombol

Update iOS 17.2 juga memperkenalkan fitur terjemahan langsung dengan menekan Action Button.

Pengguna iPhone 15 Pro atau iPhone 15 Pro Max dapat dengan mudah menerjemahkan percakapan ke berbagai bahasa hanya dengan menekan satu tombol. Fitur ini sangat berguna untuk pelancong, pelajar, dan mereka yang sedang mempelajari bahasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

Fitur Baru di Widget Cuaca dan Apple Music

Fitur Namedrop di iOS 17. Dok: Apple
Fitur Namedrop di iOS 17. Dok: Apple

7. Prakiraan Cuaca Terperinci di Layar Utama

Widget soal cuaca kini hadir dengan tampilan Rincian, Prakiraan Harian, dan Matahari Terbit/Matahari Tenggelam yang baru. Widget ini juga memberikan informasi lebih rinci seperti peluang curah hujan, indeks UV, kecepatan angin, dan kualitas udara dalam ukuran kecil.

8. Buat Playlist Kolaboratif

Apple Music juga memungkinkan pengguna membuat playlist kolaboratif. Jadi, pengguna dapat berbagi lagu favorit dengan teman, keluarga, atau rekan.

9. Gunakan Stiker sebagai Reaksi Pesan

Apple meningkatkan pengalaman untuk memberikan reaksi pada balasan pesan yang dikirimkan orang lain. Sekarang, kamu hanya perlu menekan lama gelembung obrolan dan memilih "Tambah Stiker" untuk menambahkan stiker atau emoji.

10. Rekam Video Spasial

Pemilik iPhone 15 atau iPhone 15 Pro Max dapat merekam video spasial untuk ditampilkan di aplikasi Foto pada headset Vision Pro Apple yang akan rilis di masa mendatang. Aktifkan perekaman video spasial di Pengaturan > Kamera > Format untuk pengalaman terbaik.

11. Playlist Musik Favorit

Apple Music memperkenalkan Daftar Putar Musik Favorit yang secara otomatis mengumpulkan lagu-lagu yang kamu favoritkan, memastikan lagu-lagu favorit selalu tersedia.

12. Matikan Riwayat Mendengarkan Secara Selektif

Fitur privasi baru memungkinkan mematikan riwayat mendengarkan secara selektif. Jadi, pengguna bisa mendengarkan musik tanpa memengaruhi rekomendasi atau playlist yang dibagikan di masa mendatang.

 

Fitur Baru di iMessage hingga Apple TV

iMessage
Ilustrasi iMessage di iOS 9

13. Verifikasi Kontak iMessage

Keamanan iMessage semakin ditingkatkan dengan fitur Verifikasi Kunci Kontak. Ini menambahkan lapisan kepercayaan dan keaslian pada percakapan dengan menampilkan kode verifikasi, memastikan kamu berkomunikasi dengan kontak yang benar.

14. Penyelarasan Pengaturan Pesan di iCloud

iCloud sekarang dapat menyelaraskan pengaturan pesan tambahan di semua perangkat Apple kamu. Bagian "Pesan di iCloud" di Settings kini menampilkan informasi penyimpanan, jumlah pesan yang disinkronkan, dan waktu sinkronisasi terakhir.

Kehadiran opsi "Sinkronisasi Sekarang" bisa memberikan kontrol tambahan.

15. Pengalaman Apple TV yang Baru

Aplikasi Apple TV mendapat pembaruan signifikan di iOS 17.2, memberikan pengalaman yang lebih segar dan ramah pengguna. Peningkatan navigasi dan kemampuan penelusuran membuat pengguna lebih mudah menemukan acara dan film favorit.

16. Meningkatkan Reabilitas Peringatan Darurat

Kemampunan peringatan darurat pada iPhone ditingkatkan dengan opsi "Local Awareness" di Pengaturan > Pemberitahuan & Peringatan Darurat. Local Awareness menggunakan perkiraan lokasi untuk meningkatkan ketepatan waktu, akurasi, dan keandalan peringatan darurat.

17. Warna Pelangi di Poster Kontak

Tambahkan warna pada Poster Kontak dengan opsi teks berwarna pelangi untuk nama pengguna. Ini memberikan sentuhan visual yang lebih menarik dan cerah.

18. iPhone sebagai Penerima AirPlay

iOS 17.2 mengubah iPhone menjadi penerima AirPlay yang siap untuk era komputasi spasial. Pengaturan "AirPlay Receiver" memungkinkan headset Apple Vision Pro melakukan streaming atau berbagi konten ke iPhone kamu.

 

Kemampuan Kustomisasi Memoji Lebih Banyak hingga Peningkatan Privasi FaceTime

cara buat wallpaper memoji untuk iPhone
Cara buat wallpaper memoji untuk iPhone dengan wallpaper generator Memotify (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

19. Kustomisasi Memoji yang Lebih Banyak

iOS 17.2 membawa opsi kustomisasi yang lebih canggih untuk Memoji. Pengguna sekarang dapat membuat avatar yang lebih akurat mencerminkan gaya dan identitas pribadi mereka.

20. Berita Real-time

Aplikasi News kini menyajikan acara secara real-time dengan dukungan untuk Aktivitas Langsung. Aktivitas Langsung memungkinkan pengguna tetap mendapatkan informasi tentang peristiwa berita terkini langsung di Layar Kunci dan Pulau Dinamis pada iPhone 14 Pro dan iPhone 15.

21. Kontrol Lagu Favorit di Library

Opsi baru memungkinkan kamu menghentikan lagu favorit agar tidak ditambahkan otomatis ke perpustakaan musik. Ini memberikan kontrol lebih besar atas koleksi musik kamu dengan memastikan hanya lagu-lagu yang dipilih yang disimpan.

22. Nonaktifkan Prediksi Sebaris

Update ini juga memungkinkan pengguna menonaktifkan prediksi sebaris saat memasukkan teks ke iPhone. Tombol "Tampilkan Prediksi Sebaris" di Pengaturan > Umum > Papan Ketik memberikan kontrol lebih pada pengalaman pengetikan.

23. Peringatan Kontak yang Diblokir di FaceTime

iOS 17.2 meningkatkan privasi di FaceTime dengan memberikan peringatan saat kontak yang diblokir mencoba menghubungi kamu. Ini memberikan kendali lebih besar terhadap komunikasi sebelum panggilan dimulai.

24. Bagikan Poster Kontak di FaceTime

Update iOS 17.2 juga menambahkan opsi membagikan Poster Kontak melalui FaceTime dan Telepon. Untuk melakukannya, pengguna dapat melakukannya lewat akses ke pengaturan privasi dengan pilihan "Bagikan Nama dan Foto."

25. Perluas Peringatan Konten Sensitif

Fitur Peringatan Konten Sensitif Apple sekarang bekerja dengan Poster Kontak di aplikasi Kontak dan Telepon, serta stiker di aplikasi Pesan. Ini memungkinkan pengguna mengontrol dan mengamankan konten sensitif.

Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia
Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya