Paw Rumble Nuon Games Jadi Game Mobile Buatan Indonesia Terbaik di Google Play Best of 2023

Paw Rumble dari GrinSmile yang dirilis Nuon Games, memenangkan penghargaan Best Made in Indonesia di Google Play Best of 2023

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 15 Des 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 15 Des 2023, 17:00 WIB
Game mobile Paw Rumble garapan Grinsmile dan dirilis Nuon Games, menang Best Made in Indonesia dalam Google Play Best of 2023 (Nuon)
Game mobile Paw Rumble garapan Grinsmile dan dirilis Nuon Games, menang Best Made in Indonesia dalam Google Play Best of 2023 (Nuon)

Liputan6.com, Jakarta - Nuon Digital Indonesia atau Nuon, mendapatkan penghargaan untuk gim arcade casual mereka yang berjudul Paw Rumble, di Google Play Best of 2023.

Adapun, Paw Rumble memenangkan kategori Best Made in Indonesia di Google Play Best of 2023, yang digelar oleh platform Google Play. Penganugerahan ini dilangsungkan di Pasir Panjang Power Station, Singapura pada pekan ini, Selasa (12/12/2023).

Paw Rumble sendiri merupakan game mobile asal Indonesia, yang merupakan hasil garapan developer asal kota Malang, Grinsmile, serta bekerja sama dengan Nuon.

Melalui siaran persnya, Nuon menyebut bahwa Paw Rumble hingga saat ini sudah diunduh lebih dari 1,5 juta download. Penghargaan ini pun dinilai sebagai tonggak penting, yang menandakan komitmen Nuon sebagai salah satu pemain utama di sektor gim nasional.

"Penghargaan ini menjadi landasan bagi Nuon untuk terus melahirkan gim berkualitas di Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus mencerminkan semangat inovasi untuk karya gim lokal terbaik," ujar Aris Sudewo, CEO Nuon.

Lebih lanjut, perusahaan menyatakan, Nuon Games akan terus berusaha menyajikan pengalaman bermain yang lebih baik, gameplay inovatif, dan program retensi bagi penggemar gim dalam negeri.

Upaya ini bertujuan untuk mendorong pelaku industri gim tanah air, untuk menghasilkan lebih banyak game berkualitas, yang dapat dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat.

"Kami sangat bangga dapat menjadi publisher gim Paw Rumble, terutama dengan prestasi luar biasa yang telah diraih. Keberhasilan ini merupakan buah kerja keras dan komitmen Nuon Games, serta kolaborasi erat dengan GrinSmile," kata Aris.

"Melalui dedikasi, inovasi, dan tekad, kami yakin bahwa gim lokal akan semakin bersinar di panggung internasional," ujarnya.

Nuon mengutip riset Newzoo, yang mencatat bahwa industri game di Indonesia diprediksi akan mencapai sekitar Rp 39,3 triliun pada tahun 2025. Melihat potensi ini, Nuon mengatakan akan berupaya aktif menggarap peluang tersebut, serta

menghadapi tantangan guna menyokong program percepatan pengembangan industri gim nasional untuk mendukung penyempurnaan ekosistem gim dalam negeri.

Mengutip laman Google Play, Google juga memberikan Honorable Mentions di kategori Best Made in Indonesia untuk Casual Traffic (Amaibu Studio), School Cafetaria Simulator (Akhir Pekan Studio), serta When the Past was Around (Toge Productions).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar Pemenang Google Play Best of 2023 Indonesia

Google Play Best of 2023 (Google)
Google Play Best of 2023 (Google)

Berikut ini daftar aplikasi dan game peraih penghargaan Best of 2023 dari Google Play untuk wilayah Indonesia:

Daftar Aplikasi Pemenang Google Play Best of 2023

  • Best App of 2023 - GoPay: Transfer & Payment
  • Users' Choice Winner - GoPay: Transfer & Payment
  • Best for Fun - KaryaKarsa: Baca & Buat Cerita
  • Best for Personal Growth - TipTip: Komunitas & Kreator
  • Best Everyday Essentials - GoPay: Transfer & Payment
  • Best Hidden Gems - Teduh - Therapy & Meditation
  • Best App for Good - Skorlife
  • Best with AI - SNOW - AI Profile
  • Best Multi-device App - Spotify: Music and Podcasts
  • Best for Watches - WhatsApp Messenger
  • Best for Tablets - Concepts: Sketch, Note, Draw
  • Best for Chromebooks - FlipaClip: Create 2D Animation

Daftar Game Pemenang Google Play Best of 2023

  • Best Game of 2023 - Honkai: Star Rail
  • Users' Choice Winner - Honkai: Star Rail
  • Best Multiplayer - Monster Hunter Now
  • Best Pick Up & Play - Monopoly Go!
  • Best Indie - Vampire Survivors
  • Best Story - Honkai: Star Rail
  • Best Made in Indonesia - Paw Rumble
  • Best Ongoing - Hay Day
  • Best for Google Play Games on PC - Arknights
  • Best Game for Tablets - Goddess of Victory: Nikke

Honkai: Star Rail Game Terbaik 2023 di Google Play

Update Terbaru Honkai Star Rail 1.3: Tanggal Rilis Banner Imbibitor Lunae, Fu Xuan, dan Lainnya
Update Terbaru Honkai Star Rail 1.3: Tanggal Rilis Banner Imbibitor Lunae, Fu Xuan, dan Lainnya (doc: Hoyoverse)

Honkai: Star Rail sendiri dinobatkan sebagai game terbaik di Google Play untuk tahun 2023, termasuk untuk wilayah Amerika Serikat (AS).

Tak menjadi gim terbaik untuk wilayah AS, berdasarkan pantauan di Google Play Indonesia, Honkai: Star Rail juga mendapatkan Best Games 2023.

 Sam Bright, Vice President and General Manager, Google Play mendeskripsikan di blog resmi Google, Honkai Star Rail mendapatkan gelar ini "berkat kedalaman kontennya yang luar biasa, visual yang memukai, dan desain yang cermat."

"Dengan menaburkan lore dan latar belakang karakter sepanjang permainan, Honkai: Star Rail menghadirkan hiburan panjang bagi para penggemar role-playing dan pendatang baru," tulisnya, dikutip Jumat (1/12/2023).

Berdasarkan blog resmi Google, gim besutan Hoyoverse ini juga mendapatkan gelar Best Story dan Best for Tablets untuk kategori game terbaik 2023.

Sementara untuk Google Play wilayah Indonesia, Honkai: Star Rail juga mendapatkan Users's Choice Winner alias pemenang pilihan pengguna, serta Best Story.


Bagikan Stellar Jade Gratis

Xiaomi 13T
Uji coba performa Xiaomi 13T bermain game Genshin Impact, Honkai: Star Rail, dan Mobile Legends. (Doc: Liputan6.com/ Yuslianson)

Selain di Google Play, Honkai: Star Rail juga meraih gelar iPhone Game of the Year di App Store Awards 2023.

Kesuksesan Honkai: Star Rail di Google Play dan App Store pun membuat Hoyoverse akan bagi-bagi Stellar Jade pada 1 Desember 2023, seperti diungkapkan oleh mereka melalui akun X alias Twitter-nya.

Di akun ini, Honkai: Star Rail juga mengucapkan terima kasih kepada para Trailblazers atas dukungannya.

"Sebagai ucapan terima kasih kepada Trailblazers atas dukungan berkelanjutan Anda, kami akan menghadiahkan Stellar Jade ×800 melalui email dalam game pada tanggal 1 Desember pukul 00:00 (waktu server)," tulis mereka.

Stellar Jade gratisan ini bisa diklaim sebelum akhir versi 1.5, di mana Trailblazers yang sudah mencapai level 4 atau lebih tinggi yang berhak menerima hadiah di game.

Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya