10 Game Paling Banyak Diunduh Desember 2023, Ada Free Fire hingga Subway Surfers

Berikut 10 game game paling banyak diunduh per Desember 2023, dengan jumlah unduhan total hingga 4,46 miliar kali unduh.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 23 Jan 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 23 Jan 2024, 18:00 WIB
Kode Redeem FF
Garena sering kali membagi-bagikan gratis kode redeem Free Fire (FF) bagi para pemain setia game bergenre battle royale tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Main game di smartphone kini bukan hanya dilakukan oleh para gamers. Kian banyak mengunduh game di perangkat mobile mereka untuk sekadar hiburan.

Sensor Tower pun mengungkap di dua platform, Android dan iOS, game mobile diunduh 4,46 miliar kali sepanjang Desember 2023.

Jumlah unduhan game tersebut meningkat 11,5 persen ketimbang bulan lalu. Di antara berbagai pengguna smartphone di dunia, pasar India tercatat sebagai yang paling banyak mengunduh game mobile, yakni 732 juta kali unduh (16,4 persen).

Lalu posisi kedua adalah pasar Brasil yang tercatat sebanyak 8,4 persen dari total unduhan game.

Posisi ketiga adalah pasar Amerika Serikat dengan jumlah unduhan 8,1 persen dari total unduhan game di seluruh dunia.

Perusahaan riset ini juga mencatat ada 10 game paling banyak diunduh oleh pengguna smartphone pada akhir tahun lalu. Berikut 10 game mobile paling banyak diunduh:

  1. Roblox
  2. Garena Free Fire
  3. Subway Surfers
  4. Block Blast
  5. Outlet Rush
  6. Real Car Driving: Race City 3D
  7. Ludo King
  8. Build A Queeen
  9. Race Master 3D - Car Racing
  10. Royal Match

 Berikut penjelasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Roblox

Tangkapan layar Roblox (YouTube Roblox)
Tangkapan layar Roblox (YouTube Roblox)

 

Roblox merupakan game online yang rilis 2006 dan dikembangkan oleh Roblox Corporation. Roblox memungkinkan pengguna memprogram game dan memainkan game yang dibuat oleh gamers lain.

Platform ini menawarkan deretan game populer, termasuk Brookhaven RP, sebuah game multipemain online di mana pemain akan role play bersama user lainnya.

Roblox juga memungkinkan pengguna membuat dunia virtualnya. Roblox diunduh 22 juta kali oleh pengguna smartphone di dunia.

Kebanyakan orang yang mengunduh Roblox berasal dari Brasil (14 persen), Amerika Serikat (12 persen), dan Meksiko (6 persen).


2. Free Fire

Free Fire
Garena Free Fire mengumumkan kolaborasinya dengan Automobili Lamborghini. (Dok: Garena Free Fire)

Free Fire dari Garena adalah game battle royal multipemain yang dikembangkan dan dipublikasikan Garena. Pengguna bisa mengunduhnya di Android dan iOS.

Game ini pertama kali rilis 8 Desember 2017 dan kini menjadi salah satu game paling banyak diunduh di dunia. Game ini diunduh lebih dari 1 miliar kali di Google Play, per Agustus 2021.

Free Fire juga populer di Amerika Latin, India, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Game ini juga sukses secara penghasilan, membuat Garena untung USD 19,3 juta per bulan per Desember 2018.

3. Subway Surfers

Game Subway Surfers memang tak ada matinya. Game besutan Kiloo dan SYBO Games ini menampilkan karakter yang membuat grafiti di tembok jalur kereta dan harus lari dari penjaga bersama anjingnya.

Konsepnya pemain berlari untuk menghindari si penjaga. Pemain hanya tinggal mengarahkan layar agar karakter tidak tertabrak kereta atau dinding, dan tertangkap.


Game Lainnya

Tips PUBG Mobile
Tips main game PUBG Mobile. (Doc: PUBG Mobile)

4. Block Blast

Ini adalah game puzzle populer yang menantang pemain untuk menggunakan kecerdasan dan skill mereka dalam menyelesaikan masalah.

5. Outlets Rush

Outlets Rush merupakan game mobile yang menggabungkan perencanaan strategis dengan aksi cepat.

Game ini berlatar di pusat perbelanjaan yang ramai, di mana pemain berperan sebagai manajer toko yang bertugas memenuhi pesanan pelanggan dalam waktu terbatas.

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya