Lupa Password HP Android? Ini 5 Cara agar Bisa Akses Ponsel Lagi

Bagaimana kalau kamu lupa dengan kode sandi Android kamu sendiri? Jangan panik, ini ada 5 cara buat bisa masuk lagi ke HP kamu.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 07 Sep 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2024, 10:00 WIB
7 Cara Mudah Buka Ponsel yang Lupa Kata Sandi Tanpa Factory Reset
dok: jalantikus.com

Liputan6.com, Jakarta - Kunci layar di HP Android memang wajib buat jaga privasi dan keamanan. Tapi, bagaimana jadinya kalau kamu lupa kode sandinya? Pasti panik, dong!

Tapi tenang saja, tidak perlu buru-buru ke service center atau mikir buat reset total. Ini dia beberapa cara yang bisa dicoba biar bisa akses lagi ke HP kamu yang dikutip dari Make Use Of, Sabtu (7/9/2024).

1. Unlock dengan Smart Lock

Cara ini membuat HP tetap kebuka saat kamu berada di lokasi yang dipercaya atau terhubung ke perangkat Bluetooth yang kamu setel sebelumnya, kayak smartwatch atau mobil.

Cuma, fitur ini harus sudah diaktifkan sebelumnya di menu Settings > Security > Smart Lock. Fitur ini enggak akan berfungsi setelah HP di-restart, dan kamu tetap perlu masukkan PIN buat ganti pengaturan Smart Lock.

2. Pakai SmartThings Find di Samsung 

Punya HP Samsung? Kamu bisa reset kode sandi layar lewat Smart Things Find. Login ke akun Samsung kamu di komputer, buka situs Smart Things Find, pilih HP kamu, dan klik "Unlock".

Masukkan password akun Samsung buat konfirmasi, dan kode sandi lama kamu bakal dihapus.

3. Gunakan Prompt 'Forgot Password'

Beberapa merek HP Android kayak Realme bakal kasih opsi "Forgot Password" setelah kamu salah masukin kode beberapa kali. Opsi ini bakal memberikan instruksi buat verifikasi identitas kamu dan reset kode sandi layar.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jangan Panik, Masih ada Cara Lagi yang Bisa Kamu Coba

Ilustrasi security, keamanan siber, kata sandi, password
Ilustrasi security, keamanan siber, kata sandi, password

4.Hapus File PIN via ADB 

Kamu bisa coba hapus file PIN di HP lewat Android Debug Bridge (ADB). Cara ini cuma bisa dipakai kalau USB debugging udah aktif dan HP kamu enggak terenskripsi.

Sambungkan HP ke komputer, buka Command Prompt di rektori ADB, ketik adb shell rm /data /system /gesture.key lalu reboot HP. Ini cuma sementara, jadi jangan lupa buat setel PIN baru ya.

5. Factory Reset

Kalau semua cara gagal, opsi terakhir adalah factory reset (riset pabrik). Ini bakal hapus semua data di HP kamu.

Kamu bisa lakukan lewat Google Find My Device atau Recovery Mode. Nanti, kamu perlu setel ulang HP dan login ke akun Google buat balikin data yang sudah di-backup.

Salah satu cara di atas harusnya bisa bantu kamu buat masuk lagi ke HP Android kamu. Biar enggak lupa lagi, catat kode sandi di tempat aman atau pakai manajer kata sandi. Jangan lupa juga buat aktifin lagi ke HP Android kamu.

 


Pengguna Android Bisa Update Tiga Aplikasi Sekaligus di Google Play Store

Playstore - Vania
Ilustrasi Playstore/https://www.shutterstock.com/sdx15

Sebelumnya, ada kabar gembira buat kamu pengguna Android! Sebelumnya, Play store cuma bisa update aplikasi satu per satu dan hal ini membuat pengguna yang punya banyak aplikasi di smartphone-nya jadi ribet saat harus meng-update aplikasi. 

Namun kini, Google sudah mengizinkan pengguna mereka untuk install dan update beberapa aplikasi sekaligus di Play store. Google menggulirkan kemampuan ini sejak April lalu, demikian dikutip dari Android Police, Senin (2/9/2024).

Tak hanya untuk meng-update, fitur ini juga berlaku untuk meng-install aplikasi baru, namun hanya bisa install bersamaan dua aplikasi dalam sekali waktu.

Saat ini, fitur baru ini sedang digulirkan, jadi mungkin sebentar lagi pengguna bakal merasakan manfaatnya di perangkat kamu. 

Sayangnya, belum jelas kapan fitur update beberapa aplikasi sekaligus ini akan dinikmati semua pengguna Android. 


Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel
Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya