Lumia 1020 Kembali? HMD Global Siapkan Smartphone Baru dengan Desain Klasik

HMD Global siap hadirkan smartphone baru dengan desain terinspirasi Nokia Lumia 1020 yang legendaris. Mampukah ponsel ini menghidupkan kembali kejayaan Lumia di era modern?

oleh Yuslianson diperbarui 04 Sep 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2024, 18:00 WIB
Produksi Nokia Lumia 1020 Berakhir September
Lumia 1020 Kembali? HMD Global Siapkan Smartphone Baru dengan Desain Klasik (theverge.com)

Liputan6.com, Jakarta HMD Global, perusahaan yang kini memegang lisensi merek Nokia dikabarkan tengah bersiap meluncurkan sejumlah ponsel baru ke pasaran.

Setelah sebelumnya memperkenalkan HMD Skyline dengan desain nostalgia Lumia, HMD bakal merilis HP Android baru.

Rumor terkini mengungkap, perusahaan berbasis di Finlandia sedang mengembangkan ponsel baru dengan dengan desain terinspirasi Lumia 1020.

Bagi yang belum tahu, Lumia 1020 adalah ponsel legendaris yang pernah memukau dunia pada 2013 dengan kamera 41MP-nya.

Lumia 1020 'Hidup Kembali'?

<p>Lumia 1020 Kembali? HMD Global Siapkan Smartphone Baru dengan Desain Klasik. (Doc: HMDNews)</p>

Nokia Lumia 1020 sendiri pernah dinobatkan sebagai ponsel dengan kamera terbaik di masanya, hadirkan kualitas fotografi jauh melampaui para pesaingnya, seperti iPhone 5s (kamera 8MP) dan Samsung Galaxy S4 (kamera 13MP).

Namun, di tengah persaingan ketat dengan produsen HP lain seperti Samsung, Vivo, Oppo, dan Apple, HMD harus bekerja ekstra keras untuk tampil menonjol di pasar saat ini.

Apakah mereka akan mampu menghidupkan kembali kejayaan Lumia 1020 dalam balutan teknologi modern?

Ponsel Nostalgia atau Penerus Sejati?

Bila memang HMD Global benar, besar kemungkinan ponsel baru ini akan menjadi penghormatan kepada Lumia 1020 daripada penerus sejati.

Meskipun garis besar desain bocor menunjukkan siluet familiar, belum diketahui secara detail tentang spesifikasi HP baru HMD Global.

Namun, dengan minimnya informasi tersedia, kita masih bisa berharap HMD akan membarikan kejutan dengan HP Androidini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


HMD Global bakal Bangkitkan Kembali Nokia Lumia 920 Versi Android

HMD Global bakal umumkan Nokia 10. (Doc: Gizchina)

Nokia Lumia 920, ponsel legendaris yang pernah merajai pasar dikabarkan akan kembali hadir dengan sentuhan modern. Kali ini, human dengan Windows Phone, melainkan dengan OS Android.

HMD Global, pemegang lisensi Nokia disebut-sebut sedang mengembangkan ponsel baru bernama HMD Hyper yang terinspirasi dari design iconic Lumia 920.

Bocoran terbaru ini datang dari akun HMD_MEME di platform X, di mana dirinya mengungkap spesifikasi lengkap dari HMD Hyper.

Ponsel ini akan mengusung layar Full HD+ OLED dengan refresh rate 120Hz. Dapur pacunya, HMD Hyper ditenagai oleh chipset Snapdragon 6 Gen 1 dipadukan dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB.

Dari bocoran gambar yang beredar di internet, design HMD Hyper jelas mengingatkan kita pada Lumia 920 dengan bodi berwarna kuning cerah dan kamera belakang berbentuk persegi panjang.


Adopsi Lumia 920, HMD Hyper Tampil Lebih Modern

<p>HMD Global bakal Bangkitkan Kembali Nokia Lumia 920 Versi Android, Cek Spesifikasinya. (Doc: X | @smashx_60)</p>

Bedanya, HMD Hyper hadir dengan kamera depan punch hole lebih modern. Untuk fotografi, HP Android ini dilengkapi dengan tiga kamera belakang, termasuk sensor utama 50MP dengan OIS, 13MP, dan 8MP.

Kamera selfie-nya juga tan kale mumpuni dengan sensor 50MP. Perusahaan juga melengkapi ponsel ini dengan baterai 4.700mAh, dan sudah mendukung pengisian cepat 33W.

Sayangnya, informasi mengenai harga dan tanggal peluncuran HMD Hyper ini masih misters. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari perusahaan induk Nokia ini.


Nokia 3210 Tampil dengan Desain Modern

Nokia akan hidupkan kembali Nokia 3210 (2024) meski begitu, desain ponsel ini akan sedikit berbeda dengan pembaruan yang lebih modern dibanding versi lama (Foto: Gizchina).

Sebelumnya, HMD Global kembali menghidupkan ponsel lawas Nokia dengan tampilan yang lebih kekinian. Kali ini, perusahaan tersebut menghadirkan Nokia 3210 yang rilis pada 1999.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Kamis (9/5/2024), Nokia 3210 tampil desain yang mirip dengan Nokia 6310 versi 2024. Ponsel ini memiliki layer TFT LCD berukuran 2,4 inci dengan resolusi QVGA.

Ponsel ini memiliki kamera belakang beresolusi 2MP dengan LED flash. Perangkat ini menjalankan sistem operasi S30+ yang mendukung Cloud Apps.

HP Nokia ini dipersenjatai dengan chipset Unisoc T107 yang dipadukan dengan RAM 64MB dan memori 128MB. Memori ini bisa diperluas hingga 32GB berkat kehadiran slot microSD.

HMD Global turut membekali ponsel ini dengan Bluetooth 5.0, headphone jack 3,5mm, FM radio, hingga game ikonik Snake. Ponsel ini memiliki baterai lepas-pasang berkapasitas 1.450mAh, serta bisa diisi melalui port USB-C.

Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya