Lupa Pola atau Password HP Android? Tenang, Ini 5 Cara untuk Mengatasinya

Sebelum menyerah dan membawa ponsel ke service center, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuka kunci layar akibat lupa pola atau password HP Android.

oleh Iskandar diperbarui 07 Sep 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2024, 19:00 WIB
Lupa Password? Ini Cara Buka Smartphone Android yang Terkunci
Selain karena lupa password, smartphone Android yang terkunci, kemungkinan telah dibuka oleh orang lain dengan password yang salah.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu terjebak dalam situasi panik karena lupa pola atau kata sandi (password) HP Android? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian karena banyak pengguna smartphone mengalami hal serupa.

Namun, sebelum menyerah dan membawa ponsel ke service center, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuka kunci layar.

1. Manfaatkan Fitur Smart Lock

Jika kamu telah mengaktifkan fitur Smart Lock sebelumnya, kamu bisa dengan mudah membuka kunci HP Android saat berada di lokasi atau terhubung dengan perangkat terpercaya seperti smartwatch atau mobil.

Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering lupa-lupa ingat.

2. Samsung Users, Coba SmartThings Find

Pengguna Samsung memiliki keuntungan tersendiri. Dengan menggunakan layanan SmartThings Find, kamu dapat mereset sandi layar secara jarak jauh melalui komputer.

Caranya cukup mudah, cukup login ke akun Samsung kamu dan ikuti petunjuk yang ada.

3. Manfaatkan Fitur "Lupa Sandi"

Beberapa merek HP Android, seperti Realme, menyediakan opsi "Lupa Sandi". Fitur ini akan memandu kamu untuk memverifikasi identitas dan mereset sandi layar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Hapus File PIN dengan ADB 

Cara Mudah Buka Ponsel Samsung yang Terkunci karena Lupa Password
Fitur keamanan bernama Factory Reset Protection (FRP) dibutuhkan saat kamu ingin melakukan factory reset pada sebuah smartphone Android.

Bagi pengguna yang lebih teknis, kamu bisa mencoba menghapus file PIN menggunakan Android Debug Bridge (ADB). Namun, perlu diingat bahwa cara ini membutuhkan pengetahuan teknis yang cukup dan berisiko jika tidak dilakukan dengan benar.

5. Opsi Terakhir: Factory Reset

Jika semua cara di atas tidak berhasil, jalan terakhir adalah melakukan factory reset atau reset pabrik.

Dengan melakukan hal ini, semua data di ponsel kamu akan terhapus. Pastikan kamu telah melakukan backup data penting sebelum melakukan factory reset.


Pengguna Android Bisa Update Tiga Aplikasi Sekaligus di Google Play Store

Ilustrasi Pengaturan Refresh Rate di HP Android
Ilustrasi Pengaturan Refresh Rate di HP Android (Liputan6.com/Robinsyah Aliwafa Zain)

Di sisi lain, ada kabar gembira buat kamu pengguna Android. Sebelumnya, Play store cuma bisa update aplikasi satu per satu dan hal ini membuat pengguna yang punya banyak aplikasi di smartphone-nya jadi ribet saat harus meng-update aplikasi. 

Namun kini, Google sudah mengizinkan pengguna mereka untuk install dan update beberapa aplikasi sekaligus di Play store. Google menggulirkan kemampuan ini sejak April lalu, demikian dikutip dari Android Police, Senin (2/9/2024).

Mungkin terlihat tidak terlalu penting, tapi kalau kamu lagi setup ponsel baru atau download banyak aplikasi besar yang saling berhubungan, fitur ini bakal membantu.

Meski begitu, kebanyakan pengguna Android mungkin lebih sering update aplikasi yang sudah ada ketimbang menginstal aplikasi baru.

Nah, sekarang Google Play Store mulai menggulirkan fitur download paralel untuk update aplikasi. Ini artinya, kamu bisa update tiga aplikasi sekaligus. Apple Store sudah memungkinkan pengguna untuk mengupdate tiga aplikasi sekaligus sejak beberapa waktu lalu.

Tak hanya untuk meng-update, fitur ini juga berlaku untuk meng-install aplikasi baru, namun hanya bisa install bersamaan dua aplikasi dalam sekali waktu.

Saat ini, fitur baru ini sedang digulirkan, jadi mungkin sebentar lagi pengguna bakal merasakan manfaatnya di perangkat kamu. 

Sayangnya, belum jelas kapan fitur update beberapa aplikasi sekaligus ini akan dinikmati semua pengguna Android. 


Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya