Samsung Akan Gunakan Serat Karbon Pada Perangkat Barunya?

Serat karbon dikenal sebagai material ultra-ringan dengan daya tahan yang tinggi dan mudah dibentuk sesuai bentuk yang diinginkan.

oleh Denny Mahardy diperbarui 25 Jun 2013, 09:58 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2013, 09:58 WIB
samsung-130625b.jpg
Samsung dikenal sebagai vendor ponsel yang kerap menggunakan plastik sebagai bahan utama perangkat mobile-nya. Dari kelas bawah hingga produk unggulannya seperti Galaxy S4, hampir sebagian besar body-nya berbalut plastik.

Namun perusahaan asal Korea Selatan itu sepertinya mulai melirik material lain. Samsung berencana mengganti material yang dipakai pada bodi perangkatnya dari plastik menjadi serat karbon. Hal itu terlihat dengan bergabungnya Samsung ke SGL Group, sebuah perusahaam spesialis serat karbon.

Serat karbon dikenal sebagai material ultra-ringan dengan daya tahan yang tinggi. Bahan ini juga diketahui mudah dibentuk sesuai bentuk yang diinginkan. Serat karbon saat ini kebanyakan dipakai untuk motor atau mobil balap, dikarenakan sifatnya yang enteng namun kuat.

"Kerjasama jangka panjang kami dengan SGL Group akan menjamin pasokan eksklusif bahan komposit serat karbon untuk Samsung. Kami memilih SGL Group sebagai mitra karena keahlian unik perusahaan tersebut dalam bidang serat karbon untuk komponen CFRP (Carbon-fiber-reinforced polymer)," ungkap Yoosung Chung, President and CEO of Samsung Petrochemical seperti dikutip dari Sammobile, Selasa (25/6/2013).

Chung juga menyebutkan bahwa bahan yang ringan telah menjadi sebuah faktor penting tidak hanya di aplikasi industri, tetapi juga di pasar konsumen akhir seperti media digital. Ia berharal kemitraan ini akan memposisikan Samsung sebagai pemain terkemuka dalam pengembangan dan penerapan produk berbasis serat karbon.

Lantas perangkat apa yang akan dibuat Samsung memakai bahan serat karbon sebagai hasil kerjasamanya dengan SGL Group? Kita tunggu saja. (den/dew/*)

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya