Walau Musuhan, Tahun Depan Samsung Tetap Buatkan Chip Untuk Apple

Chip A9 bakalan mulai diproduksi Samsung di tahun 2015 dan diluncurkannya pada tengah tahun kedua 2015.

oleh Denny Mahardy diperbarui 15 Jul 2013, 15:07 WIB
Diterbitkan 15 Jul 2013, 15:07 WIB
samsung-121108c.jpg

Perseteruan antara Samsung Electronics dengan Apple Inc masih terus berlanjut. Namun lucunya, kedua perusahaan ini meskipun bermusuhan tetap saling membutuhkan.

Terbukti dengan kembali dipilihnya Samsung sebagai vendor yang menyediakan chipset untuk perangkat iPhone mendatang. Perusahaan asal Korea Selatan itu akan membuat chipset berteknologi 14 nano, A9 besutan Apple.

Liputan6.com kutip dari Hankyung, Senin (15/7/2013), chip A9 bakalan mulai diproduksi Samsung di tahun 2015 dan diluncurkannya pada tengah tahun kedua 2015. Chip itu disebutkan bakalan dipakai Apple untuk perangkat iPhone 7. 

Kabar, produksi chip seri Ax milik Apple yang ditangani kembali Samsung terungkap dari sebuah sumber yang menyatakan kedua perusahaan itu telah menyepakati perjanjian untuk kerjasama pembuatan chip. Prosesor baru Apple itu akan menggunakan proses pembuatan 14 nano FinFET technology.

Sebenarnya, Apple telah menjadi pelanggan divisi pembuat chip Samsung sejak tahun 2007. Namun, Samsung harus kehilangan kontraknya sejak tahun lalu karena Apple lebih memilih Taiwan Semiconductor Manufactor Corporation (TSMC) untuk membuat chip A8 dengan 20 nano.

Samsung kembali menggeser pembuat chip asal Taiwan itu setelah berhasil unggul dalam teknik pembuatan 14 nano model. Pemenangnya memang dihadiahi pesanan chip berkuota besar dari Apple yang akan dibenamkan pada perangkat mobile generasi mendatang buatannya. (den/gal)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya