7 Perusahaan Teknologi Berkoalisi Bentuk Internet.org

Koalisi ini bertujuan menghadirkan akses Internet terjangkau ke dua pertiga penduduk dunia yang belum terhubung internet.

oleh Dewi Widya Ningrum diperbarui 21 Agu 2013, 16:56 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2013, 16:56 WIB
speed-internet-130628b.jpg

Pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan kerjasamanya dengan beberapa perusahaan teknologi untuk membentuk Internet.org. Koalisi ini bertujuan menghadirkan akses Internet terjangkau ke dua pertiga penduduk dunia yang belum terhubung internet. 

"Ada hambatan besar di negara-negara berkembang untuk terhubung. Internet.org melalui kemitraan global akan bekerja sama untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, termasuk menyediakan akses internet bagi mereka yang saat ini tidak bisa mendapatkannya," ucap Zuckerberg.

Adapun ketujuh perusahaan teknologi mobile yang berkoalisi tersebut adalah Facebook, Samsung, Ericsson, MediaTek, Nokia, Opera, dan Qualcomm. 

"Akses internet universal akan menjadi revolusi industri besar berikutnya," kata CEO Nokia Stephen Elop sebagaimana dikutip dari ZDnet, Rabu (21/8/2013).

Mereka akan berbagi alat, sumber daya, dan strategi untuk menurunkan biaya akses internet mobile, mengurangi jumlah bandwidth yang digunakan dalam perangkat lunak dan jaringan, dan membantu masyarakat mendapatkan akses internet.

Mereka juga berencana membuat model bisnis baru dan menawarkan insentif kepada operator seluler, produsen perangkat, pengembang, dan bisnis lain untuk menurunkan biaya akses tersebut, termasuk menambah jumlah bahasa yang digunakan pada perangkat mobile.

Menurut laporan yang disampaikan pada bulan Desember oleh kapitalis ventura Kleiner Perkins, Mary Meeker, trafik mobile saat ini tumbuh begitu cepat secara global. Inisiatif ini nantinya akan dapat membantu Facebook menjaring pengguna baru dari negara-negara berkembang.

Laporan Pew Research Center pada bulan Agustus lalu menyebutkan bahwa meskipun akses internet masih langka di beberapa daerah berkembang, namun ketika mereka terhubung ke internet mereka lebih cenderung menggunakan situs jejaring sosial. Dalam 12 negara yang disurvei oleh Pew, setidaknya enam dari sepuluh pengguna smartphone mengunjungi situs jejaring sosial melalui ponsel mereka. (dew) 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya