Ekspor Ditolak, Ribuan Buruh Tembakau di Jember Terancam PHK

Ribuan buruh tembakau di Jember, Jawa Timur terancam di PHK.

oleh Liputan6 diperbarui 04 Sep 2015, 06:10 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2015, 06:10 WIB
Ekspor Ditolak, Ribuan Buruh Tembakau di Jember Terancam PHK
Ribuan buruh tembakau di Jember, Jawa Timur terancam di PHK.

Liputan6.com, Jember - Ribuan buruh tembakau di Jember, Jawa Timur, terancam di PHK menyusul ditolaknya penjualan tembakau petani oleh eksportir ke sejumlah pasar Eropa.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (4/9/2015), nasib ribuan buruh penyortir daun tembakau di Kecamatan Ajung, Jember terancam. Ekspor daun tembakau produksi pabrik mereka belakangan ditolak importir tembakau dari sejumlah negara Eropa.

Alasan penolakan karena tembakau mengandung zat silica dan tembaga yang kemungkinan akibat terena debu vulkanis letusan Gunung Raung. Meski kemudian dibantah oleh eksportir daun tembakau.

Ribuan buruh tembakau yang selama ini menggantungkan hidup mereka dari industri tembakau pun khawatir terjadi PHK bila kondisi ini terus terjadi.

Akibat penolakan tersebut, saat ini eksportir daun tembakau menghentikan sementara pembelian tembakau langsung dari petani sambil menunggu negosiasi dengan pembeli di pasar tembakau Eropa. (Nda/Ali)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya