Penukaran Koin BI Capai Rp 28 Juta

Uang koin yang ditukarkan kepada BI nantinya akan kembali diputarkan ke perbankan.

oleh Septian Deny diperbarui 15 Jul 2015, 18:55 WIB
Diterbitkan 15 Jul 2015, 18:55 WIB
Uang Receh.
Uang Receh (Foto: Nurseffi Dwi/Liputan6.com).

Liputan6.com, Jakarta - Layanan penukaran uang Bank Indonesia (BI) yang digelar di Lapangan Lenggang Jakarta, Monas, Jakarta Pusat, resmi ditutup Rabu (15/7/2015). Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini BI menyediakan juga layanan penukaran uang koin.

Kepala Tim Depertemen Pengelolaan Uang BI, M Arif Kurniawan mengatakan, meski belum banyak diketahui oleh masyarakat, namun pada tahun pertamanya, layanan penukaran uang koin ini dinilai cukup mendapat antusias dari masyarakat.

Dia menjelaskan, sejak dibuka, tercatat jumlah masyarakat yang melakukan penukaran sebanyak 77 orang dengan nominal uang sebesar Rp 28,1 juta. "Memang belum banyak yang menukarkan, tapi cukup lumayan," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (15/7/2015).

Arif mengungkapkan, uang koin yang ditukarkan kepada BI ini nantinya akan kembali diputarkan ke perbankan untuk keperluan transaksi pembayaran dan uang kembalian.

"Jadi yang kami terima dari masyarakat, nanti dipilih mana yang kondisinya masih baik. Nanti akan ditukar lagi oleh bank-bank untuk gunakan untuk kembalian jalan tol misalnya.

Menurut Arif, BI akan melakukan evaluasi terhadap layanan ini. Jika dinilai memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, layanan penukaran uang koin ini akan kembali dibuka pada tahun depan.

"Ini kan bagian dari upaya untuk menarik uang koin dari masyarakat, uang yang mungkin dianggap sudah tidak terpakai," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya