5 Jurus Jitu Ajukan Kredit Bank

Ada cara bagaimana pengajuan pinjaman bank agar mudah cair. Apa saja?

oleh Agustina Melani diperbarui 17 Agu 2016, 07:01 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2016, 07:01 WIB
20160120-Pengguna-Kartu-Kredit-Jakarta-AY
Desain terbaru kartu kredit Bank Mandiri sebelum dilakukan pencetakan di Jakarta, Rabu (20/1). Bank Indonesia memperkirakan pengguna kartu kredit di Indonesia pada tahun 2016 mencapai 16 juta pengguna. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Sedang butuh dana tambahan untuk kebutuhan mendesak, tapi ketika ajukan kredit bank malah ditolak. Kejadian tersebut memang tidak menyenangkan.

Namun jangan khawatir karena ada cara bagaimana pengajuan pinjaman bank Anda bisa mudah cair dan anti-tolak. Apa saja? Yuk simak daftarnya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Rabu (17/8/2016):

1. Jangan lupa memilih

Semua produk kredit bank memang sama. Namun bila Anda butuh produk yang sesuai, maka Anda wajib memilih yang sesuai dengan kriteria. Ketika ingin ajukan kredit, cobalah untuk bandingkan beberapa bank.

Umumnya beda bank beda pula tenor dan jumlah cicilan yang ditawarkan. Beberapa fasilitas kredit yang ditawarkan juga berbeda. Saat ini Anda bisa bandingkan kredit bank secara online.

2. Jumlah pinjaman sesuai

Anda mungkin butuh pinjaman dana yang besar. Namun, apakah Anda harus mengajukan jumlah dana yang lebih besar dari kebutuhan? Apalagi sampai mengajukan jumlah lebih dari kemampuan.

Setiap bank memiliki penilaian atas kemampuan bayar setiap nasabah yang mengajukan pinjaman. Tentunya, jika jumlah yang diajukan tidak sesuai dengan kemampuan, maka pinjaman pun akan ditolak.

Anda mungkin tidak mau jika tidak bisa mengontrol uang tersebut, akhirnya malah terjebak dalam jumlah kewajiban yang lebih besar. Sebab itu sesuaikan pinjaman berdasarkan kebutuhan yang Anda miliki. Hindari untuk meminjam uang dengan jumlah berlebihan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dokumen Lengkap

3. Dokumen lengkap

Setiap pengajuan pinjaman butuh dokumen-dokumen yang diperlukan. Jika ajukan kredit tanpa agunan maka Anda butuh melampirkan slip gaji atau surat keterangan penghasilan.

Bila mengajukan kredit dengan jaminan, maka dokumen asli dari surat yang dijaminkan pun mesti disiapkan. Ditambah dokumen identitas diri Anda.

Dokumen yang lengkap merupakan syarat utama dalam pengajuan pinjaman uang ke bank. Siapkan kelengkapan dokumen dan persyaratan lainnya sehingga pinjaman Anda langsung dapat diproses.

4. Jangka waktu pinjaman

Yang mesti diketahui, biasanya semakin lama waktu pinjaman yang Anda pilih akan semakin kecil cicilan per bulan yang harus dibayar.

Hitung kebutuhan jangka panjang Anda dan sesuaikan kemampuan membayar. Jangan sampai kredit Anda nanti malah tertunggak.

5. Pilih angsuran sesuai kemampuan

Meminjam uang di bank artinya adalah ada kewajiban yang harus Anda tunaikan nanti, yaitu membayar angsuran tepat waktu sebelum jatuh tempo. Agar Anda terhindar dari telat pembayaran, maka pilih angsuran yang sesuai dengan kemampuan. Jumlah angsuran ini juga dipengaruhi oleh waktu tenor yang Anda ambil. (Ahm/Ndw)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya