2 Kesalahan Fatal yang Bikin Anda Gagal Naik Jabatan

Anda masih belum mendapat promosi juga di tempat kerja? Dua hal ini bisa menjadi alasannya.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Okt 2018, 07:20 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2018, 07:20 WIB
6 Cara Cepat Naik Jabatan
6 Cara Cepat Naik Jabatan

Liputan6.com, Jakarta - Anda pikir waktunya telah tiba. Anda siap untuk dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi. Namun promosi itu tidak kunjung datang. Padahal Anda merasa sudah terlalu lama berada di posisi yang sama.

Anda merasa bahwa prospek karier mulai suram dan menunjukkan kebuntuan di perusahaan sekarang. Untuk keluar dari masalah ini, Anda harus mencari tahu apa yang salah.

Menurut sebagian besar manajer dan eksekutif dari berbagai perusahaan, ada dua hal utama yang menjadi alasan mereka tidak mempromosikan karyawan mereka ke jabatan yang lebih tinggi walaupun pekerja tersebut memiliki kinerja yang baik.

Dilansir dari Forbes, berikut dua alasan utama mengapa Anda kerap tidak mendapat promosi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Anda tidak terbuka terhadap kritik yang membangun

Ilustrasi bos di kantor (istimewa)
Ilustrasi bos di kantor (istimewa)

Walaupun sulit untuk menerima informasi yang terdengar negatif tentang performa kerja Anda, penting untuk tidak hanya mencari feedback tetapi juga terbuka terhadap tanggapan tersebut.

Anda malah harus khawatir saat tidak lagi menerima masukan. Jika atasan atau rekan kerja Anda tidak lagi memberikan kritik yang membangun, bisa jadi artinya mereka telah menyerah dengan Anda.

Ketika orang peduli kepada Anda, mereka ingin agar Anda melakukan yang terbaik. Ketika Anda tidak terbuka terhadap masukan yang jujur, orang-orang tersebut lama kelamaan akan berhenti memberi masukan. Inilah ketika Anda tahu bahwa karier Anda bermasalah. 

Ketika Anda menolak masukan, rekan kerja Anda akan segera menyadarinya. Bagaimana Anda tahu Anda tidak terbuka terhadap kritik? Selalu mencari alasan untuk membuktikan bahwa kritik yang diberikan tidak benar menjadi salah satu pertanda.

Hal ini juga bisa terlihat dari bahasa tubuh Anda, seperti melipat tangan saat menerima kritik. Anda menunjukkan bahwa Anda tidak terbuka terhadap masukan dengan tidak menanggapinya dengan respons atau pertanyaan positif, seperti mencari tahu secara spesifik apa yang bisa Anda perbaiki.

Hal ini bisa menghambat karier karena orang-orang akan menilai Anda sebagai orang yang berpikiran tertutup dalam hal perkembangan profesional. Perusahaan pun akan melihat ini sebagai masalah saat mempertimbangkan Anda untuk promosi.

Para manajer dan pimpinan perusahaan ingin bekerja dengan orang-orang yang mau berkembang. Terbuka terhadap arahan, nasihat dan masukan dari orang lain adalah salah satu elemen penting dalam mencapai kesuksesan, dan juga penting untuk kekompakan tim.

Saat seseorang terbuka terhadap kritik, ia menunjukkannya dengan terus mencari masukan dan menyediakan ruang bagi orang lain untuk membagikan pikiran mereka mengenai performa kerjanya secara jujur.


2. Anda tidak peduli pada orang lain

[Bintang] Perempuan Ini Izin Telat Datang ke Kantor, Respon Si Bos Benar-benar Tak Terduga
Izin telat datang ke kantor karena masih ingin melihat anjingnya yang sedang tidur, perempuan ini dapat respon mengejutkan dari si bos. (Ilustrasi: Women in the World)

Anda pikir promosi tersebut sudah ada di tangan. Anda memandang diri sebagai salah satu andalan perusahaan. Anda fokus pada memahami strategi perusahaan dan cara mencapai targetnya.

Namun semua orang tahu bahwa Anda sama sekali tidak memiliki kepedulian terhadap orang lain. Anda seringkali menunjukkan bahwa pekerja lain tidak berarti bagi Anda. Walaupun performa Anda baik, hal ini juga bisa membuat Anda gagal menerima promosi. 

Hal ini tercermin dari bagaimana Anda memperlakukan rekan kerja yang tidak memiliki kekuasaan atau status yang lebih tinggi. Anda segera memenuhi permintaan dari seseorang dengan jabatan tinggi di perusahaan, sedangkan kesulitan rekan kerja tidak pernah Anda pedulikan.

Sering mengabaikan rekan kerja yang Anda pandang tidak dapat membantu kemajuan karier Anda menjadi salah satu pertanda yang cukup kentara. Orang lain akan bisa melihat bahwa Anda kurang menghargai sesama rekan kerja.

Terlepas dari sebagus apapun kinerja Anda, hal ini juga akan menjadi penilaian perusahaan akan diri Anda. Dimanapun Anda bekerja, hal-hal seperti sikap positif dan rasa menghargai terhadap setiap individu berpengaruh terhadap kelancaran karier Anda.

Jika Anda bersikap tak acuh, Anda menunjukkan bahwa pribadi yang melihat orang lain sebagai sarana untuk mencapai kebutuhan Anda, di saat Anda mengabaikan keperluan orang lain.

Bisa jadi, Anda tidak sadar saat melakukannya. Namun, Anda harus selalu mengintrospeksi diri dan segera memperbaikinya jika Anda melakukan dua hal ini. Dengan demikian, promosi yang Anda impikan akan bisa Anda raih. (Felicia Margaretha)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya