Mau Bebas Utang, Menurut Para Ahli Hindarilah 5 Kebiasaan Pengeluaran Ini

Utang memang sangat mengerikan, namun Anda dapat mengikuti 5 kebiasaan ini agar terhindar dari utang.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Okt 2020, 08:00 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2020, 08:00 WIB
Hutang
Ilustrasi Hutang (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Utang adalah salah satu penyebab utama stres bagi kebanyakan orang yang harus dihindari. Menurut sebuah survei terbaru yang menanyakan lebih dari 2.000 orang dewasa, 1.500 diantara mereka saat ini memiliki utang finansial yang tidak ingin mereka korbankan untuk terbebas dari hutang.

Perlu diketahui jika bebas utang adalah prioritas utama Anda, maka perlu untuk serius mengenai apa yang ingin dikorbankan untuk mencapai tujuan tersebut.

Di mana orang perlu untuk berpikir permainan panjang dan juga perlu untuk disiplin dan konsisten untuk melakukannya.

Melansir dari CNBC, Selasa (27/10/2020) menurut para ahli periksalah 5 pengeluaran yang mungkin layak dipotong untuk melunasi tagihan dan menghilangkan utang yang ada. Apa saja?

1. Makan terus menerus

Perlu untuk mempertimbangkan kembali untuk tidak makan di luar rumah karena jika dihitung per bulannya maka akan lebih banyak uang yang dikeluarkan dibandingkan Anda memasak makanan sendiri di rumah.

Jika Anda dapat berhasil untuk menahan diri tidak makan di luar rumah maka hal tersebut akan menjadi lebih baik, namun jika sebaliknya maka masalahnya akan menjadi lebih buruk lagi.

2. Langganan bulanan

Dalam menghemat uang, hal utama yang baik untuk dimulai terlebih dahulu adalah dengan meninjau berapa banyak langganan bulanan yang Anda miliki dalam satu waktu.

Ada banyak jenis langganan seperti keanggotaan gym, TV kabel, layanna streaming, dan lain-lainnya. Meskipun terlihat tidak banyak jika Anda membayar per langganan, namun jika ditotal semuanya maka akan terasa lebih banyak.

Jika tidak ingin membatalkan keanggotaan yang ada, maka Anda dapat mencari alternatif lain yang lebih terjangkau untuk dilakukan.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Pengeluaran selanjutnya

[Bintang] Usia 20 Beli Rumah
Ilustrasi hutang | Via: akmal13yuhniani.blogspot.com

3. Membeli dalam jumlah besar

Menurut banyak orang, membeli barang-barang rumah dalam jumlah besar adalah area lain yang bisa dijadikan lebih hemat, namun seringkali sebaliknya.

Daripada membeli semuanya dalam jumlah besar, pikirkan kembali tentang jumlah yang sebenarnya dibutuhkan untuk suatu produk terlebih dahulu.

4. Sebutkan produk merek

Meskipun tidak sedikit orang yang tergoda untuk membeli semua produk yang bermerek, namun beralih dari premium ke generik saat berbelanja apapun itu adalah salah satu cara lain untuk dapat menghemat uang.

Lacaklah kembali berapa banyak uang yang berhasil Anda hematkan karena berbelanja barang yang non merek, karena dari sanalah Anda dapat merasakan perubahan yang berarti.

5. Pengeluaran untuk kepentingan media sosial

Dunia media sosial sangatlah kejam, di mana dipenuhi dengan orang-orang yang memposting tentang hal-hal yang membuat iri banyak orang, sehingga berakibat banyak orang yang melihatnya ingin untuk membelanjakan uang agar bisa mengimbanginya.

Oleh karena itu untuk menghindarinya penting untuk mengetahui tujuan Anda yang sebenarnya, bukan yang ditentukan oleh orang lain.

Di balik 5 pengeluaran tersebut, perlu diingat bahwa Anda tidak perlu mengorbankan segalanya demi melunasi utang yang dimiliki.

Untuk menentukan di mana yang paling masuk akal untuk menguranginya, pertama-tama Anda haruslah mencari tahu apa yang penting bagi Anda dan kemudian prioritaskanlah dan rencanakannlah.

 

Reporter: Tasya Stevany


Infografis Indonesia Negara Berkembang Pengutang Terbesar ke-6

Infografis Indonesia Negara Berkembang Pengutang Terbesar ke-6. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Indonesia Negara Berkembang Pengutang Terbesar ke-6. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya