OJK Umumkan Pemenang Kompetisi Inklusi Keuangan 2021, Simak Juaranya

OJK bersama dengan kementerian/lembaga, Lembaga Jasa Keuangan dan stakeholders terkait secara rutin menyelenggarakan kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK)

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Nov 2021, 20:28 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2021, 20:18 WIB
20151104-OJK
Tulisan OJK terpampang di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan kementerian/lembaga, Lembaga Jasa Keuangan dan stakeholders terkait secara rutin menyelenggarakan kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) selama bulan Oktober 2021.

Dalam acara penutupan BIK, OJK mengumumkan pemenang Kompetisi Inklusi Keuangan (KOINKU) 2021 dengan total hadiah sebesar Rp 130 juta.

Kompetisi yang telah diselenggarakan sejak tahun 2014 ini menjadi salah satu strategi OJK dalam meningkatkan pemahaman dan awareness masyarakat terhadap inklusi keuangan. Tidak hanya itu, kompetisi ini juga diadakan dalam rangka mencari ide-ide kreatif serta inovatif terkait model inklusi keuangan.

Tema KOINKU tahun ini adalah “Inovasi Model Inklusi Keuangan Dalam Mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional” yang diikuti oleh sebanyak 156 peserta dan terbagi menjadi dua kategori umum dan mahasiswa.

“Pelaksanaan KOINKU tahun 2021 bertujuan untuk memperoleh model inklusi keuangan yang dapat diimplementasikan dalam mendorong peningkatan akses keuangan dan mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional, yang pada akhirnya dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat Indonesia” ujar Kristrianti Puji Rahayu, Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK pada Selasa (2/11).

Dari 156 proposal yang telah diterima dilakukan tahap penjurian oleh dewan Juri yang terdiri dari OJK, perwakilan SMESCO, perwakilan dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, perwakilan Asian Development Bank (ADB) dan Perwakilan akademisi dari Universitas Indonesia.

Ashraf Farahnaz selaku salah satu juri perwakilan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, menyampaikan bahwa kegiatan KOINKU merupakan kegiatan yang sangat positif dalam menggali ide-ide proposal yang aplikatif dan dan kontributif dalam rangka penyediaan akses keuangan terhadap produk/layanan jasa keuangan pada lembaga jasa keuangan formal.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar Pemenang

Ilustrasi OJK
Ilustrasi OJK (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Berikut adalah rincian pemenang KOINKU tahun 2021:

Kategori Umum:

• Juara 1 : 1ScoreInovasi

Sistem Credit Scoring pada Aplikasi Pencatatan UMKM Untuk Mendukung Akses Pembiayaan UMKM dan Pemulihan Ekonomi Nasional

• Juara 2 : Referral

Kredit Pedagang Kilat

• Juara 3 : EMAX

e-Mak: Arisan Elektronik Dengan Pendekatan Komunitas Ibu Rumah Tangga Guna Percepatan Inklusi Keuangan Indonesia

Kategori Mahasiswa:

• Juara1 : Environma

L-Askar: Limbah untuk Asuransi UMKM yang Berdikari: Aplikasi Inklusi Keuangan yang Ramah Lingkungan

• Juara 2 : Harvest moon

Teman Tani: Solusi Inklusif Layanan Asuransi Digital Terintegrasi Sektor Pertanian Sebagai Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

• Juara 3 : Together

BANK (Bina Anggaran Keuangan) Digital Desa

Melalui kegiatan KOINKU, OJK akan terus berkomitmen dalam mendorong adanya berbagai inovasi model inklusi keuangan dalam rangka mendukung tercapainya tingkat inklusi keuangan sebesar 90% pada akhir tahun 2024.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya