Perjalanan Dinas Perdana di 2023, Erick Thohir Blusukan ke Pasar Dampingi Jokowi

Erick Thohir mendampingi Jokowi ke Pasar Pekanbaru untuk memastikan program-program pemerintah melalui Himpunan Bank Negara (Himbara) berjalan lancar.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 04 Jan 2023, 20:15 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2023, 20:15 WIB
Ditemani Erick Thohir, Jokowi Bagi-Bagi Bantuan ke Pedagang
Presiden Joko Widodo bersama Menteri BUMN Erick Thohir berada di dalam mobil setelah membagikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pedagang di Pasar Baru Tanjung Enim, Sumatra Selatan, Senin (24/1/2022). Bantuan yang diberikan sebesar Rp1,2 juta per orang. (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi blusukan ke Pasar Bawah, Pekanbaru, Riau. Langkah ini untuk memastikan program-program pemerintah melalui Himpunan Bank Negara (Himbara) berjalan lancar.

Salah satunya adalah dukungan bank BUMN terhadap kemampuan UMKM untuk bangkit dari pandemi. Kunjungan ini, jadi salah satu kunjungan pertama di tahun 2023 bagi Erick Thohir.

"Perjalanan dinas pertama di tahun 2023. Mendampingi Presiden @Jokowi meninjau Pasar Bawah, Pekanbaru, Riau,"ujar Erick melalui akun Instagram @erickthohir, Rabu (4/1/2023).

"Bapak Presiden ingin memastikan program-program pemerintah melalui bank-bank BUMN berjalan dengan baik bagi UMKM," sambungnya.

Dalam cuplikan video yang dibagikannya, dia berjalan bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Dia juga membagikan riuhnya masyarakat menyambut kedatangan Jokowi di Pasar Bawah, Pekanbaru.

"Pak Presiden lagi meninjau pasar, memastikan ekonomi daripada UMKM tumbuh, program pemerintah yang banyak mendukung UMKM, melalui bank-bank Himbara, BRI, Mandiri, BNI, BSI, bisa berjalan dengan baik. Ayo kita jaga UMKM indonesia," beber Erick.

Melalui dukungan program pemerintah, Erick meyakini ekonomi Indonesia bisa tumbuh positif di 2023 ini. "Bismillah, 2023 ekonomi Indonesia tumbuh kuat #KitaAtasi," tutupnya.

 


Jokowi: Pedagang Ingin Omzet Naik

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau aktivitas perdagangan di Pasar Bawah Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (4/1/2023).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau aktivitas perdagangan di Pasar Bawah Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (4/1/2023). (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan ke Pasar Bawah di Pekanbaru, Riau. Dia memantau proses jual beli di pasar dan ingin tahu harapan para pedagang.

Salah satu yang jadi perhatian Jokowi adalah terkait omzet yang didapatkan pedagang. Mengingat, semua lapisan masyarakat, termasuk pedagang sempat terdampak oleh pandemi Covid-19.

"Saya masuk ke Pasar Bawah untuk melihat geliat ekonomi di pasar, utamanya yang berkaitan dengan omzet. Apakah dibandingkan tahun 2021 lebih baik, ya para pedagang menyampaikan tahun 2022 lebih baik," ujarnya seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (4/1/2023).

Dari hasil pantauannya, Jokowi menyebut kalau para pedagang berharap omzet bisa meningkat di 2023 ini. Apalagi, pemerintah telah mencabut status PPKM yang artinya tak ada lagi pembatasan kegiatan masyarakat.

"Tapi setelah PPKM dicabut, para pedagang berharap omzetnya bsia lebih baik. Artinya di 2023 semuanya berharap dan optimis lebih baik dari tahun 2022," terang kepala negara.

Kunjungan ke Pasar Bawah jadi salah satu agenda Jokowi. Kemudian, dia melanjutkan kunjungan ke RSUD Arifin Achmad Pekanbaru dan meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang.

 


Jokowi: Bisa Tumbuhkan Daya Saing

Keterangan Pers Presiden Jokowi Usai Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Kampar, 4 Januari 2023
Keterangan Pers Presiden Jokowi Usai Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Kampar, 4 Januari 2023

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan jalan tol Pekanbaru-Bangkinan sepanjang 30,9 kilometer di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Menurutnya ini bisa meningkatkan konektivitas dan meningkatkan daya saing produk dari Provinsi Riau.

Untuk diketahui, tol Pekanbaru-Bangkinan merupakan bagian dari jalan tol Pekanbaru-Padang yang proses pembangunannya masih berjalan. Adanya tol ini, diyakini mampu meningkatkan mobilitas masyarakat di Sumatera.

"Kita harapkan dengan jalan tol yang ada ini, kecepatan mobilitas orang barang dan jasa semakin baik sehingga menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di Provinsi Riau," terangnya dalam peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinan, mengutip tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (4/1/2023).

Selain meningkatnya mobilitas dan daya saing produk, Jokowi berharap ini akan menumbuhkan titik-titik penopang ekonomi baru di Provinsi Riau. Pada akhirnya mampu memberikan dampak yang positif ke masyarakat.

"Dan kita harapkan juga bisa menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru dan pada akhirnya nanti akan membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat," paparnya.

Informasi, panjang seksi Pekanbaru-Bangkinang adalah sepanjang 40 kilometer. Jalan tol ini juga menjadi penting karena berfungsi sebagai penyangga dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Penggarapan jalan tol ini dilakukan oleh PT Hutama Karya (Persero).

Jokowi sendiri meresmikan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 km. Dengan biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan adalah Rp 4,8 triliun.

 

Infografis Naik Turun Harga BBM Subsidi Era Jokowi
Infografis Naik Turun Harga BBM Subsidi Era Jokowi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya