Fakta-Fakta Erick Thohir Jadi Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027

Menteri BUMN Erick Thohir resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI berlangsung dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Kamis (16/2/2023).

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 16 Feb 2023, 17:45 WIB
Diterbitkan 16 Feb 2023, 17:45 WIB
Sah, Erick Thohir Pimpin PSSI Periode 2023-2027
Ketua Umum PSSI Terpilih Erick Thohir (tengah) menyampaikan keterangan kepada wartawan di sela Kongres Luar Biasa PSSI di Jakarta, Kamis (16/2/2023). Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa PSSI dengan mendapatkan 64 suara atau unggul jauh dari La Nyalla Mattalitti yang mendapatkan 24 suara. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

Terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI berlangsung dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Kamis (16/2/2023).

"Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang sudah siberikan oleh para pemilih, masyarakat Indonesia, suporter, wasit, pelatih, pemain. Tetapi yang kita harapkan dan kita lakukan hari ini, belum merupakan kemenangan," ujar Erick Thohir selepas pemungutan suara, Kamis (16/2/2023).

Berikut adalah berbagai fakta terpilihnya Erick Thohir menjadi Ketua Umum PSSI:

Kantongi 64 Suara

Kemenangan Erick Thohir menjadi Ketua PSSI setelah ia mengantongi 64 suara dari total 86 voters yang bisa memberikan hak pilihnya.

Sementara pesaingnya, yakni La Nyalla Mattalitti, mendapat 22 vote. Sementara itu, dua kandidat lainnya yakni Arif Putra Wicaksono dan Doni Setiabudi sama sekali tak dipilih.

Misi Erick Thohir di PSSI

Dalam pernyataannya pasca pemungutan suara di KLB PSSI, Erick Thohir mengungkapkan ambisinya membenahi sepak bola Indonesia.

Menteri BUMN itu berencana menggelar sarasehan sebagai sarana diskusi dengan klub-klub Liga 1, 2, dan 3.

"Dua minggu lagi kita ada sarasehan sepak bola. Di sarasehan sepak bola itu, kita akan (bahas) perkelompok Liga 1,2, 3, timnas, perwasitan, kepelatihan, futsal, sepak bola wanita, nanti kita bikin kamar-kamarnya sendiri," tutur Erick kepada awak media di Hotel Shangri-La, Jakarta, dikutip Kamis (16/2/2023).

"Di sana, saya akan melempar garis besar visi-misi yang kita sepakati bersama, bukan misi-misi saya, tetapi visi misi Liga 1, timnas, dan lain-lain. Saya akan kasih waktu 6 jam untuk berdebat, berdiskusi, setelah itu tanda tangan,” bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Masih Jabat Menteri BUMN

Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI
Calon ketua umum PSSI, Erick Thohir tiba pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). KLB PSSI untuk memilih pengurus baru periode 2023-2027 resmi dimulai dan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Setelah terpilih sebagai Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pun masih menjabat sebagai Menteri BUMN.

Dikutip dari laman bumn.go.id, saat ini, Erick Thohir menjabat sebagai Menteri BUMN ke-9 sejak 23 Oktober 2019 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 113/P Tahun 2019 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Harapan dari Presiden Jokowi

Setelah terpilihnya Erick Thohir menjadi Ketua Umum PSSI, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta reformasi total dilakukan PSSI agar persepakbolaan di Tanah Air menjadi hidup. Paling tidak Timnas Indonesia bisa juara di tingkat ASEAN.

"Sehingga persepakbolaan kita menjadi hidup dan bisa paling tidak ASEAN bisa step pertama bisa kita pegang, dan Asia step yang kedua bisa kita pegang. Harapan pemerintah itu saja," tutur Jokowi.


Erick Thohir Jadi Ketua Umum PSSI: Bismillah Ya

Erick Thohir Terpilih sebagai Ketua Umum PSSI dalam KLB PSSI 2023
Ketua Umum PSSI terpilih untuk periode 2023-2027, Erick Thohir bersiap memberi keterangan pers sesaat setelah berakhirnya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat pada Kamis (16/2/2023). Erick Thohir berhasil mengungguli calon lainnya, La Nyalla Mahmud Mattalitti dengan perolehan suara 64 berbanding 22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Erick Thohir telah sah menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Dia menang mutlak dengan mengantongi 64 suara dari total 86 suara sah yang dihitung Komite Pemilihan KLB PSSI.

Usai dinyatakan sebagai Ketua Umum terpilih, Erick Thohir kembali menyambangi para voter sembari mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

"Terima kasih, terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Bismillah ya," ujarnya berulang kali kepada para voters, dikutip Kamis (16/2/2023).

Peroleh 64 Suara

Menteri BUMN itu mendapat 64 suara dari total 86 suara sah yang dihitung Komite Pemilihan Ketua Umum PSSI. Sementara, kandidat lainnya La Nyalla Mahmud Mattalitti mendapat 22 suara, Dua calon lainnya, Arief Putra Wicaksono, dan Doni Setiabudi tidak meraih suara. Satu calon lainnya, Fary Djemie Francis memilih mengundurkan diri sebelum pemungutan suara.

Mereka terdiri dari 34 Asosiasi Provinsi, 18 dari Liga 1, 15 klub anggota Liga 2, 16 klub asal Liga 3, Federasi Futsal Indonesia, Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia.

Harapan akan kemajuan sepakbola Indonesia dengan terpilihnya Erick juga dikemukakan Andre Rosadie, yang hadir mewakili klub liga 2, Semen Padang FC.

"Dengan terpilihnya Erick Thohir, maka kita semua akan bersiap menuju perbaikan sepakbola yang kita inginkan bersama," ucap Andre.


Janji Erick Thohir

Erick Thohir Terpilih sebagai Ketua Umum PSSI dalam KLB PSSI 2023
Ketua Umum PSSI terpilih untuk periode 2023-2027, Erick Thohir memberikan keterangan pers sesaat setelah berakhirnya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat pada Kamis (16/2/2023). Erick Thohir berhasil mengungguli calon lainnya, La Nyalla Mahmud Mattalitti dengan perolehan suara 64 berbanding 22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sebelumnya, Erick Thohir sempat melontarkan janji untuk menjadi Ketua Umum PSSI pertama yang mengunjungi rumah wasit. Hal ini berdasar pada temuannya kalau jarang memperhatikan kesejahteraan wasit.

"Saya ingin menjadi Ketua Umum PSSI pertama yang datang ke rumah wasit," kata dia seperti diunggah Instagram @erickthohri, dikutip Kamis (16/2/2023).

"Wasit selalu menjadi kambing hitam di sepak bola Indonesia, tapi apakah mereka sudah hidup layak dan cukup selama ini? Dengan #nyali kita perbaiki sepak bola Indonesia," tegas Erick Thohir.

Infografis Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI Periode 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI Periode 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya