Arus Balik Lebaran Idul Fitri, Pemudik Diimbau Siapkan Saldo Kartu Tol Kalikangkung-Cikampek Minimal Rp 400 Ribu

Menko PMK Muhadjir Effendy mengingatkan pengguna kendaraan roda empat menuju Jakarta siapkan saldo uang elektronik minimal Rp 400 ribu.

oleh Agustina Melani diperbarui 24 Apr 2023, 19:29 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2023, 19:29 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy Ingatkan Pemudik Isi Kartu Tol Elektronik dengan Saldo Cukup
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menuturkan, ada 12 ribu kendaraan tertahan di gerbang tol karena saldo kartu elektronik tak cukup. (Foto: Jasa Marga)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengimbau pengguna kendaraan roda empat menuju Jakarta siapkan saldo uang elektronik minimal Rp 400 ribu. Saldo tersebut untuk biaya perjalanan dari Gerbang Tol Kalikangkung di Semarang menuju Jakarta.

“Pastikan ketersediaan kartu tol elektronik minimum Rp 400 ribu untuk sampai ke Jakarta,” tutur dia di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah dikutip dari Antara, Senin (24/4/2023).

Ada 12 Ribu Kendaraan Tertahan di Gerbang Tol karena Saldo Tak Cukup

Ia menuturkan, hal itu setelah menerima laporan dari PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol mengenai ada sekitar 12 ribu kendaraan yang tertahan di gerbang tol. Hal ini karena saldo uang elektronik yang tidak cukup untuk membayar biaya tol.

“Kenapa ini saya tekankan karena berdasarkan laporan dari Jasa Marga bahwa satu hari kemarin ada 12 ribu pengendara yang harus mengisi kartu tol yang akan menganggu perjalanan dan pergerakan arus balik,” tutur dia.

Selain itu, ia juga mengingatkan pemudik untuk memastikan kondisi mobil dan fisik pengemudi dalam keadaan prima. “Para pengemudi dan kendaraan harus dalam keadaan prima serta ketersediaan bahan bakar pelu juga dipastikan,” ujar dia.

Buka Sistem One Way

Pada Senin, 24 April 2023 pukul 14.45 WIB, Menko PMK Muhadjir Effendy membuka sistem one way atau satu arah untuk kelancaran arus balik pada H+1 Idul Fitri 1444 Hijriah atau 24 April 2023.

Sistem satu arah itu mulanya dijadwalkan dibuka pukul 14.00 WIB. Akan tetapi, tertunda 45 menit karena arus mudik keluar Jakarta masih cukup padat.

“Rencana kita lepas pukul 14.00 WIB, tapi mengalami penundaan karena arus mudik masih cukup padat sehingga kami masih memberi kesempatan pada H+1 ini,” tutur dia.

Adapun sistem satu arah sepanjang Tol Kalikangkung arah Cikampek akan berlaku hingga pukul 24.00 WIB. Akan tetapi, jadwal itu bisa saja mengalami perubahan secara situasional sesuai kebutuhan di lapangan. “Nanti aka nada penyesuaian kebijakan dari Korlantas. Kami harapkan kebijakan arus balik satu arah ini bisa berjalan dengan lancar,” tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menhub Budi Karya: Hindari Perjalanan Balik Mudik pada 24 dan 25 April 2023

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan Pelabuhan Ciwandan untuk dioperasikan selama periode mudik lebaran 2023. (Dok Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan Pelabuhan Ciwandan untuk dioperasikan selama periode mudik lebaran 2023. (Dok Kemenhub)

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta pemudik untuk menghindari melakukan perjalanan balik pada 24 dan 25 April 2023. Alasannya, tanggal tersebut diprediksi merupakan puncak kepadatan kendaraan di arus balik Lebaran 2023. Dengan menghindari tanggal tersebut maka bisa terhindari dari kemacetan.

Menhub mengatakan, seperti yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), masyarakat diminta untuk melakukan perjalanan balik mulai Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu atau 26 sampai dengan 29 April 2023,

"Agar kepadatan tidak menumpuk di puncak arus balik yang dimulai pada hari ini dan besok,” ujar Budi Karya Sumadi di Posko Angkutan Lebaran Terpadu di Kantor Kemenhub, Senin (24/4/2023).

Selain mengimbau masyarakat untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik, Menhub juga menyampaikan sejumlah catatan yang harus diantisipasi pada masa arus balik. Yang pertama yaitu, selalu memantau update informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa perairan pada hari ini.

“Dari data BMKG di pantai barat Sumatera dan pantai selatan Jawa terjadi gelombang tinggi di atas 2,5 meter yang harus diwaspadai. Tetapi, alhamdulillah di Merak – Bakauheni dan Ketapang – Gilimanuk gelombang masih relatif aman untuk dilakukan perjalanan,” ucap Menhub.

 


Upacara Pelepasan Udara

Menhub Budi Karya. ©2021 Merdeka.com
Menhub Budi Karya. ©2021 Merdeka.com

Kemudian, Menhub juga menyampaikan upaya antisipasi terkait upacara pelepasan balon udara di sejumlah daerah yang dilakukan tidak sesuai ketentuan, sehingga dapat membahayakan penerbangan. Menurutnya, pemerintah telah memberikan izin kegiatan pelepasan balon udara di dua daerah yaitu Pekalongan dan Wonosobo.

“Ada indikasi terjadi pelanggaran kegiatan pelepasan balon udara Kulonprogro, Purworejo dan Ponorogo. Untuk itu, saya sudah minta Airnav, Angkasa Pura I dan II berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengawasan terhadap kegiatan tersebut,” tutur Menhub.

 Kecelakaan Turun

Selanjutnya, Menhub menyampaikan pada arus mudik tahun ini, jumlah kecelakaan lalu lintas menurun cukup siginifikan yaitu 33 persen dibandingkan tahun 2022 lalu.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat yang sudah melakukan perjalanan mudik dengan hati-hati. Semoga angka ini tidak meningkat pada arus balik nanti,” ucap Menhub.

Turut hadir mendampingi Menhub dalam rapat koordinasi, Inspektur Jenderal Kemenhub Pramintohadi dan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono.

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya