Rekrutmen CASN 2023, Menpan RB Bakal Bikin Formasi Khusus Fresh Graduate

Sebagai informasi rencananya tahun 2023 Pemerintah akan membuka lowongan CASN sebanyak 1,6 juta formasi. MenpanRB menyebut saat ini telah mengantongi 1,03 juta formasi usulan dari daerah.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Mei 2023, 15:53 WIB
Diterbitkan 17 Mei 2023, 15:20 WIB
800 Peserta Ikuti Tes SKD CPNS
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara - Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas menjelaskan, Kementerian PANRB berencana membuat formasi khusus untuk para lulusan baru (fresh graduate). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah kembali membuka lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN)di tahun ini. Rencananya pada 2023 ini akan ada 1,6 juta formasi CPNS yang dibuka dalam waktu dekat. 

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara - Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas menjelaskan, Kementerian PANRB berencana membuat formasi khusus untuk para lulusan baru (fresh graduate).

“Ini ada banyak usulan supaya fresh graduate ini dilibatkan karena banyak anak-anak fresh graduate tapi tidak ada di dalam formasi,” Azwar Anas di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2023).

Para lulusan baru ini nantinya akan ditempatkan pada sektor-sektor yang berhubungan dengan digitalisasi. Mengingat pemerintah saat ini sedang menggencarkan penggunaan digitalisasi.

“Salah satu sektor yang akan kita berikan ruang adalah di digitalisasi karena pemerintah sedang punya program digitalisasi,” kata dia.

Namun dia mengaku masih menghitung kebutuhan ASN yang dibutuhkan.

“Ke depan kita akan hitung berapa sebenarnya talenta talenta digital yang akan kita berikan ruang di dalam rekrutmen ASN di 2023,” kata dia.

Sebagai informasi rencananya tahun 2023 Pemerintah akan membuka lowongan CASN sebanyak 1,6 juta formasi. Anas menyebut saat ini telah mengantongi 1,03 juta formasi usulan dari daerah.

“Saya hari ini akan menandatangani surat usulan kepada Menteri Keuangan. Surat usulan berdasarkan yang dikirim daerah, kurang lebih 1.030.000 orang formasi,” kata Anas.

Dia menjelaskan formasi CASN tidak hanya diusulkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Berbagai kementerian/lembaga juga telah menyetorkan kebutuhan pegawai. Sehingga total kebutuhan yang dibutuhkan sebanyak 1,6 juta formasi.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com


Pendaftaran Seleksi CPNS 2023 Segera Dibuka, Ini Bocoran Terbarunya

Seleksi kompetensi bidang CPNS
Petugas mencocokkan identitas peserta sebelum mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham di Gedung Kepegawaian Negara, Jakarta, Rabu (2/9/2020). Pelaksanaan SKB CPNS itu diikuti 829 peserta. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pemerintah akan segera membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun, pembukaan seleksi itu masih menunggu aturan lanjutannya.

Diketahui, saat ini Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) sedang melakukan pendataan dan validasi mengenai formasi yang akan dibuka pada pendaftaran seleksi CPNS.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iseinarto Setiaji mengatakan pihaknya masih menunggu aturan dari Panitia Seleksi Nasional Pengadaan Calon ASN (CASN).

"Perihal pengadaan CASN tahun 2023, hingga saat ini masih menunggu aturan/kebijakan yang dikeluarkan oleh Panselnas Pengadaan CASN," kata dia kepada Liputan6.com, Jumat (12/5/2023).

Iswinarto mengatakan, calon pendaftar CPNS perlu mengecek perkembangan mengenai pembukaan pendaftaran seleksi CPNS pada salurah resmi informasi pemerintah.

"Selanjutnya, kami imbau agar masyarakat selalu ikuti perkembangannya melalui kanal-kanal informasi resmi milik pemerintah," imbaunya.

Informasi, tahun ini, rekrutmen CASN melingkupi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara selektif dan terbatas serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Kemudian, seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak terbatas pada jalur sekolah kedinasan.

Sebelumnya, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas menerangkan ada empat arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023. Arah kebijakan pertama adalah fokus pelayanan dasar. Kedua, yakni kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital.

Ketiga, merekrut CASN secara selektif. Keempat, mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital. Saat ini, pemerintah masih menganalisis jabatan mana saja yang bisa terdampak oleh perkembangan digital.

 


Segera Dibuka

800 Peserta Ikuti Tes SKD CPNS
Peserta memasuki ruangan untuk mengikuti proses Tes Standar Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di BKN, Jakarta, Kamis (2/9/2021). Sebanyak 800 peserta mengikuti tes yang dibagi dua sesi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Diberitakan sebelumnya, pemerintah segera mengumumkan waktu pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dalam beberapa waktu kedepan. Salah satunya setelah proses validasi kebutuhan di lingkungan pemerintahan.

Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mohammad Averrouce menerangkan, saat ini pemerintah masih menghimpun data untuk kebutuhan pembukaan tersebut. Baru, kemudian bisa diputuskan kapan akan dibuka seleksi CPNS dan PPPK tahun 2023.

"Informasi terkait pembukaan akan disampaikan kemudian setelah validasi dan penetapan kebutuhan. Seluruh informasi terkait pengadaan ASN akan dimuat di website, media sosial, dan kanal komunikasi resmi milik Kementerian PANRB, BKN dan K/L/D," ujar Averrouce kepada Liputan6.com, Kamis (11/5/2023).

Dia menerangkan, proses pengumpulan data mengenai kebutuhan jumlah dan jenis jabatan aparatur sipil negara telah diajukan oleh instansi pemerintah pusat dan daerah. Skemanya melalui aplikasi yang disediakan bernama e-Formasi.

"Saat ini masih dalam tahapan proses validasi usulan kebutuhan dari Kementerian/Lembaga/Pemda," ujar dia.

Averrouce menerangkan proses validasi itu akan rampung dalam waktu dekat. Setelah itu, baru Kementerian PAN-RB akan mengumumkan waktu pembukaan rekrutmen CPNS dan PPPK.

"Kami maksimalkan validasinya di bulan Mei ini, terkait dengan kapan pengumuman pendaftaran CASN 2023 akan dilakukan, masyarakat diimbau untuk selalu memantau situs maupun media sosial resmi milik instansi pemerintah," urainya.


Waspada

Lebih lanjut, Averrouce mewanti-wanti masyarakat yang nantinya mendaftar untuk tetap waspada mengenai informasi yang berkaitan dengan CPNS dan PPPK. Termasuk terhadap informasi salah yang kemungkinan bisa beredar.

Dia bilang, kalau informasi mengenai CPNS dan PPPK akan diumunkan melalui berbagai kanal Kementerian PAN-RB.

"Kami sampaikan masyarakat untuk selalu berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan informasi terkait kemudahan kelulusan menjadi ASN, baik PNS maupun PPPK," pungkasnya.

  

Infografis Cara Daftar CPNS 2019
Infografis Cara Daftar CPNS 2019. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya