Jelang Pertemuan OPEC, Harga Minyak Anjlok 3,6 Persen

Harga minyak turun pada hari Kamis setelah Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak mengecilkan prospek pengurangan produksi OPEC + lebih lanjut

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 26 Mei 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 26 Mei 2023, 08:00 WIB
Dolar Menguat, Harga Minyak Sentuh Level US$ 50
Harga minyak turun pada hari Kamis setelah Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak mengecilkan prospek pengurangan produksi OPEC + lebih lanjut

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun pada hari Kamis setelah Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak mengecilkan prospek pengurangan produksi OPEC + lebih lanjut pada pertemuan minggu depan.

Dikutip dari CNBC, Jumat (26/5/2023), harga minyak mentah berjangka Brent turun 3,6 persen, menjadi USD 75,55 per barel. Minyak mentah antara West Texas Intermediate (WTI) AS turun 3,95 persen, menjadi USD 71,41.

“Saya kira tidak akan ada langkah baru, karena baru sebulan yang lalu keputusan tertentu dibuat mengenai pengurangan sukarela produksi minyak oleh beberapa negara,” kata Novak seperti dikutip surat kabar Izvestia.

Di sesi sebelumnya, harga minyak didukung oleh peringatan dari menteri energi Arab Saudi bahwa short-seller bertaruh harga minyak akan turun.

Beberapa investor menganggap itu sebagai sinyal bahwa Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya termasuk Rusia, bersama-sama disebut OPEC+, dapat mempertimbangkan pengurangan produksi lebih lanjut pada pertemuan pada 4 Juni.

"Bacaan yang jelas adalah bahwa Kerajaan dapat secara sepihak memangkas produksi minyak atau mengatur pengurangan OPEC+ yang lebih luas ... dengan demikian mendukung harga dan spekulan menyengat yang menjual minyak," kata analis di bank MUFG.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ketidakpastian Utang AS

Ilustrasi Harga Minyak Naik
Ilustrasi Harga Minyak Naik (Liputan6.com/Sangaji)

Ketidakpastian utang AS juga membebani harga.

Beberapa kemajuan telah dibuat tetapi beberapa masalah masih belum terselesaikan dalam negosiasi plafon utang AS, Ketua DPR Kevin McCarthy mengatakan pada hari Kamis, karena tenggat waktu semakin dekat untuk menaikkan batas pinjaman pemerintah federal sebesar USD 31,4 triliun atau risiko gagal bayar.

Negosiator untuk Presiden Demokrat Joe Biden dan anggota kongres utama dari Partai Republik Kevin McCarthy berkumpul kembali pada hari Rabu di Gedung Putih untuk mencoba mencapai kesepakatan.

Sementara itu, penurunan harga dibatasi oleh penurunan besar-besaran tak terduga dalam persediaan minyak mentah AS dalam sepekan hingga 19 Mei yang dilaporkan oleh Administrasi Informasi Energi pada hari Rabu.

 


Pasokan Minyak AS

minyak-dunia-harga-130925d.jpg
Harga Minyak

Persediaan minyak mentah AS turun 12,5 juta barel menjadi 455,2 juta barel karena impor turun. Analis memperkirakan kenaikan 800.000 barel.

Persediaan bensin turun 2,1 juta barel dalam seminggu menjadi 216,3 juta barel, kata EIA, sementara stok sulingan turun 600.000 barel menjadi 105,7 juta barel.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya