Ulas Buku Ekonom Ternama, Arif Budimanta Bahas Pentingnya Peran Teknologi Bagi Kesejahteraan Masyarakat Hingga Ekonomi

Buku terbaru karya Acemoglu dan Johnson berisi tentang perkembangan ekonomi dan sosial dari perkembangan teknologi dalam seribu tahun terakhir, termasuk dampak positif dan negatif dari perkembangan tersebut.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 27 Jun 2023, 19:15 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2023, 19:15 WIB
KEIN arif Budimanta 1
KEIN arif Budimanta 1
 
Liputan6.com, Jakarta Direktur Eksekutif Megawati Institute, Dr. Arif Budimanta membeberkan hal yang perlu dilakukan ketika memanfaatkan teknologi dalam kehidupan bermasyarakat.  Diakui jika kemajuan teknolgi bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan.
 
Ini diungkapkan Arif Budimanta pada acara diskusi terkait buku karya ekonom sekaligus penulis ternama, Daron Acemoglu dan Simon Johnson, berjudul Power and Progress: Our Thousand-Year Struggle Over Technology and Prosperity rilisan 2023.
 
 
Buku terbaru karya Acemoglu dan Johnson berisi tentang perkembangan ekonomi dan sosial dari perkembangan teknologi dalam seribu tahun terakhir, termasuk dampak positif dan negatif dari perkembangan tersebut.
 
"Jadi intinya, kemajuan teknologi  agar memberikan kemaslahatan ataupun kesejahteraan bagi masyarakat, dan sekaligus menghadirkan keadilan sosial maka, Acemoglu mengatakan bahwa antara Pemerintah dan rakyat harus bekerja secara bersama untuk mencapai yang menjadi objektif dalam kehidupan bernegara," ujar Arif dalam webinar Diskusi dan Bedah Buku Kekuasaan, Kesejahteraan, dan Perubahan Teknologi pada Selasa (27/6/2023).
 
Arif pun membeberkan sedikit tentang sepak terjang Indonesia dalam membangun sektor teknologi dalam negeri sejak era pemerintahan Presiden Pertama Indonesia Soekarno.
 
Salah satunya adalah dengan membangun LAPAN, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, industri logam dasar dengan mendirikan Krakatau Steel, juga perguruan tinggi Institut Teknologi Bandung.
 
 
 
 
 

Ketidakadilan

Direktur Eksekutif Megawati Institute, Arif Budimanta dalam webinar Diskusi dan Bedah Buku Kekuasaan, Kesejahteraan, dan Perubahan Teknologi pada Selasa (27/6/2023).
Direktur Eksekutif Megawati Institute, Arif Budimanta dalam webinar Diskusi dan Bedah Buku Kekuasaan, Kesejahteraan, dan Perubahan Teknologi pada Selasa (27/6/2023).

Dikatakan, kerangka pemikiran yang berkembang dalam buku ini juga tidak terlepas dari yang telah dituliskan ataupun apa yang telah menjadi landasan awal paradigma berpikir Daren Acemoglu.

"Sehingga aspek inklusivitas dalam pemerintahan, dan dalam demokrasi itu menjadi penting. Hal ini agar kemudian teknologi itu dalam proses proses kemajuannya, kata Bung Karno dalam penganugerahan gelar doktor honoris causa nya di ITB bahwa ilmu teknik itu harus memberikan pengabdian kepada masyarakat," paparnya.

Dia pun mengingatkan agar jangan sampai ilmu teknik menimbulkan ketidakadilan akibat penguasaan bagi segilintir orang.

Dia menyebut, kontribusi teknologi dalam hal ekonomi juga mempengaruhi dalam proses produksi. "Misalnya dalam kerangka yang paling utama untuk bertahan hidup, merespon lingkungan, dan konteks alokasi sumber daya. Tetapi teknologi juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan ekspansi surplus dalam kerangka mencapai efektivitas dan efisiensi dalam produksi," tambah Arif, dalam ulasannya mengenai buku terbaru Acemoglu dan Johnson.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya