Komisaris Independen BSI Arief Rosyid Mengundurkan Diri Usai Masuk Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Muhammad Arief Rosyid Hasan mengundurkan diri sebagai Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI) usai ditunjuk jadi komandan pemilih muda dalam tim kampanye Prabowo-Gibran.

oleh Agustina Melani diperbarui 07 Nov 2023, 19:41 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2023, 19:39 WIB
Komisaris Independen BSI Arief Rosyid Mengundurkan Diri Usai Masuk Tim Kampanye Prabowo-Gibran
Komisaris Independen PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Muhammad Arief Rosyid Hasan didapuk menjadi komandan pemilih muda dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (dok Arief Rosyid)

Liputan6.com, Jakarta - Komisaris Independen PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Muhammad Arief Rosyid Hasan didapuk menjadi komandan pemilih muda dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Seiring hal tersebut Muhammad Arief Rosyid Hasan mengajukan pengunduran diri sebagai Komisaris BSI.

Arief telah meminta izin kepada Komisaris Utama BSI Muliaman Hadad dan Menteri BUMN Erick Thohir terkait pengunduran diri tersebut. "Dalam komunikasi yang terjalin, saya telah meminta izin kepada Komisaris Utama BSI Muliaman Haddad dan Menteri Dalam komunikasi yang terjalin, saya menyampaikan pengunduran diri ini sebagai komitmen saya, untuk menjaga maruah BSI sebagai salah satu lembaga perbankan milik BUMN yang diandalkan bangsa Indonesia dan umat Islam," ujar dia dalam keterangan tertulis seperti dikutip dari Antara, Senin (7/11/2023).

Ketua Umum PB HMI 2013-2015 ini juga telah mengonfirmasi penunjukannya sekaligus akan mengirimkan surat pengunduran diri dari BSI. Arief Rosyid juga berterima kasih kepada jajaran komisaris dan direksi BSI atas sinergi yang dijalin selama hampir tiga tahun terakhir.

"Saya bangga dapat berkontribusi melalui lembaga yang krusial, untuk pembangunan ekonomi syariah di Indonesia. Lembaga yang didapuk oleh Menteri BUMN untuk membawa bangsa Indonesia diperhitungkan dalam level global pada bidang keuangan syariah. Terima kasih kepada para jajaran komisaris, direksi, dan seluruh keluarga besar BSI,” ujar dia.

Arief Rosyid tercatat sebagai Wakil Direktur TKN Milenial Jokowi-Ma’ruf Amin pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019 dan aktif sebagai tokoh aktivis, dari gerakan milenial di berbagai segmen, masjid/pesantren, hingga ekonomi dan keuangan syariah.

"Suara pemuda adalah suara mayoritas dalam Pilpres 2024 mendatang. Yang terpenting adalah bagaimana generasi muda, benar-benar hadir bukan hanya menjadi obyek apalagi komoditas. Sebaliknya, pemuda harus duduk bersama sebagai subyek dari kebijakan publik, untuk memperluas kebermanfaatan terhadap pemuda lain,” ia berharap.

Diangkat Jadi Komisaris Independen BSI

Arief Rosyid diangkat sebagai komisaris independen pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Syariah Indonesia pada 15 Desember 2020. Ia efektif menjabat pada 1 Februari 2021.

Sebelumnya pria kelahiran Ujung Pandang pada 1986 ini menyelesaikan pendidikan Magister dari Universitas Indonesia Bidang Kebijakan Kesehatan pada 2014. Sebelumnya, ia menyelesaikan pendidikan di Kedokteran Gigi dari Universitas Hasanuddin Bidang Kedokteran Gigi pada 2010.


Ikuti Aturan

Gibran Rakabuming Raka Hadiri Pengumuman Susunan Tim Kampanye Nasional
Susunan tim kampanye diumumkan langsung Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Rosan P Roeslani. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Maju Rosan Perkasa Roeslani memastikan pejabat publik yang masuk struktur pengurus TKN untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran bakal mengikuti aturan terutama terkait kewajiban cuti atau mundur dari jabatan.

"Kami akan ikuti semua peraturan yang ada, kalau mereka harus cuti, mereka cuti, seperti Mas Gibran yang hari ini cuti, dan yang kalau di aturan harus mundur, ya (mereka) mundur," kata Rosan menjawab pertanyaan ANTARA selepas acara pengumuman nama-nama pengurus TKN di Jakarta, Senin.

Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju yang bertugas memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Jakarta, Senin, mengumumkan 274 nama-nama pengurus. Di bawah struktur ketua umum, Rosan Roeslani dibantu oleh Ketua Koordinator Strategis Sufmi Dasco Ahmad, Sekretaris Nusron Wahid, Bendahara Umum Thomas A. M. Djiwandono, dan sejumlah komandan yang membidangi tujuh divisi, yaitu Komandan Alpha (Teritorial) Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Komandan Bravo (Komunikasi) Budisatrio Djiwandono, Komandan Charlie (Penggalangan) Yandri Susanto, Komandan Delta (Supporting) Irjen Pol. (Purn.) Yovianes Mahar, Komandan Echo (Hukum dan Advokasi) Hinca I. P. Pandjaitan XIII, Komandan Fanta (Pemilih Muda) M. Arief Rosyid, dan Komandan Golf (Relawan) Haris Rusly Moti.

 


Daftar Pengusaha di Tim Kampanye Prabowo-Gibran, Ada Ketua Hipmi hingga Bos Tambang

Gibran Rakabuming Raka Hadiri Pengumuman Susunan Tim Kampanye Nasional
Bakal calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Gibran Rakabuming Raka (keempat kiri duduk) saat pengumuman susunan tim kampanye Tim Kampanye Nasional (TKN) di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Senin (6/11/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya diberitakan, Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran telah mengumumkan struktur dan komposisi anggotanya. Hal itu disampaikan langsung oleh Sekretris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, di Hotel Grand Kemang Jakarta, Senin (6/11/2023).

“Kami diminta membacakan susuan tim kampanye nasional koalisi indonesia maju pasangan Prabowo-Gibran,” kata Nusron.

Tercatat ada sejumlah nama yang menarik perhatian publik, termasuk dari kalangan pengusaha yang masuk dalam TKN Prabowo-Gibran.

Daftar Pengusaha Tim Kampanye Prabowo-Gibran

Berikut pengusaha yang masuk dalam TKN tersebut:

Aburizal Bakrie (Pembina)

Rosan Roeslani (Ketua)

Erwin Aksa (Wakil Ketua Koordinator Strategis)

Wishu Wardana (Wakil Ketua Koordinator Strategis)

Akbar Himawan Bukhori (Wakil Ketua Koordinator Strategis)

Pandu Patria Sjahrir (Wakil Bendahara)

Selain pengusana, salah satu nama yang juga menarik perhatian dalam keanggotaan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran yaitu mantan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) yang saat ini sudah resmi bersergam kuning di Partai Golkar. Sebagai informasi, Ridwan Kamil berada dalam posisi anggota dewan penasehat.

Gibran Bangga

Mendengar nama-nama tersebut dibacakan, Gibran yang hadir langsung saat pembacaan nama-nama tersebut mengaku bangga dan meminta agad kemenangan dapat diraih.

“Atas nama Prabowo-Gibran saya merasa bangga, merasa bersyukur oleh orang-orang yang benar-benar ahli di bidangmya masing-masing, saya pesan satu saja, kepada bapak ibu yang ada di TKN, pastikan Kapal besar koalisi berlabuh di dermaga kemenangan,” Gibran menandasi.

 


Jadwal dan Tahapan Pemilu

KPU Gelar Simulasi Pemilu 2024
Petugas menunjukkan surat suara saat simulasi Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (22/3/2022). Simulasi digelar untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait proses pemungutan dan penghitungan suara pemilu serentak yang akan dilaksanakan tahun 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemilu akan kembali digelar pada 2024 mendatang. Berbeda dari sebelumnya, Pemilu 2024 kini digelar serentak, bersamaan dengan pemilihan anggota legislatif, presiden-wakil presiden, dan kepala daerah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pemungutan suara Pemilu legislatif dan Pemilu presiden, pada Rabu 14 Februari 2024. Sedangkan pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) dilaksanakan pada Rabu 27 November 2024. Penetapan itu telah dituangkan dalam Keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022.

Selain pemungutan suara, ada tahapan-tahapan penting lain selama Pemilu 2024. Dikutip dari situs KPU, berikut ini adalah informasi tentang tahapan Pemilu 2024 mendatang berdasarkan PKPU No.3 Tahun 2022:

Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024

  • Perencanaan Program dan Anggaran: 14 Juni 2022 - 14 Juni 2024
  • Penyusunan Peraturan KPU: 14 Juni 2022 - 14 Desember 2023
  • Pemutakhiran data Pemilih dan penyusunan daftar Pemilih: 14 Oktober 2022 - 21 Juni 2023
  • Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu: 29 Juli 2022 - 13 Desember 2022
  • Penetapan Peserta Pemilu: 14 Desember 2022 - 14 Februari 2022
  • Penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan: 14 Oktober 2022 - 9 Februari 2023
  • Pencalonan anggota DPD: 6 Desember 2022 - 25 November 2023
  • Pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota: 24 April 2023 - 25 November 2023
  • Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden: 19 Oktober 2023 - 25 November 2023
  • Masa Kampanye Pemilu: 28 November 2023 - 10 Februari 2024
  • Masa Tenang: 11 Februari 2024 - 13 Februari 2024
  • Pemungutan dan Penghitungan Suara: 14 Februari 2024 - 15 Februari 2024
  • Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara: 15 Februari 2024 - 20 Maret 2024
  • Penetapan hasil Pemilu (paling lambat 3 hari setelah pemberitahuan MK atau 3 hari setelah putusan MK)Pengucapan Sumpah/Janji DPR dan DPD: 1 Oktober 2024
  • Pengucapan Sumpah/Janji Presiden dan Wakil Presiden: 20 Oktober 2024 
Infografis Ragam Tanggapan Klaim Bocoran Putusan MK Ubah Sistem Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Klaim Bocoran Putusan MK Ubah Sistem Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya