Ajak Generasi Muda untuk Peduli Lingkungan, Pertamina Gelar Sekolah Energi Berdikari

Dalam rangka mendukung keterlibatan sekolah dan generasi muda dalam keberlanjutan lingkungan, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) RU IV Cilacap menggelar program Sekolah Energi Berdikari (SEB) bersama Subholding Refining and Petrochemical.

oleh Fachri pada 14 Nov 2023, 12:15 WIB
Diperbarui 14 Nov 2023, 12:14 WIB
Pertamina.
Sekolah Energi Berdikari Pertamina. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka mendukung keterlibatan sekolah dan generasi muda dalam keberlanjutan lingkungan, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) RU IV Cilacap menggelar program Sekolah Energi Berdikari (SEB) bersama Subholding Refining and Petrochemical di SMA Negeri 3 Cilacap, Selasa (8/11/2023).

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mendorong para siswa memberikan dampak lebih besar ke masyarakat sekitar melalui edukasi dan penggunaan energi terbarukan.

Manager General Support PT KPI RU IV Cilacap, Dian Puspita Rini mengatakan bahwa SEB sejalan dengan upaya Pertamina mendukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengimplementasikan nilai-nilai Adiwiyata.

“Ini juga sejalan dengan komitmen kami mengimplementasian ESG (Environmental, Social, and Governance) dan Sustainability Development Goals (SDGs) poin 4 yaitu pendidikan berkualitas, poin 7 energi bersih dan terjangkau, dan poin 13, penanggulangan perubahan iklim,” katanya.

“Dengan inisiatif ini, pelajar akan diedukasi energi terbarukan. Selain itu solar panel ini diharapkan juga akan menciptakan lingkungan yang lebih baik di sekolah,” jelas Dian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kegiatan yang Dilakukan

Pertamina.
Sharing Session SEB. (Foto: Istimewa)

Dalam program SEB kali ini, sejumlah pejabat hadir untuk meninjau laboratorium mangrove sekolah dan melakukan penanaman pohon. Selain itu, ada pula sharing session oleh Billy Mambrasar selaku Staf Khusus Presiden Bidang Pendidikan dan Inovasi sekaligus ambassadors of SDG’s Indonesia dan Perwira Kilang Cilacap.

Rangkaian kegiatan SEB juga melibatkan banyak pelajar SMAN 3 Cilacap, terutama melalui Upcycling Competition Expo. Event Pertamina ini mendorong para pelajar untuk berinovasi dan menciptakan alat dengan semangat lingkungan melalui kegiatan daur ulang.

 

(*)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya