Tanaman Jagung Tumbuh Subur di Lahan Food Estate Kalimantan Tengah

Dalam kunjungan itu, Mentan memastikan kondisi jagung tumbuh dengan baik pada kurun waktu 2 bulan atau seumur Amran bertugas kembali sejak 25 Oktober 2023.

oleh stella maris diperbarui 11 Des 2023, 16:02 WIB
Diterbitkan 11 Des 2023, 15:38 WIB
Kementan
Pastikan Food Estate Berjalan Baik, Mentan-Wamenhan Pantau Lokasi di Gunung Mas/Istimewa.

Liputan6.com, Kalimantan Tengah Untuk memastikan kondisi jagung di lahan food estate tumbuh dan berkembang dengan baik, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan blusukan ke pertanaman jagung di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Dalam kunjungan itu, Mentan memastikan kondisi jagung tumbuh dengan baik pada kurun waktu 2 bulan atau seumur Amran bertugas kembali sejak 25 Oktober 2023.

"Jagung ini seumur jabatan saya jadi harus cepat dikerjakan dan bukan dibicarakan, apalagi diperdebatkan. Ini harus kita kerjakan dari sekarang untuk hasil panen di bulan berikutnya," ujar Mentan Amran, Senin (11/12). 

Menurut Mentan Amran, saat ini kondisi pertanaman jagung di lahan seluas 600 hektare itu sudah on progres terutama melalui kolaborasi yang kuat antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Pertahanan.

"Food estate ini untuk masa depan anak cucu kita, untuk generasi kita ke depan, juga untuk memberi pangan masyarakat dunia. Semua on progres dan saya optimis segera bisa ditangani," kata Mentan Amran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Mentan Andi Amran
Mentan Andi Amran saat meninjau lokasi food estate berupa tanaman jagung di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Senin (11/12)/Istimewa.

Dikatakan Mentan Amran, pembangunan food estate khusus jagung ini nantinya akan dijadikan sebagai sentra dan kekuatan besar bagi cadangan pangan Indonesia ke depan, terutama dalam mengantisipasi kepadatan jumlah penduduk yang terus meningkat.

"Tiap tahun penduduk kita bertambah kurang lebih 3,5 juta. Jadi ini harus disiapkan makanannya, harus disiapkan pangannya. Kalau tidak dari sekarang bisa bermasalah bangsa ini," katanya.

Di lokasi, Mentan Amran memastikan food estate yang dikerjakan Kemenhan ini sudah sangat bagus karena jagung yang ditanam memiliki kualitas panen yang sangat besar. Hal ini terlihat dari daun dan batang yang tumbuh sesuai dengan kondisi pertanaman di Kalimantan.

"Tanaman jagung ini sudah tumbuh lebih dari dua meter tingginya. Sangat bagus pertumbuhannya. Dan ingat, ini adalah ekstensifikasi yang akan menjadi cadangan pangan kita ke depan melalui teknologi mekanisasi seperti di negara Taiwan, Jepang dan seterusnya," jelasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya