The Fed Beri Sinyal Bakal Pangkas Suku Bunga pada 2024

Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve (the Fed) bersiap memangkas suku bunga pada 2024 dan seterusnya.

oleh Agustina Melani diperbarui 14 Des 2023, 14:21 WIB
Diterbitkan 14 Des 2023, 14:21 WIB
The Fed Beri Sinyal Bakal Pangkas Suku Bunga pada 2024
Bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve (the Fed) mempertahankan suku bunga untuk ketiga kalinya berturut-turut dalam pertemuan yang berakhir pada Rabu, 13 Desember 2023.(Brandon Mowinkel/Unsplash)

Liputan6.com, New York - Bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve (the Fed) mempertahankan suku bunga untuk ketiga kalinya berturut-turut dalam pertemuan yang berakhir pada Rabu, 13 Desember 2023.

Di sisi lain, the Fed bersiap memangkas suku bunga pada 2024 dan seterusnya. Dengan berkurangnya inflasi dan ekonomi yang bertahan, pengambil kebijakan di the Federal Open Market Committee (FOMC) dengan suara bulan memutuskan pertahankan bunga acuan 5,25 persen-5,5 persen. Demikian mengutip dari laman CNBC, Kamis (14/12/2023).

Seiring keputusan tetap mempertahankan suku bunga, anggota komite prediksi setidaknya tiga kali penurunan suku bunga pada 2024, dengan asumsi kenaikan 25 basis poin. Jumlah itu kurang dari harga pasar, tetapi lebih agresif dari apa yang diindikasikan oleh pejabat sebelumnya.

Pasar telah antisipasi secara luas keputusan untuk tetap mempertahankan suku bunga itu yang dapat mengakhiri siklus kenaikan suku bunga sebanyak 11 kali, mendorong suku bunga the Fed ke level tertinggi lebih dari 22 tahun.

Namun, terdapat ketidakpastian mengenai seberapa ambisius FOMC melonggarkan kebijakan moneter. Di sisi lain, seiring keputusan tersebut, indeks Dow Jones melonjak lebih dari 400 poin, melampaui 37.000 untuk pertama kalinya.

Dot plot komite mengenai ekspektasi masing-masing anggota menunjukkan empat kali pemangkasan suku bunga pada 2025. Kemudian tiga kali pengurangan suku bunga pada 2026 sehingga akan menurunkan suku bunga menjadi 2-2,25 persen, mendekati perkiraan jangka panjang.

Mengutip CNN, sejumlah ekonom menuturkan, tahap terakhir perjuangan atasi inflasi akan menjadi tahap tersulit the Fed. Dalam konferensi pers, ketua the Fed Jerome Powell kembali menegaskan, kenaikan suku bunga tambahan masih mungkin dilakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


The Fed Beri Hadiah ke Wall Street

Pasar Saham AS atau Wall Street.Unsplash/Aditya Vyas
Pasar Saham AS atau Wall Street.Unsplash/Aditya Vyas

Namun, wall street tidak percaya akan hal ini. Berdasarkan kontrak berjangka, penurunan suku bunga pertama dapat terjadi pada Maret 2024, meski kemungkinan penurunan suku bunga pada Mei 2024 sedikit lebih baik. Saham tetap menguat meski Powell menuturkan, kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Pernyataan bank sentral pasca-pertemuan mencatat “inflasi telah menurun selama setahun terakhir tetapi tetap tinggi,” yang merupakan perubahan dari kalimat biasa yang hanya menyatakan bahwa “inflasi tetap tinggi.”

"The Fed telah memberikan pasar hadiah liburan awal hari ini (Rabu waktu setempat-red), akhirnya untuk pertama kalinya, mereka berkomentar positif mengenai inflasi,” ujar Presiden of Bolvin Wealth Management Group Gina Bolvin.

Ia menuturkan, the Fed tampaknya bergerak ke ara pasar. Akan tetapi bukan pasar yang bergerak ke arah the Fed. “Reli sinterklas mungkin akan terus berlanjut,” ujar dia.

Ketua the Fed Jerome Powell dihujani pertanyaan dari wartawan mengenai pendekatan bank sentral terhadap penurunan suku bunga. Powell menuturkan, belum ada yang deklarasikan kemenangan. Hal itu merupakan hal yang terlalu dini. Namun, ia mengakui sudah ada diskusi penurunan suku bunga.

 


Kriteria Penurunan Suku Bunga

Ilustrasi wall street (Photo by Robb Miller on Unsplash)
Ilustrasi wall street (Photo by Robb Miller on Unsplash)

“Pertanyaan mengenai kapan waktu yang tepat untuk mulai menarik kembali kebijakan, hal itu mulai terlihat dan jelas menjadi topik diskusi di dunia saat ini dan juga menjadi diskusi kami pada pertemuan hari ini,” ujar dia.

Pertanyaan bagi the Fed, apa kriteria penurunan suku bunga?

“Anda ingin mengurangi pembatasan ekonomi jauh sebelum 2 persen. Menunggu untuk menurunkan suku bunga hingga inflasi mencapai 2 persen sudah terlambat,” ujar Powell.

Perkiraan terbaru the Fed juga menunjukkan kalau akan ada lebih banyak penurunan suku bunga pada 2024 dibandingkan perkiraan sebelumnya. Penurunan 75 basis poin pada 2024. Hal ini menjadi pertanda baik bagi perumahan Amerika Serikat yang dibekukan karena tingginya suku bunga hipotek dan lemahnya permintaan.

Mengutip CNN, secara umum ada berbagai alasan mengapa the Fed mulai turunkan suku bunga. Salah satu alasannya adalah karena kemerosotan ekonomi meningkatkan pengangguran dan alasannya adalah karena inflasi kembali ke target the Fed 2 persen atau sedang menuju target itu.

 


Berharap Soft Landing

Wall Street
Pedagang bekerja di New York Stock Exchange, New York, 10 Agustus 2022. (AP Photo/Seth Wenig, file)

Tidak menurunkan suku bunga bunga dalam skenario ini berarti perekonomian akan terbebani suku bunga lebih tinggi dan inflasi rendah.

Powell menuturkan, pejabat “sangat sadar” akan kenaikan suku bunga yang disesuaikan dengan inflasi. Hal ini tampaknya menjadi salah satu hal yang akan dipertimbangkan oleh the Fed ketika menentukan penurunan suku bunga.

The Fed juga dapat menurunkan suku bunga jika inflasi turun di bawah 2%, serupa dengan tahun-tahun menjelang pandemi Covid-19.

Untuk saat ini, beberapa pihak berharap bank sentral sedang mencapai soft landing yang sulit dicapai – sebuah skenario di mana inflasi kembali ke target The Fed tanpa peningkatan tajam dalam pengangguran. Prestasi seperti ini sangat jarang terjadi, bahkan ada yang mengatakan hal ini hanya terjadi sekali pada tahun 1990an. Ada pula yang berpendapat bahwa pendaratan lunak (soft landing) lebih umum terjadi.

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya