Erick Thohir Kejar Target Proyek Strategis BUMN, Pengamat Beri Catatan Penting

Menteri BUMN Erick Thohir mencatat ada 88 proyek strategis BUMN yang ditangani, namun masih tersisa 9 proyek yang harus diselesaikan tahun ini.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 04 Jan 2024, 18:15 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2024, 18:15 WIB
Ketum PSSI Erick Thohir Gandeng Kapolri Beri Kartu Merah untuk Mafia Bola
Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan konferensi pers tentang penegakan hukum match fixing di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (19/2/23). Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan langkah tegasnya untuk membabat habis mafia sepak bola. Menurut Erick, praktik mafia sepakbola harus diganjar sanksi tegas secara hukum. Oleh karena itu, Erick menggandeng Polri dengan instrumen yang dimilikinya untuk mengungkap sekaligus menyeret oknum mafia ke jeruji besi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir mencatat ada 88 proyek strategis BUMN yang ditangani, namun masih tersisa 9 proyek yang harus diselesaikan tahun ini. Ada sejumlah proyek BUMN hal yang dinilai perlu lebih didahulukan agar target itu bisa dicapai.

Diketahui, 79 proyek strategis BUMN sudah rampung hingga 2023 lalu. Terbaru, Erick membidik sedikitnya ada 7 dari 9 sisanya yang bisa dikejar untuk selesai di sisa masa jabatannya.

Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia Tono Pranoto memberikan catatan penting. Dia menyoroti sejumlah proyek yang seharusnya bisa lebih dulu diselesaikan. Alhasil, target yang dibidik Erick Thohir bisa tercapai.

"Menurut saya fokus pada penyelesaian restrukturisasi BUMN. Tujuannya perbaikan fundamental tingkat kesehatan BUMN," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (4/1/2024).

Portofolio BUMN Lebih Sehat

Toto mengatakan, hal itu berarti akan membuat portofolio BUMN menjadi lebih sehat pada saat perpindahan pemerintahan nantinya.

"Jadi saat hand over ke pemerintahan baru akan diwariskan lebih banyak BUMN yang statusnya sehat," ungkapnya.

Toto melihat proyek hilirisasi mineral perlu dipercepat dalam lingkup proyek ini. Mengingat lagi hilirisasi merupakan salah satu fokus pemerintah saat ini.

"Proyek unlock potential values BUMN mungkin yang harus dipercepat dan memberikan quick win lebih banyak. Misal proyek hilirisasi produk mineral," tegasnya.

 


Bisa Dicapai

Menteri BUMN Erick Thohir telah bertemu dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas dan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Kamis (4/1/2024).
Menteri BUMN Erick Thohir telah bertemu dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas dan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Kamis (4/1/2024).

Dia memandang fokus proyek strategis ini bisa rampung. Mengingat banyak proyek yang sifatnya jangka panjang. Dengan begitu, tersisa beberapa langkah finalisasi saja.

"Ya menurut saya target itu bisa diselesaikan karena sebagian juga merupakan proyek bersifat multi years yang sudah dikerjakan dari tahun-tahun sebelumnya," kata Toto.

Lebih lanjut, Toto memberikan contoh sejumlah proyek strategis BUMN yang dilakukan secara multi tahun. Misalnya, restrukturisasi lewat pembentukan holding.

Dia mengatakan, langkah selanjutnya bisa dengan menggaet investor strategis. Harapannya, BUMN tersebut bisa semakin sehat dan berkembang.

"Contoh proyek subholding Sugar Co atau Palm Co di bawah holding PTPN saat ini secara kelembagaan sudah berdiri, tinggal mencari nanti strategic investor mana yang bisa dijadikan mitra misalnya," ungkap dia.

 


Erick Thohir Kejar Target

Menteri BUMN Erick Thohir mengumpulkan 42 direksi dari lembaga-lembaga dana pensiun (Dapen) di lingungan BUMN. (Dok Kementerian BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir mengumpulkan 42 direksi dari lembaga-lembaga dana pensiun (Dapen) di lingungan BUMN. (Dok Kementerian BUMN)

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan ada 88 proyek strategis yang ditangani perusahaan pelat merah. Ditargetkan hampir seluruhnya bisa rampung di tahun ini.

Erick Thohir mengatakan, dari 88 proyek itu, sudah ada 79 proyek strategis BUMN yang selesai hingga 2023 lalu. Dia pun memasang target untuk menyelesaikan setidaknya 7 dari 9 proyek yang tersisa di 2024 ini.

"Untuk kerjaan BUMN yang 88 project yang saya paparkan ke bapak Presiden waktu itu 79 sudah tuntas," ujar Erick disela-sela Peresmian Media Center Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/1/2024).

Dengan demikian, persentase capaian proyek strategis BUMN bisa mencapai 99 persen. Menurutnya angka ini menjadi satu tantangan yang terbilang tidak mudah.

"Tinggal 9 lagi mudah-mudahan paling tidak kalau (dari) 9 ini selesai 7, itu 99 persen, saya rasa sebuah target yang tidak mudah buat kita semua," ungkap Erick.

 


Transformasi Menyeluruh

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam Peresmian Media Center Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/1/2024). (Arief/Liputan6.com)
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam Peresmian Media Center Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/1/2024). (Arief/Liputan6.com)

Erick mengatakan proses transformasi BUMN perlu dilakukan secara menyeluruh. Kendati begitu, setiap prosesnya berjalan secara bertahap.

"Jadi ini kita coba semua, jadi memang membentuk transformasi itu tidak hanya bisa 'oh di titik ini' tapi mau tidak mau harus semua menyeluruh, tinggal titik-titiknya diisi secara bertahap," ungkap Erick.

"Tapi kalo bisa ada progresnya. Jadi nanti kita diskusi lagi," imbuh Ketua Umum PSSI ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya