Keluarga Terkaya di Inggris Ini Lebih Banyak Keluar Duit untuk Merawat Anjing Dibanding Asisten Rumah Tangga

Keluarga terkaya di Inggris, Hinduja memiliki kekayaan bersih 37 miliar Poundsterling atau sekitar Rp 768,9 triliun.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 20 Jun 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi miliarder (iStock)
Salah satu jaksa paling terkenal di Jenewa, Yves Bertossa, menyoroti pengeluaran keluarga terkaya di Inggris ini sebesar zUSD 10.000 atau Rp163,5 juta per tahun untuk anjing peliharaan. Ilustrasi miliarder (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Empat anggota keluarga terkaya di Inggris, yakni Keluarga Hinduja menghadapi sidang pengadilan di Swiss terkait tuduhan mengeluarkan lebih banyak uang untuk merawat anjing peliharaan daripada Asisten Rumah Tangga (ART) yang mereka pekerjakan.

Melansir BBC, Kamis (20/6/2024) Keluarga Hinduja dengan kekayaan bersih 37 miliar Poundsterling atau sekitar Rp 768,9 triliun, dituduh melakukan tindak pidana eksploitasi dan perdagangan manusia.

Dakwaan terhadap keluarga tersebut bermula tentang praktik impor ART dari India untuk menjaga anak-anak dan rumah mereka, berlokasi di kawasan Cologny di Jenewa.

Meskipun penyelesaian finansial atas eksploitasi telah dicapai pekan lalu, Keluarga Hinduja kini masih diadili atas tuduhan perdagangan manusia, yang merupakan pelanggaran pidana serius di Swiss. 

Prakash dan Kamal Hinduja, bersama putra mereka Ajay dan istrinya Namrata, dituduh menyita paspor staf ART, membayar upah hanya 7 Poundsteling untuk 18 jam sehari, dan memberi sedikit kebebasan untuk meninggalkan rumah.

Sementara itu, salah satu jaksa paling terkenal di Jenewa, Yves Bertossa, menyoroti pengeluaran bernilai USD 10.000 atau Rp.163,5 juta per tahun untuk anjing peliharaan.

Bertossa menyerukan hukuman penjara, dan kompensasi jutaan dolar serta biaya hukum.

Pembelaan pihak Keluarga Hinduja

Sejauh ini, keluarga itu membantah tuduhan tersebut.

Pengacara keluarga Hinduja tidak secara spesifik membantah tuduhan pembayaran upah ART rendah, namun mengatakan bahwa tuduhan tersebut harus dilihat dalam konteksnya, mengingat bahwa para staf Keluarga Hinduja juga menerima akomodasi dan makanan.

Tuduhan jam kerja yang panjang juga diperdebatkan, dengan salah satu pengacara berargumentasi bahwa menonton film bersama anak-anak Hinduja tidak dapat digolongkan sebagai pekerjaan.

Selain pengacara, beberapa mantan ART Keluarga Hinduja juga memberikan kesaksian, mengatakan bahwa keluarga tersebut cukup ramah dan memperlakukan ART mereka dengan bermartabat.

Namun tuduhan adanya penyitaan paspor para ART, dan tidak boleh keluar rumah tanpa izin merupakan tuduhan yang serius, karena dapat dianggap sebagai perdagangan manusia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Beragam Kasus Terkait ART di Jenewa

Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik

Ini bukan pertama kalinya Jenewa, yang merupakan pusat organisasi internasional dan juga negara-negara kaya di dunia, menjadi sorotan atas dugaan penganiayaan terhadap para ART.

Pada tahun 2008, Hannibal Gaddafi, putra mantan Presiden Libya Muammar Gaddafi, ditangkap di sebuah hotel bintang lima di Jenewa berdasarkan informasi bahwa ia dan istrinya telah memukuli ARTmereka, termasuk dengan gantungan baju. Kasus ini kemudian dibatalkan.

Namun hal ini menyebabkan pertikaian diplomatik besar antara Swiss dan Libya, dengan dua warga negara Swiss ditangkap di Tripoli sebagai tindakan pembalasan.

Tahun lalu, empat ART asal Filipina mengajukan kasus terhadap salah satu misi diplomatik Jenewa untuk PBB, dengan menyatakan bahwa mereka belum dibayar selama bertahun-tahun.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya