Upacara Bendera HUT Ke-79 RI di IKN Nusantara Tinggal Hitungan Hari, Intip Persiapannya

Dalam hitungan hari, Upacara Bendera Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT ke-79 Kemerdekaan RI) di Nusantara akan segera dilaksanakan. Penyelenggaraan Upacara Bendera HUT ke-79 Kemerdekaan RI mendatang di Nusantara merupakan momentum penting.

oleh Septian Deny diperbarui 02 Agu 2024, 16:10 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2024, 16:10 WIB
Kesiapan jelang seremoni perayaan HUT RI ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024. (Foto: Otorita IKN)
Kesiapan jelang seremoni perayaan HUT RI ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024. (Foto: Otorita IKN)

Liputan6.com, Jakarta Dalam hitungan hari, Upacara Bendera Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT ke-79 Kemerdekaan RI) di Nusantara akan segera dilaksanakan. Penyelenggaraan Upacara Bendera HUT ke-79 RI mendatang di Nusantara merupakan momentum penting.

Tak hanya sebagai simbol semangat juang dan persatuan Indonesia, upacara bendera tahun ini merupakan bagian dari sejarah perpindahan Ibu Kota Indonesia ke IKN Nusantara. Rencananya, Upacara Bendera akan berlangsung di lapangan upacara yang terletak di Kawasan Istana Negara, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Nusantara.

Sementara itu, Persiapan jelang upacara bendera juga dilakukan dengan matang oleh Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Saat ini, para Paskibraka tengah mengikuti tahap pendidikan dan pelatihan (diklat) tingkat pusat di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta. Persiapan juga dilakukan oleh Purnapaskibraka tahun 2023 yang bertugas melakukan kirab bendera pusaka dan teks proklamasi dari Jakarta ke Nusantara. 

Setelah menjalankan tugas sebagai Paskibraka, para purna tetap menjalankan tugas dan kegiatan sebagai Duta Pancasila yang mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila di masyarakat.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, sebagai Government Public Relations menyelenggarakan pun konser musik Voice of Nusantara di Anjungan Sarinah, Jakarta.

“Voice of Nusantara ini untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus di IKN (Ibu Kota Nusantara/Nusantara). Dan untuk pertama kalinya, ada Upacara Bendera yang akan diselenggarakan di IKN,” ucap Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Empat Purnapaskibraka yang akan bertugas turut hadir di acara Voice of Nusantara dan membagikan pengalamannya, yaitu Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten, Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatra Selatan, Lilly Indriani Suparman Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan, dan Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pembangunan Nusantara

Pembangunan hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), atau rumah PNS dan TNI/Polri di Ibu Kota Nusantara (IKN). (Foto: Kementerian PUPR)
Pembangunan hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), atau rumah PNS dan TNI/Polri di Ibu Kota Nusantara (IKN). (Foto: Kementerian PUPR)

Semmentara itu, pembangunan Nusantara akan terus berlanjut, tidak hanya untuk menyambut Upacara Bendera HUT ke-79 Kemerdekaan RI, tetapi untuk mewujudkan Nusantara sebagai kota dunia untuk semua dengan konsep Smart Forest City.

Tenaga Ahli Pimpinan Bidang Kolaborasi dan Industri Kreatif Otorita IKN, Panji Himawan, menjelaskan bahwa Nusantara mengusung konsep yang pintar namun tetap ingin berdampingan dengan alam sekitarnya. Melalui konsep Smart Forest City, Nusantara diharapkan menjadi kota yang mengedepankan inklusi sosial dan modern, dengan tetap memperhatikan kelestarian dan keberlanjutan lingkungan.

Kementerian Kominfo terus berupaya menyebarluaskan pesan yang dibawa Nusantara, khususnya kepada generasi muda sebagai generasi penggerak dan penerus bangsa. Konser musik Voice of Nusantara menghadirkan grup musik ternama d’Masiv dan penyanyi muda Idgitaf. Sebagai pengisi acara, mereka turut memberikan dukungan dan harapan terhadap pembangunan Nusantara.

“Buat Ibu Kota Nusantara (IKN/Nusantara) kita, semoga bisa menjadi tempat yang bisa menyejahterakan masyarakat dan rakyat indonesia,” ucap sang vokalis, Ryan, bersama anggota d’Masiv lainnya.


Jokowi Akan Kukuhkan Paskibraka HUT ke-79 RI di IKN pada 12 Agustus 2024

Presiden Jokowi dan anggota Paskibraka Nasional 2023. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)
Presiden Jokowi dan anggota Paskibraka Nasional 2023. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 12 Agustus 2024. Berbeda dari tahun sebelumnya, pusat upacara HUT ke-79 RI akan digelar di IKN.

"Pengukuhan (Paskibraka) di Nusantara Tanggal 12 Agustus," dikutip dari keterangan resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Jumat (2/8/2024).

Adapun personel Paskibraka HUT ke-79 RI tetap berjumlah 76 orang, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Mereka berasal dari 38 provinsi di Indonesia.

"Sama seperti tahun sebelumnya, 76 orang (putera-puteri pelajar dari 38 provinsi)," ujarnya.

Nantinya, empat orang pembawa baki Paskibraka 2023 akan bertugas untuk kirab duplikat bendera pusaka dari Jakarta ke Nusantara.

"Tapi yang bertugas mengibarkan bendera adalah Paskibraka 2024 yang akan dikukuhkan," ujar BPIP.

Upacara Digelar Sangat Terbatas

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim) pada 17 Agustus 2024 akan digelar dengan sangat terbatas.

Menurut dia, tamu-tamu undangan HUT RI di IKN akan diprioritaskan untuk masyarakat Kalimantan Timur.

"Saya kembali tegaskan, upacara di IKN sangat-sangat terbatas dan diprioritaskan untuk masyarakat lokal di Kalimantan Timur, di Kabupaten sekitar dan juga ada di Balikpapan dan Samarinda," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/8/2024).

 


Transportasi Menuju IKN Masih Sangat Terbatas

Pembangunan hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), atau rumah PNS dan TNI/Polri di Ibu Kota Nusantara (IKN). (Foto: Kementerian PUPR)
Pembangunan hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), atau rumah PNS dan TNI/Polri di Ibu Kota Nusantara (IKN). (Foto: Kementerian PUPR)

Dia meminta masyarakat di luar Kalimantan Timur menahan diri apabila ingin menghadiri upacara HUT RI di IKN. Pasalnya, saat ini transportasi menuju IKN dari Kalimantan Timur masih sangat terbatas.

"Karena kalau pesertanya jauh dari luar artinya butuh transportasi, butuh akomodasi, baik transportasi antar kota, transportasi di internal Kalimantan Timur dan semuanya itu dengan segala keterbatasan. Dan kami mohon maaf sebesar-besarnya Bapak/Ibu yang berminat ke IKN ini harus menahan diri tahun depan saja," jelasnya.

"Karena ini akan sangat-sangat terbatas dan kita mayoritas peserta upacara yang jumlahnya cukup banyak mayoritas masyarakat lokal, karena infrastruktur yang cukup terbatas," sambung Pratikno.

 

Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya