Kemenhub Peringati Harhubnas 2024, Simak Sederet Kegiatannya

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan berbagai acara dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 18 Sep 2024, 22:17 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2024, 22:16 WIB
20151012-Kemenhub
Gedung Kemehub di Jakarta

 

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan berbagai acara dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai misalnya, menggelar aksi bersih pantai.

Kegiatan ini diadakan di sepanjang pantai dan dermaga Badan Usaha Pelabuhan (BUP), Terminal Khusus (TERSUS), dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) di Pelabuhan Dumai, serta diawali dengan seremoni di Dermaga D Pelindo, Dumai.

Kepala Kantor KSOP Kelas I Dumai, Capt. Diaz Saputra, menekankan pentingnya kesadaran bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Meskipun pemerintah telah memberikan fasilitas dan dukungan, tanggung jawab terbesar ada pada masyarakat untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, serta memilah sampah sesuai jenisnya," ujar Capt. Diaz, Rabu (18/9/2024).

Menurut data, setiap tahun berton-ton sampah, termasuk limbah plastik, mencemari pantai di seluruh dunia, mengancam ekosistem laut, serta merusak keindahan pantai.

"Kegiatan bersih pantai ini adalah langkah awal untuk mensinergikan seluruh pemangku kepentingan di pelabuhan dan industri terkait, demi menciptakan laut yang bersih dan sehat," tambah Capt. Diaz.

Lindungi Lingkungan

Dia juga menjelaskan bahwa menjaga kebersihan pantai bukan hanya melindungi keindahan alam dan lingkungan, tetapi juga memastikan keberlanjutan ekosistem laut, termasuk tumbuhan, hewan laut, dan ikan, yang sehat dan layak dikonsumsi manusia.

Selain itu, kebersihan pantai yang terjaga akan memastikan bahwa generasi mendatang dapat terus menikmati keindahan alam ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diapresiasi

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai misalnya, menggelar aksi bersih pantai di Hari Perhubungan Nasional 2024
Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai misalnya, menggelar aksi bersih pantai di Hari Perhubungan Nasional 2024

Kegiatan bersih pantai ini juga dihadiri oleh Wali Kota Dumai yang diwakili oleh Asisten II, Syahrinaldi, serta para pejabat pemerintahan daerah.

Syahrinaldi menyampaikan apresiasinya terhadap semua pihak yang terlibat dan berharap kegiatan ini dapat berlanjut untuk menjaga kebersihan pantai di Dumai.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk menjaga kebersihan pantai secara berkelanjutan," ucapnya.

Selain aksi bersih pantai, peringatan Harhubnas 2024 dimulai dengan upacara gabungan yang berlangsung di halaman Kantor KSOP Kelas I Dumai.

Upacara tersebut dihadiri oleh Kepala Distrik Navigasi Kelas I Dumai dan Dharma Wanita Persatuan. Kegiatan lainnya yang dilaksanakan adalah donor darah di Kantor Dinas Perhubungan Kota Dumai.

"Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi seluruh insan perhubungan dan stakeholder di bidang maritim untuk memeriahkan peringatan Harhubnas 2024," tutup Capt. Diaz.

Dengan berbagai aksi sosial yang melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan, KSOP Kelas I Dumai berharap dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan kelestarian pantai di wilayah Dumai.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya