Mendag: Berantas Impor Ilegal, Rasio Pajak Pemerintah Prabowo Naik

Mendag meyakini bahwa pemberantasan produk impor ilegal dapat mendorong pencapaian target rasio pajak terhadap produk domestik bruto (PDB)

oleh Tira Santia diperbarui 30 Sep 2024, 18:38 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2024, 18:35 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan di Kantor BPOM, Gedung Bhineka Tunggal Ika, Jakarta, Senin (30/9/2024). (Foto: Liputan6.com/Tira Santia)
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan di Kantor BPOM, Gedung Bhineka Tunggal Ika, Jakarta, Senin (30/9/2024). (Foto: Liputan6.com/Tira Santia)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meyakini bahwa pemberantasan produk impor ilegal dapat mendorong pencapaian target rasio pajak terhadap produk domestik bruto (PDB) atau tax ratio sebesar 12% pada 2025, di masa Pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Mendag mencatat bahwa hingga saat ini, produk impor ilegal mendominasi pasar Indonesia hingga 35 persen. Jika tidak segera ditangani, hal ini dikhawatirkan dapat mengganggu target pertumbuhan ekonomi sebesar 8 persen.

"Berkaitan dengan produk-produk ini, persentasenya yang sudah dipasarkan mencapai sekitar 35 persen. Oleh karena itu, program Pak Presiden Terpilih Prabowo ingin kita tumbuh 8 persen, dan juga ingin menaikkan tax ratio. Kalau ini bisa kita selesaikan—35 persen ini—maka tax ratio itu, kalau 1 persen saja dari sini (produk impor diberantas), bisa capai target," jelas Zulhas, Senin (30/9/2024).

Sederet Manfaatnya

Pria yang akrab disapa Zulhas ini menilai bahwa dengan memberantas produk impor ilegal, sejumlah manfaat positif akan dirasakan oleh Indonesia.

Di antaranya, perekonomian domestik yang semakin berkembang, target pertumbuhan ekonomi 8 persen tercapai, ekspor meningkat, dan tax ratio juga akan naik.

"Industri kita akan berkembang, perekonomian kita juga akan berkembang. Mudah-mudahan, seiring dengan pertumbuhan, salah satu pendukung untuk mencapai 8 persen adalah menyelesaikan masalah ini. Penguasaan pasar dalam negeri akan berkembang, sehingga kita bisa mendorong ekspor," tambah Mendag.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kosmetik Ilegal

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kembali menyita terhadap produk besi baja siku di Cikarang Utara, Kamis (26/9/2024). (Foto: Liputan6.com/Arief RH)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kembali menyita terhadap produk besi baja siku di Cikarang Utara, Kamis (26/9/2024). (Foto: Liputan6.com/Arief RH)

Sejalan dengan hal itu, Mendag Zulkifli Hasan bersama Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Taruna Ikrar, menggelar ekspos terkait Hasil Pengawasan Terhadap Barang Tertentu yang diberlakukan Tata Niaga Impor untuk komoditas kosmetik.

Mendag menjelaskan bahwa produk kosmetik impor ilegal berhasil diamankan dalam operasi ini di berbagai wilayah seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, NTT, Sulawesi, dan lainnya.

Adapun hasil temuan produk kosmetik impor ilegal yang diamankan mencapai 970 item, dengan total 415 ribu pcs, senilai Rp 11,4 miliar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya