BTN Komitmen Ciptakan SDM Unggul Demi Indonesia Emas 2045

Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu, menegaskan bahwa BLF 2024 mencerminkan komitmen BTN dalam menciptakan SDM unggul yang didukung oleh nilai AKHLAK.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 15 Okt 2024, 23:32 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2024, 23:26 WIB
Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu
Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu (dok: BTN)

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dipercaya menjadi tuan rumah acara puncak BUMN Learning Festival (BLF) 2024 sebagai bagian dari komitmennya dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk mendukung visi Indonesia Emas 2045. Acara yang diadakan pada 15 Oktober 2024 di Menara BTN, Jakarta Pusat ini mengusung tema "Be Agile, Be a Lifelong Learner".

BLF 2024 digelar oleh Kementerian BUMN bekerja sama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan BUMN School of Excellence (BSE).

Tujuannya adalah meningkatkan kapabilitas SDM BUMN secara berkelanjutan, sesuai dengan core values AKHLAK yang menekankan kompetensi serta prinsip Employee Value Proposition (EVP) BUMN: Belajar, Bertumbuh, dan Berkontribusi untuk Indonesia.

Tedi Bharata, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Kementerian BUMN untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan para karyawan BUMN.

"Melalui BLF 2024, kami menerapkan nilai AKHLAK, khususnya kompeten, dengan mendorong budaya pembelajaran berkelanjutan agar SDM BUMN siap menghadapi tantangan masa depan," ujar Tedi, dalam keterangannya, 

Kementerian BUMN menetapkan AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) sebagai nilai utama insan BUMN sejak 2020. Nilai-nilai ini menjadi panduan bagi seluruh SDM BUMN untuk bekerja produktif dan berkontribusi positif bagi negara.

Produktivitas 

Menurut Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Kementerian BUMN 2023, produktivitas SDM BUMN mencapai Rp7,61 miliar per orang, melampaui target sebesar Rp6,96 miliar per orang.

Agus Dwi Handaya, Ketua Umum FHCI, mengungkapkan bahwa tema "Be Agile, Be a Lifelong Learner" bertujuan mendorong insan BUMN untuk terus belajar dan beradaptasi.

"Investasi terbesar adalah pada diri sendiri. Dengan adanya BUMN Learning Festival 2024, kami berharap dapat memfasilitasi insan BUMN untuk terus berkembang dan mengasah kompetensinya," jelas Agus.

 

Transformasi BTN

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Nixon LP Napitupulu, dalam acara BUMN Learning Festival di Menara BTN, Jakarta, Selasa (15/10/2024). (Tira/Liputan6.com)
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Nixon LP Napitupulu, dalam acara BUMN Learning Festival di Menara BTN, Jakarta, Selasa (15/10/2024). (Tira/Liputan6.com)

Menghadapi tantangan global yang kompleks seperti VUCA (Vulnerability, Uncertainty, Complexity, Ambiguity), ESG (Environmental, Social, Governance), dan Industri 4.0, BUMN, termasuk BTN, terus bertransformasi menjadi lebih dinamis, relevan, dan progresif dengan AKHLAK sebagai pondasi utama.

Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu, menegaskan bahwa BLF 2024 mencerminkan komitmen BTN dalam menciptakan SDM unggul yang didukung oleh nilai AKHLAK.

"SDM unggul BTN akan mendorong sektor perumahan, yang memiliki dampak besar terhadap 185 sektor lainnya dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Nixon.

Berdasarkan kajian dari Housing Finance Center BTN, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta menambah output ekonomi nasional sebesar Rp2,46 triliun.

Acara puncak BLF 2024 juga dihadiri oleh Muhammad Rizal Kamal, Asisten Deputi SDM Kementerian BUMN, serta seluruh insan BUMN yang berkomitmen menjadi Super Learner dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya