Profil Amran Sulaiman, Kembali Jabat Menteri Pertanian di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Andi Amran Sulaiman kembali menjadi Menteri Pertanian (Mentan) pada Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto. Ini bukan kali pertama Amran Sulaiman menjabat sebagai mentan. Pada era Kabinet Kerja periode 2014-2019 dan periode akhir Presiden Jokowi, ia menjabat sebagai Menteri Pertanian.

oleh Septian Deny diperbarui 20 Okt 2024, 22:27 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 21:50 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman  saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Fraksi Partai Gerindra Komisi IV DPR RI bertajuk 'Strategi Mewujudkan Swasembada Pangan Menuju Indonesia Emas 2045' di Gedung DPR RI (Istimewa)
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Fraksi Partai Gerindra Komisi IV DPR RI bertajuk 'Strategi Mewujudkan Swasembada Pangan Menuju Indonesia Emas 2045' di Gedung DPR RI (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Andi Amran Sulaiman kembali menjadi Menteri Pertanian (Mentan) pada Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto. Ini bukan kali pertama Amran Sulaiman menjabat sebagai mentan. Pada era Kabinet Kerja periode 2014-2019 dan periode akhir Presiden Jokowi, ia menjabat sebagai Menteri Pertanian.

Berikut profil Amran Sulaiman yang dikutip dari Antara:

Amran Sulaiman lahir di Bone, Sulawesi Selatan, 27 April 1968. Ia pernah bekerja di PTPN XIV dan sempat menjabat sebagai kepala bagian logistik di BUMN tersebut.

Usai berkarier di PTPN, Amran membuat beragam inovasi di bidang pertanian sesuai dengan jurusan kuliahnya di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Selain itu, ia termasuk penemu sekaligus penerima hak paten ala tempos tikus “Alpostran”. Sejak itu, Amran mengembangkan usaha dan melebarkan bidang bisnis yakni produsen pestisida, perkebunan kelapa sawit, gula, tambang nikel, tambang emas, dan SPBU. Semua usaha itu di bawah bendera grup Tiran.

Ia terpilih menjadi Menteri Pertanian pada Kabinet Kerja periode 2014-2019. Hingga akhir menjabat, Amran memiliki kekayaan mencapai Rp 278,58 miliar. Hal itu berdasarkan laporannya pada 30 Oktober 2019, yang termasuk jenis laporan khusus-akhir menjabat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Rincian Harta Kekayaan Amran Sulaiman

Sertijab Wakil Menteri Pertanian
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memberikan sambutan saat serah terima jabatan Wakil Menteri Pertanian di Gedung A Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat, (19/7/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Amran Sulaiman memiliki 13 bidang tanah dan bangunan senilai Rp 42,24 miliar. Tanah dan bangunan itu sebagian besar dari hasil sendiri yang tersebar di Makassar dan Gowa. Selain itu, ia memiliki alat transportasi dan mesin senilai Rp 3,42 miliar. Berikut rinciannya:

  • Mobil Hummer Jeep tahun 2009 senilai Rp 2,5 miliar
  • Mobil Toyota Camry sedan tahun 2005 senilai Rp 300 juta
  • Mobil Toyota Fortuner Jeep tahun 2006 senilai Rp 450 juta
  • Mobil Toyota Kijang Innova tahun 2005 senilai Rp 170 juta

Selain itu, Amran juga memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp 281,73 juta dan surat berharga Rp 205,53 juta. Ia juga mengantongi kas dan setara Rp 28,35 miliar. Selain itu, harta lainnya Rp 38 juta.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya