Diwarnai Penalti Gagal,Fiorentina vs Roma Berakhir Tanpa Pemenang

Kedua tim bermain imbang 1-1.

oleh Juprianto Alexander Sianipar diperbarui 13 Mar 2015, 05:09 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2015, 05:09 WIB
Seydou Keita
Seydou Keita (GABRIEL BOUYS / AFP)

Liputan6.com, Firenze - Fiorentina harus puas dengan skor 1-1 usai bermain imbang 1-1 dengan AS Roma pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa di Artemio Franchi, Firenze, Jumat (13/3/2015) dinihari WIB.

Hasil imbang ini jelas merugikan bagi Fiorentina. Sedangkan bagi Roma berhasil mencetak gol di kandang lawan menjadi keuntungan tersendiri menyambut leg kedua, pekan depan.

Bermain di hadapan publik sendiri, 'I Viola' tampil menyerang. Hasilnya, beberapa peluang didapat termasuk tendangan David Pizarro pada menit ke-14 yang masih melebar di samping gawang Roma.

Selepas peluang yang terbuang itu, anak asuh Vincenzo Montella akhirnya unggul 1-0. Umpan tanggung Daniele De Rossi berhasil dipotong oleh winger Fiorentina Mohamed Salah yang langsung memberikan umpan matang kepada Josip Ilicic di kotak penalti. Tanpa kesulitan berarti, pemain serbabisa Slovenia menjebol gawang tim tamu yang dikawal Lukasz Skorupski pada menit ke-17.

Unggul satu gol, Fiorentina makin menggebu melakukan serangan. Kali ini Basanta mendapatkan peluang untuk memperbesar skor tapi tendangannya masih tinggi di atas mistar gawang.

Terus menerus ditekan, Roma yang harus kehilangan  De Rossi dan Kostas Manolas di pertengahan babak pertama akibat cedera coba mencari gol penyeimbang. Peluang didapat melalui Radja Nainggolan. Tapi, sepakan pemain berdarah Indonesia memanfaatkan umpan datar Adem Ljajic masih melebar.

Jelang akhir babak pertama, Roma membuang peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Bola muntah hasil tendangan Alessandro Florenzi menghampiri Ljajic.

Sayang, tendangan pemain asal Montenegro justru melambung di atas mistar. Padahal, kiper Fiorentina Norberto Neto sudah mati langkah. Skor 1-0 bertahan hingga paruh pertama berakhir.

Lanjut ke halaman berikutnya -->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jalannya Babak Kedua

Pada babak kedua, Roma yang tertinggal di paruh pertama coba mengambil inisiatif serangan. Hasilnya, pada menit ke-59 Roma mendapatkan hadiah penalti setelah Iturbe dijatuhkan oleh Neto di dalam kotak penalti.

Sial bagi Roma, Ljajic yang maju sebagai eksekutor tidak mampu menaklukkan Neto. Tendangannya ke pojok kanan gawang mampu dibaca secara sempurna oleh kiper asal Brasil.

Empat menit pasca kegagalan penalti itu, giliran Fiorentina yang mengancam gawang Roma melalui Ilicic. Sayang, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih menyamping di sisi kiri gawang Roma.

Di menit ke-77, Roma akhirnya mampu menyamakan skor menjadi 1-1. Sepak pojok Florenzi mampu dikonversi menjadi gol oleh Seydou Keita. Tandukan terarahnya dari jarak dekat tidak mampu diantisipasi Neto. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Fiorentina (4-3-3) : Neto; Tomovic, Gonzalo, Basanta, Alonso; Badelj, Pizarro/ Fernandez (45), Borja Valero/ Aquilani (72); Joaquin, Ilicic/ Babacar (81), Salah

Roma (4-3-3) : Skorupski; Torosidis, Manolas/ Astori (26), Yanga-Mbiwa, Cholevas; Nainggolan, De Rossi/ Pjanic (23), Keita; Florenzi, Ljajic/ Gervinho (75), Iturbe

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya