MotoGP Austin: Sebelum Jatuh, Motor Rossi Juga Bermasalah

Valentino Rossi gagal finis saat tampil di Sirkuit Austin.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 11 Apr 2016, 12:10 WIB
Diterbitkan 11 Apr 2016, 12:10 WIB
MotoGP Austin: Rossi Akui Terjatuh Akibat Kesalahan Sendiri
Valentino Rossi mengakui crash yang dialaminya pada lap ketiga MotoGP Austin murni akibat kesalahannya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Valentino Rossi mengungkapkan masalah yang dihadapinya saat balapan di Austin, Minggu (10/4/2016). Pembalap Movistar Yamaha tersebut gagal finis setelah terjatuh pada lap ketiga.

Rossi sebenarnya mengawali lomba dari posisi yang tidak terlalu buruk. Pembalap asal Italia tersebut start dari urutan ketiga, sementara pole position ditempati oleh rivalnya, Marc Marquez. 

Baca Juga

  • MotoGP Austin: Ekspresi Dovi Disenggol Jatuh Dua Kali
  • Gaya Serius Mourinho Tonton Petinju Adu Jotos
  • Marquez Sang Raja MotoGP Austin dan Bayang-bayang Rossi

Namun lampu start menyala, Rossi tampak kesulitan menggeber tunggangannya. Dia bahkan melorot hingga ke posisi enam sebelum kemudian mengalami kecelakaan saat memasuki lap ketiga. Ini merupakan gagal finis pertama Rossi sejak seri Aragon, Spanyol, September 2014 lalu. 

"Untungnya saya baik-baik saja, sebab tikungan itu sangat cepat," kata Rossi dilansir Soccerway."Itu kecelakaan yang 'baik'," kata pembalap yang dijuluki The Doctor tersebut menambahkan.

Rossi mengungkapkan, dia telah melakukan kesalahan kecil di awal lomba. Akibatnya, dia harus membayarnya dengan kegagalan naik podium. "Sayang, saya membakar kopling motor saya saat start, dan saya sangat menderita di dua lap pertama karena kopling selip," kata Rossi.

"Jadi saya harus mengurangi kecepatan saya di jalur lurus, sehingga pembalap lain mendahului saya. Saya berusaha setenang mungkin dan konsentrasi, sebab saya tahu kopling biasanya akan kembali normal saat kembali dingin dan faktanya saya jadi lebih baik," ujar The Doctor.

Lepas dari masalah kopling, Rossi kembali membuat kesalahan. Saat melintasi tikungan kedua, dia gagal mengendalikan kendaraannya, sehingga terjatuh dan gagal melanjutkan lomba.

"Bagi saya, kendaraan normal, tentu saja saya buat kesalahan. Mungkin saya masuk terlalu cepat dan sedikit terlalu dalam. Itu memalukan sebab pekan ini kami bekerja sangat baik dan kami sangat kompetitif. Saya harusnya bisa balapan lebih baik, tapi saya melakukan kesalahan," kata Rossi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya