Olimpiade Rio: Luar Biasa, Phelps Rebut 2 Emas dalam Sehari

Dalam rentang satu jam, perenang Amerika Serikat tersebut harus tampil di dua nomor secara beruntun.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 10 Agu 2016, 11:50 WIB
Diterbitkan 10 Agu 2016, 11:50 WIB
Perenang Amerika Serikat Michael Phelps saat berlomba gaya kupu-kupu pria 200 meter pada ajang Olimpiade 2016. (Foto: Time)
Perenang Amerika Serikat, Michael Phelps sukses merebut dua emas dalam sehari.

Liputan6.com, Jakarta - Laju Michael Phelps dalam mengumpulkan pundi-pundi Olimpiade belum terbendung. Itu setelah perenang Amerika Serikat tersebut kembali merebut dua emas pada Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, 2016.

Phelps yang tampil di nomor 200 meter gaya kupu-kupu putra berhasil finis pertama sekaligus mengamankan emas dari nomor ini. Bagi perenang veteran tersebut, ini merupakan medali emas kedua yang diraih selama tampil di Rio de Janeiro, sekaligus medali emas ke-20 yang dikumpulkannya sepanjang tampi di Olimpiade.

Tampil di Olympic Aquatics Stadium, Selasa (9/8/2016), Phelps mendapat perlawanan ketat dari perenang Jepang, Masato Sakai. Phelps akhirnya finish lebih dulu dengan catatan waktu 1 menit 53,36 detik. Sedangkan Sakai hanya terpaut 0,04 detik sehingga sulit melihat siapa yang lebih dulu menyentuh dinding.

Di nomor ini, Phelps juga berhasil 'balas dendam' kepada Le Clos yang mengalahkannya di Olimpiade London 2012 lalu. Di hadapan kedua orangtuanya yang menderita kanker, Le Clos malah gagal mendulang medali. Perenang asal Afrika Selatan tersebut hanya mampu berhasil finis di posisi keempat.  

Setelah memenangkan nomor 200 meter gaya kupu-kupu putra, Phelps segera bergegas menuju ruang ganti. Pasalnya dia harus mempersiapkan diri untuk tampil lagi di nomor 4x200 meter putra dan berhasil merebut emas. Dengan demikian, koleksi emas Olimpiade perenang kelahiran 30 Juni 1985 itu bertambah jadi 21. 

Sebelumnya, Phelps juga berhasil meraih emas di nomor 4x100 meter gaya bebas estafet putra. 

Prestasi Phelps sejauh ini terbilang mengejutkan. Sebab perenang yang sudah berusia 31 tahun itu sempat menyatakan pensiun usai tampil di Olimpiade London 2012. Namun setahun sebelum Olimpiade Rio, Phelps memutuskan kembali ke kolam. Dengan persiapan yang singkat, banyak yang mulai meragukannya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya