Final Piala Presiden 2019: Aremania dan Bonek Diharapkan Hadir di Laga Tandang

Final Piala Presiden 2019 mempertemukan Persebaya Surabaya dan Arema FC.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 06 Apr 2019, 23:15 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2019, 23:15 WIB
Piala Presiden 2019
Piala Presiden 2019. (Ist(

Liputan6.com, Jakarta - Organizing Committe (OC) Piala Presiden 2019 berharap pendukung Persebaya Surabaya dan Arema FC bisa menyemangati tim kesayangan saat melakoni laga tandang pada laga final. 

Berdasar undian lokasi final, Sabtu (6/4/2019), Persebaya menjamu Arema FC pada leg pertama Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 9 April.

Arema FC kemudian ganti menyambut kehadiran Persebaya pada turnamen yang disiarkan Indosiar ini di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada 12 April.

"Tentunya kami berharap suporter kedua finalis bisa datang saat partai tandang. Namun semua kembali tergantung rekomendasi seluruh pihak yang terlibat," kata Competition Manager Piala Presiden 2019 Dessy Arfianto usai undian.

Kehadiran Aremania di GBT dan bonek di Kanjuruhan pada final Piala Presiden 2019 menjadi tanda tanya mengingat rivalitas kedua tim. "Yang jelas tuan rumah wajib memberi kuota lima persen kapasitas stadion untuk pendukung tamu," ungkap Dessy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persiapan Tuan Rumah

Persebaya Surabaya
Persebaya merayakan kelolosan ke final Piala Presiden 2019. (Bola.com/Aditya Wany)

OC menyerahkan keputusan terkait suporter tamu berdasar kesepakatan bersama. Mereka sebelumnya sudah meminta para semifinalis untuk bersiap menjadi tuan rumah jika lolos ke final. 

"Kami memberi pesan agar mereka berbenah dan mengurus semua hal, termasuk izin dan pengaturan keamanan, mengantisipasi tampil di partai pamungkas. Kami berharap semua nanti lancar," ungkap Dessy.

Tidak seperti tiga edisi sebelumnya, final Piala Presiden tahun ini menggunakan sistem kandang dan tandang. Perubahan dilakukan demi menampung antusiasme suporter finalis. 


Jejak Finalis

Arema FC coba mengulang kesuksesan ketika memenangkan edisi 2017. Mereka lolos ke babak gugur Piala Presiden 2019 sebagai runner-up Grup E. Singo Edan lalu mengalahkan Bhayangkara FC (4-0) dan Kalteng Putra (agregat 6-0) untuk mencapai final.

Sedangkan final 2019 merupakan capaian terbaik Persebaya selama mengikuti Piala Presiden. Bajul ijo menjuarai Grup A pada turnamen tahun ini, sebelum menyingkirkan PS Tira-Persikabo (3-1) dan Madura United (agregat 4-2) demi melaju ke laga puncak.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya