Rencana Meksiko Tuan Rumah MotoGP, Ini Permintaan Para Pembalap

Meksiko berpeluang masuk dalam kalender balap MotoGP, tapi masih bermasalah dengan level keselamatan pembalap.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Apr 2019, 20:15 WIB
Diterbitkan 25 Apr 2019, 20:15 WIB
Lewati Duel Sengit, Marquez Juara MotoGP Australia
Para pembalap MotoGP ingin peningkatan keamanan dan keselamatan di lintasan balapan Meksiko. (AFP Photo/Paul Crock)

Liputan6.com, Jerez - Para rider MotoGP sepakat untuk balapan di Meksiko dalam waktu dekat, asal pengelola Autodromo Hermanos Rodriguez mau memperbaiki tingkat keselamatan sirkuit. Hal ini dinyatakan oleh Marc Marquez, Valentino Rossi, dan Cal Crutchlow kepada Crash.

Kabar soal peluang Meksiko bergabung dalam kalender balap MotoGP sejatinya sudah terkuak sejak tahun lalu, namun para rider yang tergabung dalam Komite Keselamatan (Safety Commission) mencemaskan lintasan Autodromo Hermanos Rodriguez yang selama ini dipakai oleh Formula 1.

"Kami tahu bahwa kami berpeluang segera datang ke Meksiko, dan jelas kami bakal sangat senang balapan di sana. Tapi pertama, seperti semua sirkuit, mereka harus memperbaiki masalah keselamatan. Mereka telah bekerja dengan Komite Keselamatan. Saya rasa cepat atau lambat kami akan pergi ke sana," ujar Marquez.

Rossi sendiri sempat menjadi rider yang cukup vokal soal Autodromo Hermanos Rodriguez saat pertama kali mendengar kabar MotoGP akan pergi ke Meksiko. Meski begitu, ia sangat bersemangat balapan di sirkuit tersebut asal tingkat keselamatan trek disesuaikan dengan kebutuhan ajang balap motor.

"Meksiko merupakan tempat yang hebat, sangat menyenangkan. Tapi bagi kami sangatlah penting treknya bagus, punya kondisi baik, dan terutama punya tingkat keselamatan yang baik pula. Jika mereka bisa memenuhi semuanya, kami jelas akan pergi ke sana," ungkap The Doctor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bersemangat

MotoGP Catalunya, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi
Pembalap MotoGP asal Inggris, Cal Crutchlow, bersemangat tentang potensi balapan di Meksiko. (AFP/Javier Soriano)

Crutchlow juga bersemangat turun balapan di Autodromo Hermanos Rodriguez, dan sepakat bahwa tingkat keselamatan trek harus disesuaikan dengan balap motor. Meski begitu, rider LCR Honda Castrol ini berharap pengelola sirkuit tak melakukan perubahan apa pun pada layout lintasan.

"Apa kami akan balapan di trek yang sama dengan F1? Saya menyukainya. Kami harus balapan di sana dengan lintasan yang sudah ada, dan lihat siapa saja yang mau balapan di sana. Bagus jika Meksiko bisa memperbaiki tingkat keselamatan sirkuitnya. Saya menikmati balapan F1 di sana. Tikungan terakhirnya sungguh hebat, sangat keren. Entah MotoGP mau pergi atau tidak. Semoga saja!" pungkasnya.


Belum Dipastikan

Andaipun Autodromo Hermanos Rodriguez bisa memenuhi permintaan Komite Keselamatan, belum dipastikan kapan Meksiko bisa benar-benar masuk dalam kalender balap MotoGP. Tahun depan, kejuaraan ini dipastikan bakal terdiri dari 20 seri, dengan tambahan Sirkuit KymiRing di Finlandia. Sementara itu, Indonesia dan Brasil diperkirakan akan bergabung pada 2021.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya