KONI Berharap Pertandingan Olahraga Dapat Digelar di Luar Zona Merah Covid-19

KONI berharap izin menggelar pertandingan olahraga dikeluarkan untuk daerah diluar zona merah Covid-19.

oleh Thomas diperbarui 16 Okt 2020, 12:30 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2020, 12:30 WIB
Tira Persikabo vs Bali United
Pertandingan Shopee Liga 1 (Bola.com/Yoppy Renato)

Liputan6.com, Jakarta- Pertandingan dan kompetisi olahraga di Indonesia masih belum bisa dilangsungkan hingga Oktober 2020 akibat pandemi Covid-19. Kompetisi olahraga di Indonesia mayoritas terhenti sejak Maret lalu.

Kompetisi sepak bola Shopee Liga 1 2020 dan liga basket IBL seharusnya dimulai lagi pada Oktober ini. Akan tetapi di menit akhir kedua ajang bergengsi itu harus membatalkan niatnya karena tak keluarnya izin dari pihak kepolisian.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) angkat bicara mengenai perkembangan olahraga prestasi saat ini yang belum diizinkan digelar karena pandemi Covid-19. KONI berharap agar izin menggelar pertandingan olahraga segera diberikan di daerah yang bukan zona merah.

Ketua umum KONI Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman menyatakan pihaknya tetap mendukung kebijakan pemerintah yang mengedepankan keselamatan dan keamanan. Meski begitu, Marciano sangat berharap agar pemerintah mempertimbangkan untuk memberikan izin kegiatan olahraga prestasi.

Menurutnya kegiatan olahraga prestasi dapat digelar di luar zona merah Covid-19 dan daerah tersebut tidak melaksanakan Pilkada dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, tanpa penonton, dan adanya pengawasan serta pendampingan dari pihak terkait yang berwenang.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:


Komentar

PP Pordasi
Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, memberikan sambutan dalam hari jadi PP Pordasi ke-54, Selasa (9/6/2020) (Zoom)

"Di cabang olahraga itu ada atlet, pelatih, pengurus dan juga pendukung lainnya, yang termasuk industri olahraga didalamnya. Mereka juga terdampak oleh kebijakan itu, mereka sandang pangannya di olahraga, cari makannya di olahraga, wajar kalau mereka resah setiap saat bertanya kapan kegiatan dapat dimulai kembali," ujar Marciano.

Ketua Umum KONI Pusat mengharapkan masyarakat olahraga tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditekankan pemerintah.

“Terus berolahraga dan berupaya meningkatkan ketahanan tubuh, dengan demikian dapat berperan sebagai motivator bagi masyarakat dalam upaya hidup sehat dimasa pandemi Covid-19," lanjut Marciano.


Bekerjasama

Di akhir pernyataannya, Marciano juga berharap semoga pemangku kebijakan keamanan, Gugus Tugas Covid-19 dapat bekerja sama dengan Kemenpora, KONI dan Cabang Olahraga dalam rangka pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya