Rivan Nurmulki Ungkap Kendala Bermain di Liga Voli Jepang

Cuaca menjadi kendala Rivan Nurmulki bermain di kompetisi bola voli V.League Division 1. Sebab, cuaca di Jepang sangat dingin dan bisa mencapai 8 derajat celcius.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 20 Okt 2020, 06:30 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2020, 06:30 WIB
Rivan Nurmulki - Bola Voli
Rivan Nurmuli dan pelatih Nagano Tridents Ahmad Masajedi. (foto: Instagram @vcnagano_official)

Liputan6.com, Jakarta - Rivan Nurmulki mulai berlatih bersama rekan-rekannya di Nagano Tridents, Selasa (20/10/2020). Sebelumnya, andalan timnas voli Indonesia tersebut harus menjalani karantina selama dua pekan sesuai protokol kesehatan Covid-19 di Jepang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rivan Nurmulki dikontrak Nagano Tridents untuk semusim kompetisi. Dia akan bermain di V.League Division 1, kompetisi bola voli kasta tertinggi di Jepang.

Peraih dua gelar MVP Proliga itu mengaku tidak memiliki banyak kendala dalam menyesuaikan diri di Jepang. "Hanya masalah cuaca," kata Rivan saat live di Instagram pelatih Nagano Ahmad Masajedi tadi malam.

Pemain berusia 25 tahun itu mengatakan suhu di Nagano bisa mencapai 8 derajat celcius. "Jika biasanya di Surabaya latihan hanya pakai satu kaus, di sini harus dobel karena dingin banget. Walau sudah pakai penghangat di dalam, tetap dingin banget," ucap Rivan Nurmulki.

"Pakai balsem biar hangat. Tidak pengaruh," tuturnya menambahkan menjawab saran dari netizen. Dia bahkan menyebut sulit melihat matahari di Nagano baik pagi maupun sore hari karena kondisi cuaca.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini


Target Rivan

Rivan Nurmulki - Bola Voli
Atlet bola voli Rivan Nurmulki. (foto: Instagram @rivannurmulki)

 Dalam live Instagram ini Rivan juga menjawab sejumlah pertanyaan dari netizen. Salah satunya tentang keputusannya bermain di Jepang.

"Ini bukan masalah uang, tetapi untuk mendapatkan pengalaman," kata Rivan, yang juga pernah bermain klub Thailand Nakhon Ratchasima di Thai-Denmark Super League 2019.

"Yang jelas kalau di Jepang pemainnya bagus semua."

"Kalau buat sekarang, yang jelas kasih yang terbaik saja," imbuh Rivan menjawab pertanyaan netizen.

 

 


Dipuji Pelatih Nagano

Rivan Nurmulki - Voli - Nagano Tridents
Rivan Nurmulki akan bermain untuk klub voli Jepang, Nagano Tridents, di V. League League Division 1. (foto: @rivannurmulki)

Pada kesempatan ini, Rivan mendapatkan pujian dari pelatih Nagano Ahmad Masajedi. "Rivan pemain yang pintar," kata juru taktik yang juga jago memasak itu.

"Rivan pemain yang tak hanya mengandalkan otot, tapi juga otak," tutur Ahmad sambil tangan kirinya di angkat memamerkan otot lengan namun jari telunjuknya mengarah ke kepala.

Dipuji sang pelatih, Rivan hanya tersenyum dan tertawa kecil. "Saya belum apa-apa, masih pemula," ucapnya.

 

 


JTEKT Sting

Rivan Nurmulki - Bola Voli
Rivan Nurmulki akan bermain untuk klub voli Jepang, Nagano Tridents, di V. League League Division 1. (foto: @rivannurmulki)

Nagano Tridents dijadwalkan menghadapi JTEKT Sting di laga kandang, 24 Oktober. Jika dimainkan, Rivan Nurmulki berkesempatan menghadapi dua pemain bintang JTEKT Sting, yaitu Yuji Nishida dan Felipe Fonteles.

Di dua laga sebelumnya, Nagano kalah dari tuan rumah Osaka Blazers Sakai. Di laga perdana, Nagano takluk 1-3 (14-25, 19-25, 25-23, 20-25). Sementara di laga kedua, Nagano kalah 0-3 (23-25, 21-25, 23-25).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya