Atlet Jepang Pemenang Dua Kali Emas Olimpiade Yuzuru Hanyu Umumkan Pensiun

Hanyu, pemenang empat kali Grand Prix Final, sempat mengundurkan diri dari kejuaraan dunia seluncur indah pada Maret lalu.

oleh AY Yustiawan diperbarui 20 Jul 2022, 13:51 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2022, 13:51 WIB
Yuzuru Hanyu (Foto: Instagram/@yuzu_yuzuru)
Yuzuru Hanyu (Foto: Instagram/@yuzu_yuzuru)

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari atlet seluncur indah asal Jepang Yuzuru Hanyu. Dia mengumumkan pensiun dari segala kompetisi.

Meski menyatakan pensiun, Yuzuru Hanyu menyatakan akan terus berusaha untuk melakukan gerakan quadruple axel sebagai peseluncur profesional.

"Saya tidak akan bisa lagi dibandingkan dengan pesaing lainnya. Tetapi saya akan terus memperbaiki kelemahan saya", kata Hanyu dalam konferensi pers di Tokyo, Selasa 19 Juli 2022.

Setelah gagal meraih medali emas Olimpiade untuk ketiga kalinya di Beijing pada Februari lalu, juara dunia dua kali berusia 27 tahun itu tidak menjelaskan apakah akan kembali bertanding di atas es.

"Terkait hasil, saya sudah mencapai apa yang bisa saya raih. Saya tidak lagi berkeinginan untuk dievaluasi," kata Hanyu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengundurkan Diri

Atlet figure skater (seluncur indah) Yuzuru Hanyu dari Jepang.
Atlet figure skater (seluncur indah) Yuzuru Hanyu dari Jepang. Dok: Instagram Team Japan @team_nippon

Sebelumnya, Hanyu, pemenang empat kali Grand Prix Final dan enam kali juara nasional, mengundurkan diri dari kejuaraan dunia seluncur indah pada Maret lalu. Pasalnya, dia belum pulih dari cedera di pergelangan kaki saat lomba di Beijing.

"Saya masih melanjutkan sampai Beijing untuk melakukan quad axel dan saya merasa bisa melakukannya, meski tidak harus dalam kompetisi. Saya merasa benar-benar memberi kesempatan pada banyak orang untuk menyaksikannya langsung," jelas dia.

Hanyu memang mengatakan telah mengambil keputusan untuk berhenti bertanding setelah lomba di Beijing. "Saya mempertimbangkan banyak hal dan merasa tidak perlu lagi berada di panggung yang sama kendati pada saat yang sama saya merasa bertekad untuk menjadi lebih baik dan lebih kuat," jelas Hanyu.


Inspirasi

11 Pesona Yuzuru Hanyu, Sang Pangeran Es yang Pernah Masuk Nominasi Pria Tertampan
Yuzuru memang dikenal sebagai seluncur indah yang populer, berkat kepiawaiannya dia dijuluki sebagai “Pangeran Es”. (Instagram/yuzuruoi).

Hanyu, berasal dari Kota Sendai di timur laut Tohoku, Jepang. Dia telah menginspirasi para korban gempa dan tsunami yang melanda daerah itu pada tahun 2011 dengan meraih medali emas Olimpiade Sochi pada 2014.

Hanyu mempertahankan gelarnya dalam Olimpiade Pyeongchang 2018 dan menjadi yang pertama melakukan hal tersebut dalam 66 tahun setelah atlet Amerika Serikat Dick Button.


Cedera

Yuzuru Hanyu (Foto: Instagram/@yuzu_yuzuru)
Yuzuru Hanyu (Foto: Instagram/@yuzu_yuzuru)

Namun, sejumlah cedera telah menjadi suatu hal yang konstan dalam karir Hanyu. Dia kembali berpartisipasi dalam Olimpiade Pyeongchang 2018 setelah cedera ligamen pergelangan kaki kanan saat berlatih untuk NHK Trophy pada November 2017.

Tiga bulan sebelum Olimpiade Beijing 2022, cedera ligamen lain pada pergelangan kaki yang sama memaksa Hanyu untuk mengundurkan diri dari NHK Trophy.

Dia meraih posisi keempat dalam Olimpiade Beijing pada Februari 2022. Setelah gagal memenangkan medali emas Olimpiade untuk ketiga kalinya, Hanyu mengatakan tidak ada lagi yang dapat diberikan dan dia membutuhkan waktu untuk memikirkan masa depannya.(ant)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya