Juara Gokart Eshark Rok Cup 2022, Abyan Tiru Selebrasi Pembalap F1

Abyan tertangkap kamera mengangkat kedua tangannya sesaat sebelum menyentuh garis finis. Rupanya selebrasi Abyan ini terinspirasi dari pembalap Formula 1 atau F1 saat melakukan Victory Lap.

oleh Thomas diperbarui 05 Sep 2022, 17:54 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2022, 13:16 WIB
Selebrasi Pembalap Abyan Aqila
Selebrasi Pembalap Abyan Aqila saat menjadi juara pada ajang Gokart Eshark Rok Cup 2022 (ist)

Liputan6.com, Jakarta- Pembalap cilik Abyan Aqila kembali menorehkan prestasi luar biasa di pada seri terakhir dari kejuaraan gokart nasional Eshark Rok Cup yang dilangsungkan di Sirkuit Internasional Sentul pada 3-4 September 2022. Abyan Aqila kembali meraih podium juara 1 pada laga pemungkas kejuaraan gokart bergengsi tersebut.

Abyan tertangkap kamera mengangkat kedua tangannya sesaat sebelum menyentuh garis finis. Rupanya selebrasi Abyan ini terinspirasi dari pembalap Formula 1 atau F1 saat melakukan Victory Lap. Abyan juga mengaku mengikuti seniornya Prasetyo Hardja yang juga mengunci gelar Double National Champion di kelas Senior Rok pada kejuaraan yang sama.

“Kalau seri lalu aku angkat 1 tangan, sekarang aku mau angkat 2 tangan kalau Kembali finis di posisi 1, alhamdulillah aku juara 1 lagi,” ujar Abyan di Sentul International Karting Sirkuit, Bogor, Minggu (9/4/2022).

Beberapa waktu yang lalu, pembalap berusia 8 tahun ini juga sempat viral saat ia mengibarkan bendera merah putih di trek Sentul dengan mengendarai gokartnya pada 17 Agustus, yang dinilai merupakan sebuah ekspresi unik dari pembalap cilik untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Putra pertama Mochamad Chandra Kurniawan ini menutup series ke-6 ajang Gokart Eshark Rok Cup 2022 dengan dominan. Abyan tampil sebagai yang tercepat di official practice, meraih predikat Pole Position (tercepat di sesi QTT - Qualification time trial) hingga finis posisi pertama ( P1 ) di sesi pre final dan Final,

Pembalap kelahiran Jakarta, 11 November 2013 tersebut tergabung dengan SN RACING yang juga berhasil keluar dengan predikat 2nd best team di series 2 sekaligus mengunci title 2nd best team National di ajang Gokart nasional tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Naik Kelas

Pembalap muda Abyan Aqila
Pembalap muda Abyan Aqila

“Awalnya aku gugup apalagi pas rolling START, setelah itu biasa aja dan aku seneng banget bisa juara satu karena ini seri terakhir tahun 2022," ujar Abyan.

Dengan menjuarai sesi penutup ini, maka Abyan berhasil mengukuhkan dirinya sebagai Juara Nasional dalam kelas Entry Level kejuaraan gokart Eshark Rok Cup 2022, sehingga untuk musim kejuaraan berikutnya ia pun berhak untuk naik ke kelas berikutnya, yakni kelas Cadet Rok ( Mini Rok ) kategori Ukuran 8 sd 12 thn dengan status Rising Star.

Kejurnas Gokart ini memang menjadi kejuaraan gokart reguler setiap tahunnya, ajang ini juga merupakan program pembibitan agar regenerasi pembalap di Indonesia terus berlanjut. Promotor Eshar Rok Cup Indonesia juga menegaskan kalau program pembibitan ini juga sudah mulai menunjukkan hasil.


Persiapan

Meskipun pada musim mendatang Abyan akan menghadapi pembalap-pembalap lain yang kelasnya lebih tinggi dari Entry Level, namun ia mengaku tidak terlalu memikirkannya.

“Semoga aku bisa tampil baik dan juara lagi di cadet ROK tahun depan dan aku juga akan mengikuti ROTAX CUP Asia 2023 kejuaraan Asia di Malaysia,” pungkas pebalap berusia 8 tahun ini.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam setiap balapan yang ia ikuti, Abyan mengaku tetap rutin latihan di sirkuit pada hari Kamis dan Sabtu di sela-sela kesibukan sekolahnya, selain itu juga ia menempa fisiknya dengan latihan tinju setiap hari Selasa, dan jetski pada hari Minggu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya