3 Kandidat Penyanyi di Upacara Pembukaan Piala Dunia 2022, Ada Shakira dan BTS

Shakira bakal membuka Piala Dunia 2022. Namun, pelantun 'Waka Waka' itu tidak akan sendirian di atas panggung.

oleh Muhammad Yanto diperbarui 16 Okt 2022, 13:40 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2022, 13:00 WIB
Aksi Heboh Shakira di Penutupan World Cup 2014
Aksi Shakira saat tampil dalam upacara penutupan Piala Dunia 2014 di Stadion Macarana, Brasil, Senin (14/7/14). (AFP PHOTO/PEDRO UGARTE)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 Qatar tinggal menghitung hari. Ajang empat tahunan ini bakal berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember 2022.

Salah satu momen yang paling ditunggu dari setiap Piala Dunia adalah upacara pembukaan. Sejauh ini, masih belum diketahui secara resmi siapa yang akan menjadi penyanyi utama.

FIFA berharap untuk memastikan partisipasi band BTS. Namun menurut berbagai laporan media, Shakira bisa kembali tampil lagi setelah Piala Dunia 2010 lalu di Afrika Selatan.

Adapun upacara pembukaan Piala Dunia 2022 rencananya berlangsung di Stadion Al Bayt di Kota Jor pukul 19.00 waktu setempat.

Menurut Total Reporter, Shakira bakal membuka Piala Dunia 2022. Namun, pelantun 'Waka Waka' itu tidak akan sendirian di atas panggung. Dirinya akan ditemani artis lain yang sedang populer di seluruh dunia, yakni Dua Lipa dan grup K-Pop populer Korea, BTS.

FIFA belum mengkonfirmasi berita tersebut. Tetapi rumor mulai menyebar dan penggemar sudah membayangkan betapa spektakulernya pertunjukan itu sebelum pertandingan pembuka antara Qatar melawan Ekuador.

Pembukaan Piala Dunia 2022 diprediksi akan berlangsung meriah dan mewah. Sebab, pemerintah Qatar telah menghabiskan 220 miliar dolar AS atau Rp 3.344 triliun untuk menyukseskan perhelatan ini.

Jumlah itu mengalahkan Piala Dunia 2018 di Rusia sebesar 11,6 miliar dolar AS dan Brasil 15 miliar dolar AS pada 2014.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lagu Resmi Piala Dunia

Kaka dan Iker Casillas Pamerkan Trofi Piala Dunia 2022 di Dubai
Trofi Piala Dunia FIFA Qatar dipamerkan saat Trophy Tour by Coca-Cola kick-off hari ini dengan first stop event di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (12/5/2022). (AP Photo/Kamran Jebreili)

Sebelumnya, FIFA sudah meluncurkan lagu resmi berjudul "Hayya Hayya" (Better Together) untuk memeriahkan gelaran tersebut.

Lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi multi-etnik, mulai dari musikus Amerika Serikat Trinidad Cardona, penyanyi Nigeria Davido, dan bintang Qatar Aisha.

Lagu resmi Piala Dunia 2022 Qatar dirilis untuk pertama kalinya pada drawing Piala Dunia di Doha dan diperkenalkan ke publik pada 1 April 2022.

Dilansir dari laman resmi FIFA, lagu resmi Piala Dunia 2022 melambangkan kegembiraan festival sepak bola yang akan menerangi dunia di akhir tahun ini.

Diharapkan lewat lagu resmi ini para kontestan maupun yang terlibat akan semakin bangga dengan gelaran Piala Dunia 2022 nanti.


Lagu Resmi Pertama

FOTO: Potret Heroik Diego Maradona saat Membawa Argentina Menjadi Juara Piala Dunia
Penyerang Argentina, Diego Maradona, mengangkat trofi Piala Dunia saat usai mengalahkan Jerman Barat pada laga final Piala Dunia 1986 di Meksiko, (29/6/1986). (Photo by - / AFP)

Lagu "Hayya Hayya" (Better Together) dipastikan jadi single pilihan pertama yang akan dirilis dari soundtrack resmi Piala Dunia 2022.

Ini adalah pertama kalinya soundtrack turnamen akan menampilkan koleksi banyak lagu, dengan artis internasional dari beragam genre musik untuk menjangkau dunia.

Lagu ini mengusung warna musik reggae dan R&B yang bertujuan untuk membangkitkan semangat pendengarnya, terutama para pesepak bola.

Dalam lagu ini juga menampilkan momen-momen seru dari perhelatan Piala Dunia, mulai dari Diego Maradona hingga Neymar Jr.

Single ini sudah tersedia di berbagai platform dan video resmi lagu tersebut sudah ditayangkan di saluran YouTube FIFA.


Satukan Musik dan Olahraga

Trofi Piala Dunia (Photo: AFP)
Trofi Piala Dunia (Photo: AFP)

Lagu "Hayya Hayya" (Better Together) bertujuan untuk menyatukan musik dengan suasana pertandingan Piala Dunia lebih hidup dan penuh semangat.

CCO FIFA Kay Madati menerangkan, lewat upaya strategi FIFA yang ingin menyatukan inspirasi seluruh dunia.

"Sebagai bagian dari strategi musik FIFA yang diubah, soundtrack multi-genre akan membawa penggemar yang bersemangat lebih dekat dengan euforia Piala Dunia yang belum pernah ada di edisi sebelumnya." ungkap Kay Madati.

Strategi hiburan dirancang untuk menciptakan hubungan yang inovatif dan bermakna antara fans sepakbola, penggemar musik, pesepakbola, seniman yang mengombinasikan atmosfer pertandingan sepak bola dan musik lintas genre.


Piala Dunia Disiarkan di Mana?

Prancis Juara Piala Dunia
Kiper timnas Prancis, Hugo Lloris mengangkat trofi Piala Dunia 2018 saat merayakan gelar juara setelah mengalahkan Kroasia pada laga final di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7). Prancis membekuk Kroasia dengan skor akhir 4-2. (AP Photo/Martin Meissner)

Para pencinta sepak bola Tanah Air dapat menyaksikan seluruh pertandingan Piala Dunia 2022 di berbagai platform Elang Mahkota Teknologi atau Emtek Group.

Pasalnya, Emtek Group sebagai pemegang hak siar bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming Vidio.

Juga di Nex Parabola dan Champions TV. Berita-berita terbaru seputar turnamen akbar empat tahunan tersebut juga bisa didapatkan melalui bola.liputan6.com.

Tak hanya itu, Emtek Group juga mendapat kesempatan untuk menyiarkan secara langsung pertandingan Piala Dunia U-20.

Kejuaraan kelompok umur ini bakal berlangsung di Indonesia dan diikuti oleh timnas Indonesia pada tahun 2023 mendatang.

 

Infografis Piala Dunia 2022
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya