Piala Dunia 2022: Ada Pemain Keturunan Indonesia di Skuad Sementara Belanda

Pascal Struijk masuk dalam daftar sementara Timnas Belanda untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Dia akan bersaing dengan Virgil van Dijk

oleh Muhammad Yanto diperbarui 25 Okt 2022, 09:30 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2022, 09:30 WIB
Foto: Termasuk Pascal Struijk, 6 Pemain dengan Koleksi Kartu Merah hingga Pekan Keempat Liga Inggris 2021/2022
Pascal Struijk diganjar kartu merah kala laga Leeds United kontra Liverpool. Ia melakukan pelanggaran serius dengan menjegal penyerang The Reds, Harvey Elliot hingga mengalami cedera parah. Laga tersebut berakhir dengan kekalahan telak Leeds United 0-3 dari Liverpool. (Foto: AP/Rui Vieira)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal telah mengumumkan 39 pemain sementara untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

Menariknya, dalam daftar tersebut ada nama pemain keturunan Indonesia, Pascal Struijk.

Pemain 23 tahun ini memiliki keturunan Indonesia dari kakek-nenek sisi ayah. Hal ini diakuinya saat wawancara dengan media Belgia, Sport Magazine, pada 2020 silam.

Meski demikian, Struijk lebih memilih timnas Belgia atau Belanda bila nanti berkesempatan tampil di ajang internasional.

Gayung bersambut. Struijk kini masuk ke dalam daftar sementara pemain Belanda di Piala Dunia 2022. Hal ini tak lepas dari performa apiknya bersama Lees United.

Sejauh ini, pemain berpostur 1,9 m itu telah mencatatkan sembilan penampilan di Premier League dengan mencetak satu gol.

Kini, Struijk harus membuktikan kepada Van Gaal bahwa dirinya memang layak masuk dalam skuad Belanda di Piala Dunia 2022, sebelum pengumuman resmi skuad pada 11 November 2022 mendatang.

Di posisinya, Struijk akan bersaing dengan Virgil van Dijk, hingga Matthijs de Ligt

"Ini (skuad sementara) adalah daftar yang panjang dan sejujurnya, itu bukan gaya saya. Tetapi, pemain yang kami pilih untuk skuad terakhir bulan depan seharusnya sudah ada di daftar sementara ini," kata Van Gaal dilansir Ons Oranje.

"Karena tak ada yang bisa melihat masa depan, Anda harus bersiap untuk kemungkinan buruk seperti cedera," imbuh pelatih berusia 71 tahun itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak ada Donny van de Beek

Foto: 6 Pemain Lama MU yang Mulai Tersingkir dari Skuat Utama Erik ten Hag, Harry Maguire Baru Tampil Satu Kali
Donny van de Beek awalnya digadang-gadang akan menjadi pemain kunci Manchester United karena pernah menjadi pemain penting Erik ten Hag saat menangani Ajax Amsterdam. Sayangnya, ia malah lebih banyak dicadangkan. Peluangnya menembus starting XI juga cukup tipis karena Christian Eriksen dan Scott McTominay tampil impresif, begitu juga Bruno Fernandes. Masalah Van de Beek makin pelik usai kedatangan Casemiro di skuat MU. (AFP/Martin Keep)

Yang mengejutkan adalah, dari 39 pemain sementara yang diumumkan, Van Gaal tidak menyertakan gelandang Manchester United, Donny van de Beek.

Bisa dibilang, hal ini lantaran kondisi buruk sang pemain di MU saat ini. Van de Beek tidak menjadi pilihan utama di United.

Bahkan, kedatangan Erik ten Hag sebagai manajer United tidak banyak membantu. Pemain 25 tahun itu tetap akrab dengan bangku cadangan hingga akhirnya tidak masuk skuad Piala Dunia 2022.

Donny van de Beek baru mencatatkan tiga pertandingan di Premier League, dari 11 laga yang telah dilalui Setan Merah.


Penjaga Gawang

Persiapan Belanda Jelang Lawan Polandia dan Belgia di UEFA Nations League
(kiri-kanan) Pelatih kiper Belanda Frans Hoek, kiper Belanda Remko Pasveer, Andries Noppert, dan Jasper Cillessen menjalani sesi latihan jelang tampil pada UEFA Nations League di Kampus KNVB di Zeist, Belanda, 19 September 2022. Belanda akan menghadapi Polandia dan Belgia pada pertandingan UEFA Nations League. (Olaf KRAAK/ANP/AFP)

Justin Bijlow (Feyenoord)

Jasper Cillessen (NEC Nijmengen)

Mark Flekken (SC Freiburg)

Andries Noppert (Heerenveen)

Remko Pasveer (Ajax Amsterdam)


Bek

Foto: Jadi Panutan, 10 Pemain Liga Inggris yang Menjabat Kapten di Level Timnas, Mulai Cristiano Ronaldo hingga Mohamed Salah
Virgil van Dijk. Bek tengah Liverpool ini telah menjabat kapten Timnas Belanda sejak 2018. Akibat cedera, ia gagal tampil untuk memimpin Tim Oranye berlaga di Euro 2020 lalu. Total telah mengoleksi 42 caps dengan mencetak 5 gol sejak debutnya pada 10 Oktober 2015. (AFP/John Thys)

Nathan Ake (Manchester City)

Mitchel Bakker (Bayer Leverkusen)

Daley Blind (Ajax Amsterdam)

Sven Botman (Newcastle United)

Matthijs de Ligt (Bayern Munich)

Stefan de Vrij (Inter Milan)

Denzel Dumfries (Inter Milan)

Jeremie Frimpong (Bayer Leverkusen)

Tyrell Malacia (Manchester United)

Devyne Rensch (Ajax Amsterdam)

Pascal Struijk (Leeds United)

Jurrien Timber (Ajax Amsterdam)

Micky van de Ven (VfL Wolfsburg)

Virgil van Dijk (Liverpool)


Gelandang

Foto: Deretan Pemain yang Bisa-Bisanya Menolak Pinangan Manchester United di Bursa Transfer Musim Panas 2022
Nama terakhir yang dikabarkan menolak Tawaran bergabung dengan Manchester United adalah Frenkie de Jong. Pemain asal Belanda ini menegaskan keinginannya tetap di Barcelona. (AFP/Saeed Ekhan)

Steven Berghuis (Ajax Amsterdam)

Jordy Clasie (AZ Alkmaar)

Frenkie de Jong (Barcelona)

Marten de Roon (Atalanta)

Ryan Gravenberch (Bayern Munich)

Davy Klaassen (Ajax Amsterdam)

Teun Koopmeiners (Atalanta)

Xavi Simons (PSV Eindhoven)

Kenneth Taylor (Ajax Amsterdam)

Guus Til (PSV Eindhoven)


Depan

Foto: Termasuk Memphis Depay, 6 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Timnas Belanda
Memphis Depay tercatat telah menyumbangkan 12 gol untuk Belanda dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Hingga saat ini, Depay tercatat mampu mengoleksi total 37 gol bersama Skuat De Oranje. Skuat De Oranje tak mengalami kendala yang berarti untuk lolos dari kualifikasi. (AFP/ANP/Maurice Van Steen)

Steven Bergwijn (Ajax Amsterdam)

Brian Brobbey (Ajax Amsterdam)

Luuk de Jong (PSV Eindhoven)

Arnaut Danjuma (Villarreal)

Memphis Depay (Barcelona)

Cody Gakpo (PSV Eindhoven)

Vincent Janssen (Royal Antwerp)

Noa Lang (Club Brugge)

Donyell Malen (Borussia Dortmund)

Wout Weghorst (Besiktas)

Infografis Stadion Piala Dunia 2022
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya