Daftar Jadi Wakil Ketua Umum PSSI, Andre Rosiade Siap Sikat Habis Mafia Sepak Bola

Andre Rosiade resmi mendaftarkan diri sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Penasihat klub Semen Padang FC dan anggota DPR itu ingin memberantas mafia yang ada di sepak bola Indonesia.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 16 Jan 2023, 13:35 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2023, 13:35 WIB
Andre Rosiade - PSSI - Wakil Ketua Umum PSSI
Penasihat klub Semen Padang FC dan anggota DPR RI Andre Rosiade resmi mendaftarkan diri sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Berkas pencalonan diterima Komite Pemilihan PSSI Ismu Puruhito di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta, Senin, 16 Januari 2023. (foto: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Andre Rosiade mendaftarkan diri sebagai Wakil Ketua Umum PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) periode 2023-2027 untuk Kongres Luar Biasa pada 16 Februari 2023. Anggota DPR ini didampingi CEO Semen Padang FC Win Bernadino menyerahkan berkas pencalonan ke Kantor PSSI di GBK Arena, Jakarta, Senin, 16 Januari, dan diterima Komite Pemilihan PSSI Ismu Puruhito.

Andre menjelaskan bahwa saat ini PSSI membutuhkan manajemen yang lebih profesional dalam memajukan sepak bola Indonesia. Sehingga, sepak bola nasional menjadi semakin lebih baik kedepannya.

"Hari ini kita hadir untuk mendaftar sebagai calon Wakil Ketua Umum PSSI. Mudah-mudahan kita bisa berkontribusi melakukan pembenahan terhadap PSSI," kata sosok yang juga menjadi penasihat klub Semen Padang FC itu usai menyerahkan berkas pencalonab,

"Sesuai komitmen dari awal saat mendaftar sebagai Exco PSSI pada 2019 lalu, kami ingin memberantas mafia yang ada di sepak bola Indonesia. Karena syarat Timnas itu sehat dan kuat tentu kompetisi harus sehat, kompetisi harus provesional, kompetisi harus bebas dari segala intervensi," imbuhnya.

 


Semakin berkembang

Andre Rosiade - PSSI - Wakil Ketua Umum PSSI - PSSI
Penasihat klub Semen Padang FC dan anggota DPR Andre Rosiade ingin memberantas mafia yang ada di sepak bola Indonesia jika terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI pada Kongres Luar Biasa, 16 Februari 2023. (foto: istimewa)

Jika terpilih menjadi pengurus PSSI dalam Kongres Luar Biasa PSSI pada 16 Februari 2023, Andre Rosiade bersama dengan pengurus terpilih lainnya akan mendorong industri sepak bola nasional untuk semakin berkembang. Karena itu, dia memilih untuk berada di komite wasit PSSI untuk mengawasi dan membentuk kerja-kerja wasit menjadi lebih profesional.

"Tujuan saya untuk mendorong agar industri sepak bola semakin berkembang dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan yang ada," ucap Andre.

"Dan insya Allah bila kami terpilih, kami akan memperjuangkan untuk kompetisi Liga 1 dan Liga 2 kita harus ada VAR. Itu salah satu strategi kita memerangi mafia bola," pungkas politisi Partai Gerindra itu..

Andre Rosiade dan beberapa tokoh lainnya akan bertarung memperebutkan kursi Ketua Umum dan Waketum PSSI pada Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari 2023. Adapun, voters PSSI untuk KLB nanti berjumlah 87, meliputi 34 Asosiasi Provinsi (Asprov), 18 klub Liga 1, 16 tim Liga 2, 16 kesebelasan Liga 3, dan 3 asosiasi (futsal, sepak bola wanita, pelatih sepak bola).

 


Ratu Tisha

Ratu Tisha Destria, PSSI
Mantan sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, berpose setelah menyerahkan formulir pencalonan sebagai Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Minggu (15/1/2023) siang. (ist)

Sebelumnya, Ratu Tisha Destria juga telah resmi mendaftarkan diri sebagai bakal Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Wanita yang pernah menjabat sekjen PSSI itu mengembalikan formulir kesediaan di kantor PSSI,GBK Arena, Jakarta, Minggu (15/1/2023) siang WIB.

Dalam pernyataan kepada awak media, Tisha mengaku keputusannya untuk kembali ke PSSI dilatari kecintaan yang besar terhadap sepak bola Indonesia. Ia pun mengaku terharu lantaran kembali mendapat kesempatan untuk mengabdi.

"Syukur Alhamdulillah, hari ini saya mengembalikan formulir kesediaan untuk dicalonkan menjadi Wakil Ketua Umum PSSI di periode selanjutnya. Mohon dukungannya," ujarnya.

"Hari ini saya datang bersama perwakilan dari teman-teman yang mengusulkan, ada Asprov Banten dan Perserang Kabupaten Serang, ada dari PSIM Yogyakarta, ada dari Asprov Maluku, Persekat Tegal, Solo United, dan teman-teman lainnya yang mungkin diwakili oleh teman-teman di belakang saya ini."

"Mohon doa dan dukungannya. Bagi saya sepak bola itu suatu pengabdian. Mungkin ini sedikit momen haru juga untuk saya sendiri, ketika memutuskan untuk mengabdi dan bekerja di bidang yang akan selalu saya cintai, yaitu sepak bola," tandasnya dalam kesempatan yang sama.

Infografis PSSI
Infografis hubungan keluarga di PSSI (Abdillah/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya