Profil Republik Dominika di Piala Dunia U-20: Senasib Seperti Israel

Republik Dominika juga merupakan tim debutan di Piala Dunia U-20 2023 seperti Israel.

oleh Thomas diperbarui 03 Mar 2023, 21:30 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2023, 21:30 WIB
Selebrasi pemain Republik Dominika U-20
Selebrasi pemain Republik Dominika U-20 (AFP)

Liputan6.com, Jakarta- Republik Dominika menjadi salah satu peserta di putaran final Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia pada Mei hingga Juni nanti. Baru kali ini Republik Dominika meraih tiket berlaga di putaran final Piala Dunia U-20.

Piala Dunia U-20 2023 ini bukan hanya jadi debut Republik Dominika tapi juga menjadi kali pertama mereka bisa lolos ke Piala Dunia FIFA di berbagai level usia maupun gender.

Republik Dominika lolos sebagai salah satu wakil zona CONCACAF. Tim asuhan Inaki Bea mengamankan tiket berlaga ke Indonesia setelah mengalahkan Guatemala 4-2 lewat adu penaldi di babak semifinal Piala CONCACAF U-20 pada musim panas 2022 lalu.

Selain lolos ke Piala Dunia U-20 2023, Republik Dominika juga mengamankan tiket berlaga di cabang sepak bola putra Olimpiade Paris 2024 berkat kemenangan atas Guatemala di babak semifinal.

Sayangnya pada laga final Piala CONCACAF U-20 2022, Republik Dominika tak kuasa membendung Amerika Serikat. Omry Bello dan kawan-kawan kalah telak enam gol tanpa balas dari Paman Sam.

Mayoritas pemain yang dipakai Republik Domenika untuk menembus Piala Dunia U-20 2023 bermain di kompetisi domestik. Hanya empat pemain yang merumput di Amerika Serikat.

Republik Domenika U-20 juga cuma memiliki dua pmain yang berkarier di Eropa yakni dua pemain bertahan, Charbel Wehbe yang bermain untuk klub Spanyol Real Oviedo serta Thomas Jungbauer bersama SPAL di Italia.

Dari 18 negara yang sudah pasti ikut Piala Dunia U-20 2023, Republik Dominika termasuk yang tidak diunggulkan. Mereka bersama Israel merupakan tim yang sebelumnya tidak pernah menembus putaran final Piala Dunia U-20.


Pemain Kunci

Pemain Republik Dominika Edison Azcona
Pemain Republik Dominika Edison Azcona (no 10 baju putih/AFP)

Edison Azcona menjadi pemain yang paling diandalkan Republik Dominika untuk membuat kejutan di Indonesia. Azcona saat ini dikontrak klub Liga Amerika Serikat MLS yang dimiliki David Beckham, Inter Miami.

Azcona direkrut Inter Miami sejak masih belia. Dia masuk tim junior Inter Miami pada tahun 2019. Saat ini Azcona dipinjamkan Inter Miami ke El Paso Locomotive FC yang main di kasta kedua liga sepak bola Amerika Serikat.

Meski masih 19 tahun, Azcona sudah mendapat kesempatan bermain di tim U-23 dan senior Republik Dominika. Bahkan dia sudah debut di tim senior lebih dulu sebelum U-20. Azcona melakoni debut di timnas Republik Dominika pada 19 Januari 2021.

Azcona juga berperan besar meloloskan Republik Dominica ke Piala Dunia U-20 2023. Di Piala CONCACAF U-20 2022. Azcona membukukan dua gol dimana Republik Dominika langsung lolos ke fase gugur.


Skuad Republik Dominika

Skuad Republik Dominika

Penjaga Gawang: Omry Bello, Xavier Valdez

Pemain Belakang: Charbel Wehbe, Thomas Jungbauer, Sebastian Manon, Kleffer Martes, Israel Boatwright, Alfeni Tamarez

Pemain Tengah: Edison Azcona, Angel Montes de Oca, Anyelo Gomez, Yordy Alvarez, Miguel Vasqyez, Annier Rojas

Pemain Depan: Bryan More, Diefri Sandy, Adhonys Vargas, Luis Francisco, Jason Yambatis, Giullermo de Pena.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya