Hadapi Uzbekistan di Laga Terakhir, Bagaimana Skenario Lolos Timnas Indonesia ke Fase Gugur Piala Asia U-23 2023?

Ada tiga skenario yang bisa meloloskan timnas Indonesia ke fase knock out Piala Asia U-20 2023, apa saja?

oleh Marco Tampubolon diperbarui 07 Mar 2023, 12:49 WIB
Diterbitkan 07 Mar 2023, 12:45 WIB
Piala Asia U-20 2023: Indonesia U-20 vs Suriah U-20
Pemain Timnas Indonesia U-20, Hugo Samir (tengah) menguasai bola dibayangi pemain Suriah U-20, Malek Janeer pada laga matchday kedua Grup A Piala Asia U-20 2023 di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan, Sabtu (4/3/2023). (AFC/Adam Aidil)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal menghadapi tuan rumah Uzbekistan pada partai terakhirnya di grup A Piala Asia U-20 2023, Selasa (7/3/2023). Laga ini sekaligus menentukan peluang Indonesia lolos ke fase berikutnya. 

Lantas Bagaimana peluang Timnas Indonesia U-20? 

Sepanjang turnamen ini, timnas Indonesia U-20 baru mengemas satu kemenangan saat bertemu Suriah di laga kedua. Pada pertandingan tersebut, pasukan Shin Tae-yong unggul 1-0 lewat gol Hokky Caraka. Hasil ini menjaga asa Garuda Nusantara ke fase gugur setelah ditekuk timnas Irak 0-2 pada laga sebelumnya.

Dengan torehan 3 poin, Indonesia berada di urutan ketiga klasemen sementara. Garuda Nusantara hanya terpaut selisih gol dari Irak yang menempati posisi kedua dengan poin yang sama. Sedangkan tuan rumah Uzbekistan memimpin dengan 4 poin dari hasil dua kali menang melawan Suriah (2-0) dan Irak (1-0). 

Pada Piala Asia U-20, hanya dua tim teratas yang berhak melaju ke fase berikutnya. Karena itu, Indonesia tak punya pilihan selain menghindari kekalahan pada laga di Istiqlol Stadium, Fergana.

Kok bisa?

Sesuai regulasi yang diterapkan di Piala Asia U-23 U-20, jumlah poin masih jadi syarat utama bagi penentuan peringkat masing-masing tim di fase grup. Namun bila jumlahnya masih sama, maka penentuan tim yang lebih baik di papan klasemen akan dilakukan memakai rekor pertemuan masing-masing tim. 

Berkaca pada papan klasemen saat ini, Timnas Indonesia, Irak, dan Uzbekistan berpotensi mengakhiri fase grup dengan sama-sama mengemas 6 poin. Itu terjadi bila skuad Garuda Nusantara berhasil mengalahkan tuan rumah dan pada saat yang bersamaan Irak berhasil menaklukkan tim juru kunci timnas Suriah.

Dalam posisi seperti ini, maka posisi ketiga negara akan ditentukan oleh rekor pertemuan mereka. 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Skenario Lolos

Piala Asia U-20 2023: Indonesia U-20 vs Suriah U-20
Para pemain Timnas Indonesia U-20 merayakan gol ke gawang Suriah U-20 yang dicetak Hokky Caraka pada laga matchday kedua Grup A Piala Asia U-20 2023 di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan, Sabtu (4/3/2023). (AFC/Pranit Katwal)

Nah. kedudukan rekor pertemuan ketiga tim saat ini adalah, Indonesia 0 poin dan gol 0-2, Irak 3 poin dan gol 2-1, serta Uzbekistan 3 poin dan gol 1-0. Karena itu, Timnas Indonesia U-20 perlu kemenangan minimal 2-0 di laga terakhir untuk melampaui Uzbekistan. Dan bila ingin melewati  Irak, Muhammad Farrari dan kawan-kawan harus mampu merebut kemenangan dengan selisih minimal tiga gol. 

Kalau Indonesia hanya mampu menang 1-0 dari Uzbekistan, Timnas Indonesia U-20 masih bisa lolos ke fase knock out asalkan pada pertarungan lainnya timnas Suriah bermain imbang atau menang atas Irak. Dalam situasi seperti ini, Garuda Nusantara bahkan akan keluar sebagai juara grup A. 

 


Hindari Kekalahan

Selain berbagai kemungkinan tersebut, ada skenario lain yang bakal membawa Indonesia ke perempat final Piala Asia U-20 2023. Hasil imbang kontra Uzbekistan bisa cukup, asalkan Irak dikalahkan Suriah.

Sementara kekalahan otomatis tersingkir, terlepas apapun hasil duel Irak vs Suriah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya