Hasil BRI Liga 1 2023/2024: Persebaya Tahan Imbang Barito, PSM Makassar Dipermalukan Dewa United

Hasil kurang memuaskan dipetik Persebaya Surabaya dan PSM Makassar kala menjamu lawannya masing-masing di laga pekan kedua BRI Liga 1 2023/2024. Bajul Ijo hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Barito Putera, sementara PSM Makassar justru dipermalukan Dewa United di kandang sendiri pada Sabtu (8/7/2023).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 08 Jul 2023, 17:09 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2023, 17:08 WIB
Persebaya Surabaya Vs Barito Putera di BRI Liga 1 2023/2024
Gelandang Persebaya Surabaya, Ripal Wahyudi mencoba merebut bola dari penguasaan winger Barito Putera, Murilo Mendes dalam laga pekan kedua BRI Liga 1 2023/2024, Sabtu (8/7/2023) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Persebaya Surabaya harus puas berbagi poin dengan Barito Putera lantaran kedua tim hanya mampu bermain imbang 1-1 hingga akhir laga. (Dok. Barito Putera)

Liputan6.com, Jakarta - Persebaya Surabaya gagal memetik poin penuh kala menjamu Barito Putera dalam laga pekan kedua BRI Liga 1 2023/2024.

Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (8/7/2023), pasukan Bajul Ijo harus puas berbagi poin lantaran cuma mampu bermain imbang 1-1 dengan tim tamu.

Persebaya Surabaya sejatinya tampil cukup spartan di hadapan publik sendiri. Anak-anak asuh Aju Santoso Ijo aktif menggempur pertahanan Barito Putera sejak menit-menit awal pertandingan babak pertama.

Peluang emas didapat Persebaya di menit ke-4. Bruno Moreira mengirim umpan cantik yang akurat, dan langsung disambut dengan sundulan oleh Dusan Stevanovic. Malang kerja sama ini masih gagal membuahkan angka pertama lantaran bola belum berhasil menembus jaring tim tamu.

Bajul Ijo belum jemu-jemu membahayakan lini belakang Barito Putera setelahnya. Hanya dua menit berselang, giliran Sho Yamamoto dan Wildan Ramdhani yang menebar ancaman di sekitar gawang Laskar Antasari. Keuntungan bagi tim tamu lantaran aksi mereka berhasil diamankan oleh Ega Rizky Parama.

Persebaya Surabaya mendapat sejumlah kesempatan apik setelahnya. Akan tetapi justru Barito Putera yang berhasil mencetak gol lebih dulu ke gawang Bajul Ijo.

Adalah Murilo Mendes yang berhasil mengantar timnya unggul 0-1 di menit ke-8. Pemain berusia 28 tahun itu mencatatkan nama di papan skor usai tendangannya yang mengarah ke tiang jauh gagal dimentahkan oleh kiper Persebaya Ernando Ari Sutaryadi.

Persebaya Surabaya mencoba menjawab tantangan Barito Putera. Namun, sejumlah peluang yang diperboleh belum berhasil dikonversi menjadi gol.

Barulah pada menit ke-44, Bruno Moreira mampu memanaskan persaingan dengan Laskar Antasari. Tendangan placing-nya mampu mengecoh pemain Barito Putera, sekaligus mengubah kedudukan sementara menjadi imbang 1-1.

Tak ada gol baru yang tercipta setelahnya. Skor 1-1 untuk Persebaya Surabaya dan Barito Putera bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua Persebaya Surabaya vs Barito Putera

Persebaya Surabaya
Persebaya Surabaya gagal mewujudkan misi merebut 3 poin saat menjamu Barito Putera di stadion Gelora Bung Tomo (persebaya.id)

Setelah berhasil menyamakan kedudukan, Persebaya Surabaya mencoba membuat perubahan di babak kedua. Pelatih Aji Santoso menarik keluar Wildan Ramdhani untuk digantikan oleh Paulo Victor.

Akan tetapi bukannya Bajul Ijo, justru Laskar Antasari yang lebih dulu mendapat peluang emas di babak kedua. Gustavo Tocantins nyaris menggandakan perolehan skor timnya id meit 50 usai menerima umpan dari Rizky Pora, tetapi bola gagal menemui jaring Persebaya Surabaya.

Kedua tim balik menemui jalan buntu setelahnya. Tak ada gol yang mampu dicetak hingga laga berjalan lebih dari 70 menit. Bajul Ijo sejatinya sempat beberapa kali menembus lini pertahanan Laskar Antasari, tetapi tak satu pun peluang mampu dikonversi menjadi angka.

Bagus Kahfi gantian membahayakan gawang Bajul Ijo di menit ke-77 dengan melepaskan tendangan spekulatif keras ke arah jaring. Namun, aksi ini pun berhasil ditepis oleh Ernando Ari Sutaryadi.

Duel Persebaya Surabaya vs Barito Putera mulai memanas di 5 menit akhir pertandingan waktu normal. Murilo sempat menebar ancaman, tetapi upayanya kembali digagalkan oleh kiper Bajul Ijo.

Tambahan waktu enam menit tidak cukup bagi Persebaya dan Barito untuk mengubah kedudukan. Skor imbang 1-1 bertahan sampai wasit meniupkan peluit panjang.


Hasil Laga PSM Makassar vs Dewa United

Dewa United vs Arema FC - BRI Liga 1 2023/2024
Dewa United mencetak gol kedua di menit-menit akhir lewat aksi Alex Martins, yang mengantar PSM Makassar takluk 1-2 atas tamunya dalam laga pekan kedua BRI Liga 1 2023/2024, Sabtu (8/7/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sementara tu di tempat berbeda, PSM Makassar juga menjamu Dewa United dalam laga pekan kedua BRI Liga 1 2023/2024. Skuad Juku Eja mampu unggul lebih dulu lewat aksi Kenzo Nambu pada menit ke-19.

Skor 1-0 mampu dipertahankan sang juara bertahan hingga turun minum. Namun, baru tiga menit berjalan babak kedua, Dewa United sudah berhasil menyeimbangkan skor usai Dimitris Kolovos gantian mencatatkan nama di papan skor.

Bernardo Tavares berupaya menambah daya dobrak skuadnya di 15 menit akhir pertandingan waktu normal. Muhammad Arfan ditarik keluar untuk digantikan oleh Adilson Gancho Silva.

Everton pun turut ditukar dengan Ricky Pratama pada menit ke-88. Akan tetapi, upaya ini belum membuahkan perubahan signifikan bagi kubu Juku Eja. Malapetaka malah menimpa tuan rumah tiga menit berselang. Mereka dipaksa bermain dengan 10 penggawa setelah Erwin Gutawa diganjar kartu merah oleh wasit.

Dewa United berhasil memanfaatkan situasi PSM Makassar yang kalah jumlah pemain. Alex Martins menjebol jaring Reza Arya Pratama di menit 90+3, sekaligus mengantar timnya berbalik unggul 2-1 sampai bubaran.


Hasil Pekan Kedua BRI Liga 1 2023/2024

Jumat, 7 Juli 2023

15.00 WIB: PSS Sleman (2) - (2) Persis Solo

19.00 WIB: Arema FC (3) - (3) Persib Bandung

 

Sabtu, 8 Juli 2023

15.00 WIB: Persebaya Surabaya (1) - (1) Barito Putera

15.00 WIB: PSM Makassar (1) - (2) Dewa United

19.00 WIB: Persita Tangerang vs PSIS Semarang

19.00 WIB: Borneo FC vs Bali United

 

Minggu, 9 Juli 2023

15.00 WIB: Madura United vs Persik Kediri

19.00 WIB: Bhayangkara FC vs RANS Nusantara

19.00 WIB: Persikabo 1973 vs Persija Jakarta

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya